Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

shutterstock.com

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

Mempunyai rumah dengan suasana yang sejuk memang impian semua orang, seperti yang kita ketahui udara yang panas membuat kita tidak nyaman saat berada didalam rumah, maka dari itu banyak orang menggunakan berbagai cara untuk membuat suasana rumah menjadi segar, misalnya menambahkan berbagai tanaman outdor maupun indoor, cara tersebut terbukti ampuh untuk membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan asri, selain itu tambahkan juga jendela-jendela besar dengan tambahan ventilasi agar bagian dalam rumah terasa lebih segar dan cerah. Namun berbeda dengan beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, tanggerang dan kota lainnya yang memiliki suhu udara yang panas meskipun kamu sudah memberikan tanaman pada halaman rumah dan bagian dalam rumah.

Nah solusi yang paling tepat jika kamu berada di lingkungan seperti itu adalah dengan menambahkan AC ruangan. penggunaan AC ruangan sangat membantu membuat ruangan seketika menjadi sejuk dengan cepat. maka tak aneh hampir semua rumah di kota-kota besar memiliki AC. Namun ada yang perlu diketahui jika kamu menggunakan AC. Pemakaian AC yang terus menerus bisa mengakibatkan pemborosan listrik. Hal ini karena ac membutuhkan watt yang lebih besar untuk bisa menyala. Selain itu jika kamu menggunakannya secara tidak beraturan maka akan ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat ac rumah mengalami kerusakan. Tentunya hal ini perlu dihindari untuk meminimalisir permborosan pengeluaran bulanan untuk memberbaiki AC. Nah oleh karena itu dalam artikel ini, kami akan mengulas Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek.

Bersihkan AC Secara Berkala

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

shutterstock.com

 

Hal yang bisa membuat AC cepat mengalami kerusakan yaitu  keteledoran atau malas untuk membersihkan AC. Penggunaan AC yang terlalu lama tanpa adanya perawatan tentunya malah akan merusak AC. selain itu akan membahayakan juga bagi penghuni rumah. karena filter AC akan membantu menahan dan mencegah debu beredar di sekitaran rumah. Pada saat filer ac kotor atau banyak debu yang masuk maka filter tersebut tidak akan bekerja secara maksimal dan akan menghasilkan udara yang berbau.

Membiarkan AC dalam keadaan seperti ini tentunya akan membuat filter akan tersumbat dan bisa menyebabkan keursakan yang lebih parah pada AC. Sesuai saran para ahli, kamu harus membersihkan minimal dua kali setahun. Kamu bisa menyewa jasa service AC profesional agar pekerjaan lebih mudah dan lebih memuaskan.

 

Jangan sampai kamu merokok pada ruangan BerAC

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

Pastinya semua orang tahu bahwa di ruangan berAC dilarang meroko. Hal ini dapat membahayakan bagi AC rumah kamu. Terkadang ada orang yang tidak terlalu memperdulikan tempat jika ia akan meroko atau orang tersebut tidak mengetahui bahwa dilarang meroko di ruangan berAC. Asap roko mengandung CO2 yang bisa membuat ruangan menjadi berbau dan berbagaya untuk orang di sekitar nya jika menghirup asap roko tersebut. Ada hal yang harus di waspadai ketika kamu meroko di ruangan berAC dan jika di lakukan akan memberikan efek yang sangat berbaya karena hawa panas dari asap roko jika bercampur dengan gas Freon akan mengakibatkan kematian.

Mungkin alangkah baiknya jika kamu seorang peroko dan tidak mengetahui hal ini. Pastikan untuk memastikan bahwa ruangan tersebut tidak terdapat AC dan patuhi waring atau peraturan yang ada di sekitar ruangan jika kamu sedang berada di perkantoran ataupun di tempat-tempat tertentu. Hal ini akan sangat baik untuk kamu dan orang-orang di sekitar agar tetap selalu terjaga dan sehat.

Atur waktu penggunaan AC

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

m.tribunnews.com

Kesalahan yang mungkin bisa saja dilakukan pada ac rumah adalah sering menghidupkan AC meskupun ruangan tidak di gunakan atau ketika kamu bebergian keluar rumah dan lupa mematikan ac. Selain berbahaya untuk AC, ini jga tentunya akan mengakibatkan tagihan listrik kamu membengkak. Membiakan ac menyala selama berjam-jam akan mengakibatkan banyak tekanan pada unit AC dan jika terus menerus di biarkan seperti itu dalam waktu yang panjang akan mengakibatkan kerusakan pada AC.

Penggunaan ac pada rumah sebenar nya tidak perlu harus selalu di nyalakan. Kamu  hanya membutuhkan beberapa menit untuk membuat suhu udara menjadi sejuk. Hal ini bisa membuat kamu lebih hemat listrik dan pemakaian yang lebih efesien.

Pengaturan Suhu AC Terendah Bersamaan Kecepatan Maksimal Fan

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

samsung

Kesalahan ini adalah keasalahan yang paling sering dilakukan, saat kita mengatur ac dengan suhu terendah yaitu 16 derajat celcius bersamaan kecepatan maksimal fan. Inilah yang membuat kompresor AC kemudian bekerja secara maksimal secara terus menerus. Disamping dapat memakan daya lebih besar, kompresor tersebut juga dapat lebih cepat pensiun dari waktunya.

Lagipula, kita tinggal di negara tropis pastinya suhu tidak akan mencapai 16 derajat. Meskipun Anda sudah mengatur suhu terendah, maka akan sangat mustahil untuk mendapatkan suhu 16 derajat tersebut.

Service Secara Berkala

Beberapa Penyebab yang bisa Membuat AC Berumur Pendek

Shutterstock

Membuat jadwal untuk melakukan service pada ac bisa kamu lakukan untuk membuat kinerja AC lebih maksimal dan perawatan yang berkala akan membuat ac lebih awet  dan tetap bisa bekerja dengan maksimal ketika nanti akan di gunakan. Sama hal nya seperti alat elektronik lainnya yang membutuhkan perwaatan. Dengan melakukan penjadwalan yang tepat untuk perwatan tentunya akan lebih bagus.

Kesalahakn yang mungkin bisa saja terjadi adalah lupa untuk memberi jadwal perwatan ac. Karena terus di gunakan pastinya ac akan mudah mengalami kerusakan jika tidak di lakukan perawatan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ five = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek