Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Category Archives: Tips dan Trik

Menata Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan cerminan keluarga yang tinggal di dalamnya.

Oleh karenanya, cara menata ruang tamu wajib dipikirkan secara terperinci, terutama bagi keluarga yang kerap menerima tamu dalam kaitan bisnis atau sekadar bersosialisasi.

Tips menata ruang tamu yang sempit sehingga lebih nyaman ditempati dan berfungsi maksimal:

1. Tambah Penyimpanan di Sofa

Ruang keluarga berantakan akibat banyak barang?

Berarti kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak.

Salah satu yang dapat dijadikan ruang penyimpanan adalah kaki sofa yang biasanya hanya dibiarkan untuk menunjang sofa.

Biasanya, laci di bawah sofa berukuran sama dengan satu sofa yaitu selebar 85cm.

Namun, saat ini belum terlalu banyak toko furnitur yang menjual sofa dengan laci di bagian kaki seperti ini.

Untuk itu, kamu  dapat memesannya di pengrajin furnitur.

Manfaatkan ruang sofa sebagai tempat penyimpanan

2. Pouffe Serbaguna

Jika ruang tamu tak cukup menampung sebuah sofa, kamu dapat menggantinya dengan pouffe atau kursi untuk satu orang dengan busa tanpa kaki dan sandaran. Pouffe umumnya berbentuk balok dengan ukuran 60cm x 60m dan sering digunakan sebagai kursi untuk meja rias.

Tak hanya sebagai tempat duduk, pouffe ternyata juga bisa difungsikan untuk tempat penyimpanan, dengan menjadikan tubuhnya yang tidak berkaki.

Di ruang kecil ini kamu bisa menyimpan mainan anak atau bantal sofa.

3. Furnitur Beroda Lebih Fleksibel

Untuk mengakali sempitnya ruangan, kamu perlu menggunakan furnitur yang lebih fleksibel sehingga dapat dipindahkan ketika sedang tidak digunakan, misalnya furnitur beroda.

Roda memudahkan kamu untuk memindahkan furnitur sehingga mendapat ruang yang lebih untuk beraktivitas.

Misalnya, ketika anak-anak membutuhkan ruang di karpet untuk bermain, kamu dapat dengan mudah menggeser meja yang beroda ke pinggir ruang keluarga.

4. Ganti Meja dengan Meja Sudut

Menggunakan karpet dapat memberi ruang lebih untuk bersantai di ruang keluarga.

Untuk itu, bagi ruang keluarga mungil, hindari penggunaan coffee table besar atau meja di tengah yang dapat membatasi gerak di ruang keluarga. Sebagai penggantinya, kamu dapat menggunakan meja sudut dengan ukuran yang lebih kecil untuk meletakkan barang-barang keperluan. Namun, jangan meletakkan terlalu banyak pernik di atasnya.

5. Lesehan tanpa Sofa

Ruangan tak muat untuk kehadiran sebuah sofa? Cobalah dengan menciptakan ruang keluarga lesehan. Dengan sebuah karpet atau tikar yang dilengkapi dengan bantal-bantal yang nyaman, ruang tamu akan terlihat lebih simpel, lapang, dan “bikin” betah.

Agar ruang tamu tetap sehat, jangan lupa untuk selalu membersihkan karpet minimal satu bulan sekali. Karpet ini juga dapat diganti dengan placemat berbahan karet yang aman dan tidak mudah kotor saat si kecil sedang bermain.
Tertarik? Selamat mencoba ..

 

Menata Taman Belakang Rumah

Bahan lahan di belakang rumah kadang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya. Tak jarang, bagian belakang identik dengan gudang yang menyimpan barang-barang yang tak lagi terpakai.

Padahal, adanya lahan di belakang rumah dapat dimanfaatkan sebagai taman belakang yang bermanfaat sebagai tempat bersantai. Tak perlu berkecil hati jika lahan yang tersedia terbatas alias sempit. Dengan sedikit kreativitas, lahan sempit di belakang rumah pun bisa disulap menjadi taman yang asri dan tentunya cozy.

Di taman belakang, kamu bisa menenangkan diri setelah melakukan kesibukan pekerjaan yang membuat pikiran penat tanpa harus keluar rumah. Selain itu, taman belakang rumah bisa digunakan sebagai tempat untuk sekadar bersenda gurau bersama keluarga maupun kerabat di waktu senggang.

Ada beberapa tips menata taman belakang rumah :

1. Sebuah taman kecil dengan meja dan beberapa kursi melingkar bisa jadi pilihan terbaik.

 2. Tak hanya meja dan kursi, kamu bisa menaruh hammock di taman belakang rumah untuk bersantai.

3. Sebuah kolam renang juga bisa jadi pilihan untuk sekadar bermain air menghilangkan penat. Kolamnya pun tak perlu luas.

4.Tak harus selalu menggunakan paving block, kamu bisa menggunakan batu-batuan putih.

5. Selain itu, alas berupa kayu juga tak salah untuk dicoba.

6. Suasana asri akan terasa dengan banyaknya tanaman hijau yang kamu taruh di taman belakang.

7. Kursi panjang memutar cocok digunakan untuk ngobrol santai bersama kerabat dan keluarga.

 

 

Merancang Kamar Anak

Merancang kamar tidur anak itu tidak bisa asal. Banyak unsur-unsur yang perlu diperhatikan. Simak tips penting agar anak merasa senang dengan kamar tidurnya sendiri

1. Warna Cat Dinding yang Lembut 

Banyak yang mengira semua kamar untuk anak, seperti kamar tidur, kamar bermain, dan ruang belajar harus menggunakan warna cerah.

Memang betul, di bawah alam sadarnya, anak-anak-akan lebih tertarik dengan warna-warna yang cerah dan kontras, seperti biru, merah, dan kuning. Namun warna cerah yang mampu menstimulasi rasa aktif ini lebih cocok digunakan di kamar bermain.

2. Tentukan Furnitur Berjangka Panjang yang Tepat

Anak akan tumbuh dan bertambah tinggi, sebaiknya pilih tempat tidur dan matras berukuran single yang standar (100 x 200 cm

3. Dinding Tumbuh

Dinding tumbuh maksudnya adalah sediakan satu dinding kosong yang dijadikan wall of fame si kecil, misalnya untuk menaruh gambar-gambar, poster superhero kesayangannya, atau pun foto bersama teman-teman sekolahnya.

4. Bentuk furnitur dan Keamanannya

Bentuk dari furnitur anak bisa bermacam-macam, mulai dari karakter animasi hingga hal-hal sederhana yang terlihat dalam keseharian, seperti awan, binatang, dan berbagai kendaraan.

 

Tips Mendesain Ruang Tidur Utama Ukuran Kecil

Berikut ini adalah tips-tips untuk mendesain kamar tidur utama ukuran kecil dengan konsep minimalis:

  • Letakanlah barang-barang yang bisa/layak ditempatkan di kolong tempat tidur dan buatlah tepat tidur menjadi lebih tinggi agar kolong tempat tidur/keranjang tidur menjadi luas dan lebih leluasa meletakan barang-barang dibawahnya.
  • Pada salah satu sudut ruangan tidur dapat diletakan meja  yang kecil untuk belajar atau selain belajar. Dan untuk peletakan meja kecil tersebut disesuaikan dengan kenyamanan Anda, biasanya tempat yang nyaman untuk meletakan meja berdekatan dengan jendela.
  • Buatlah rak untuk meletakan buku-buku atau barang lain di dinding kamar tidur.
  • Tempat tidur/keranjang tidur dapat Anda letakan meja yang menempel dengan tempat tidur.

Hal seperti ini membuat kesan yang lebih praktis.

  • Agar Anda dapat leluasa bergerak/berpindah tempat, maka anda harus menyisakan ruangan yang cukup untuk akses bergerak.
  • Siapkanlah tempat yang khusus untuk meletakan keranjang. hal ini dulakukan agar barang-barang yang berpotensi membuat kamar menjadi berantakan.

Dan yang paling penting, jangan terlalu banyak perabotan di dalam kamar.

 

rumah-kecil-2

Tips Menata Rumah Kecil dan Sempit

Tips Menata Rumah Kecil dan Sempit :

Gunakan Warna Cerah sebagai Cat Dinding

Memang cat dinding berwarna gelap dapat membuat ruangan terasa nyaman, tetapi hal ini juga dapat menyerap cahaya dan bukan memantulkannya, sehingga membuat ruang terasa lebih kecil. Pilihlah ubin berwarna lebih terang serta warna dinding yang terang juga untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

Hindari Menaruh Barang dan Furnitur di Pinggir

Menaruh furnitur sehingga menempel di dinding membuat ruangan terlihat dan terasa sempit. Berikan ruangan antara furnitur dan dinding, atau menaruhnya di tengah ruangan dapat membuat ruangan sempit terlihat lebih luas dari sebenarnya.

Gunakan Furnitur Multifungsi

Menggunakan furnitur yang memiliki banyak fungsi adalah cara sederhana untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih besar. Cobalah kursi yang dapat dibuka sebagai tempat penyimpanan atau sofabed yang dapat menjadi sofa dan tempat tidur.

Gunakan Cermin

Cermin adalah cara termudah untuk membuat ruangan tampak lebih besar. Meskipun tidak perlu menggunakan kaca di setiap ruangan, kamu dapat menggunakan kaca sebagai statement piece di dalam suatu ruangan yang dapat membuat cermin itu juga sebagai aksesoris di ruangan tersebut.

Gunakan Furnitur yang Bisa Dilipat

Furnitur lipat bukan berarti tidak bagus dipandang. Toppers bisa pilih meja atau kursi lipat di ruang makan dan jika sudah tidak dibutuhkan bisa dilipat dan simpan. Kamu juga dapat memindahkan furnitur tersebut ke ruangan apapun di rumah mu yang kamu mau. Ruangan pun terlihat lebih besar!

Warna Monokromatik

Cat dinding, furnitur, ubin, aksesoris dalam satu warna, seperti putih dan krem ​​dapat membuat ruangan terlihat lebih besar. Kamu juga dapat memberikan aksen warna sebagai pop of color agar ruangan terlihat lebih “hidup”.

Furnitur dan Aksesoris Besar

Dengan memiliki ruangan kecil kamu pasti berasumsi untuk menghias ruangannya dengan perabotan dan furnitur kecil, bukan? Tapi satu perabot atau furnitur besar dapat menonjol seperti sofa besar atau lukisan besar dapat membuat ruangan terlihat terbuka. Satu sofa besar dan bukan beberapa sofa atau meja kecil malah dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Cat Langit-Langit Ruangan

Sementara cat dinding putih yang terang dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih terbuka, langit-langit berwarna gelap dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih tinggi karena dapat membuat kita memandang ke langit-langit ruangan.

Gunakan Perabot dan Aksesoris yang Bergaris

Sama seperti garis-garis vertikal pada pakaian dapat membuat mu terlihat lebih tinggi, karpet bergaris juga akan membuat ruangan tampak lebih panjang dan luas.

Jangan Gunakan Tirai

Lebih banyak cahaya dari luar dapat memberikan ruangan terlihat lebih luas dan dalam. Jika kamu khawatir dengan privasi, blinds dapat digunakan untuk mengganti tirai.

 

cara-membersihkan-wastafel-kamar-mandi-696x968

Ini Lho, Caranya Membersihkan Wastafel Kamar Mandi Dengan Jitu

Untuk membuat tampilan kamar mandi yang menarik dan juga efisien, sudah harus dipastikan bahwa semua elemennya bekerja dengan baik. Begitu pula dengan saluran pembuangan yang ada di lubang wastafel. Jangan sampai saluran wastafel kamar mandi itu mampet ya!! Nah, biar gak mampet lagi, nih coba cara jitu untuk membersihkan wastafel kamar mandi yuk!?

Membersihkan wastafel kamar mandi itu harus rutin

Supaya tampilan di dalam kamar mandi itu bersih dan nyaman, tentunya satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membersihkan wastafel kamar mandi secara rutin. Karena ga bisa dong, kondisi kamar mandi bersih dan nyaman, jika kalian malas untuk membersihkannya.

Apalagi di dalam kamar mandi ada banyak banget elemen produk yang harus dibersihkan, salah satunya adalah wastafel. Setidaknya lakukan dalam waktu dua minggu sekali deh, biar lubang di wastafel kamar mandi gak gampang mampet.

Cara membersihkan wastafel kamar mandi dengan jitu

Untuk membersihkan wastafel kamar mandi dengan tepat dan jitu, kalian harus memperhatikan juga lekukan bagian dalam wastafel. Dimulai dari lubang saluran wastafel yang ternyata bisa dibersihkan dengan menggunakan baking soda, lho!

Membersihkan wastafel kamar mandi dengan baking soda

Pasti pada ingin tahu kan, seperti apa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan lubang wastafel?! Nih, apa saja alat dan bahan sekaligus bagaimana cara membersihkannya!

Alat dan bahan :

Air panas

1 gelas baking soda

1 gelas air jeruk lemon

Sendok

Lap

Cara penggunaan :

Pertama-tama, bersihkan lubang wastafel dengan air panas. Rebus air panas dalam panci kecil, kemudian setelah air rebusannya mendidih, tunggu beberapa menit setelah itu baru deh dituangkan ke dalam lubang saluran wastafel. Yang kegunaannya untuk membersihkan lubang wastafel dari minyak-minyak membandel.

Setelah itu, mulailah mengambil segelas baking soda yang telah dipersiapkan, kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam lubang wastafel menggunakan sendok, supaya baking soda tidak menggumpal.

Kemudian setelah baking soda selesai dituangkan, ambil gelas yang berisi perasan jeruk lemon untuk dituangkan ke atas lubang wastafel kamar mandi. Tunggu sampai muncul reaksi busa-busa kecil.

Setelah itu ambil penutup lubang wastafel atau jika tidak ada ambil saja lap untuk menutup lubang wastafel yang tadi sudah dibersihkan. Setelah itu tunggu beberapa menit, dan kembali tuangkan sisa air panas tadi untuk tahu apakah lubang wastafel di kamar mandi, sudah bisa mengalirkan air dengan baik.

membuat-meja-kantor-menarik-ternyata-mudah-1-696x464

Membuat Meja Kantor Menarik, Ternyata Mudah Banget Lho

Seharian ada di dalam kantor yang padat akan rutinitas dan aktivitas kerja yang banyak, pasti membuat pikiran kalian jadi suntuk. Oleh karena itu, terkadang banyak orang yang bilang bahwa meja kantor jadi sesuatu hal yang penting untuk didekorasi. Lalu, gimana caranya untuk membuat meja kantor menarik? Berikut tips dan triknya!

Cara membuat meja kantor menarik dengan meletakkan vas bunga

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa meletakkan tanaman di atas meja kerja itu membantu kita untuk bisa merasa lebih rileks.

Penambahan vas bunga sangat bagus untuk di tempatkan di meja kerja. Karena vas bunga tersebut bisa memberikan suasana yang sejuk untuk ruangan sekaligus membersihkan polusi udara di dalam ruangan. Jadi semakin menarik deh, kalau meja kerja kalian di kantor ada hiasan vas bunganya!

Coba deh, gunakan peralatan kantor yang berwarna

Cara lain untuk membuat meja kantor menarik adalah dengan mencoba menggunakan berbagai peralatan kantor yang berwarna terang.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan aksen warna cerah, di atas meja kantor yang berwarna netral yang identik banget dengan kesan formal yang bikin gampang bosen.

Berikan pajangan berupa kata-kata motivasi

Membuat meja kantor menarik juga harus dilengkapi dengan pajangan atau tempelan dari kata-kata motivasi, yang bisa memacu semangat kerja kalian ketika sedang merasa capek atau jenuh.

Keberadaan kata-kata motivasi malahan bisa terlihat sebagai elemen dekoratif, yang bisa melengkapi tampilan meja kerja kalian yang sudah diatur rapi ini.

Lakukan pemisahan dan pengelompokan barang-barang

Ketika meja kerja kalian di kantor berantakan, tentu tidak bakalan bisa membuat kalian berkonsentrasi kan ya?! Oleh karena itu, pentingnya untuk melakukan pemisahan dan pengelompokkan barang-barang kantor. Misal pensil dan pulpen ada di satu tempat, kemudian penggaris, penjepit kertas ada di tempat lain yang berbeda. Kelompokkan juga buku-buku dan berkas-berkas penting di satu rak yang berbeda, supaya lebih mudah dicari saat dibutuhkan. Jadi meja kantor bisa tampil bersih, rapi dan menarik!

musim-hujan-tiba-yuk-bikin-ruang-tamu-hunian-tampil-hangat-696x464

Musim Hujan Tiba, Saatnya Ubah Dekorasi Ruang Tamu Yuk!

Ketika musim hujan tiba, pastinya kalian butuh kesan dan suasana yang hangat kan dalam hunian. Sehingga tentunya hal-hal seperti gaya desain interior juga membutuhkan gaya desain yang juga memberikan kesan hangat dalam ruangan. Hal itu juga yang kalian harus lakukan dalam mendesain ruang tamu pada hunian. Apa saja, elemen-elemen dekorasi ruang tamu yang wajib ada ketika musim hujan tiba? Simak ulasan berikut ini!

Musim hujan tiba maka saatnya untuk pilih warna ruangan yang berkesan hangat

Ketika musim hujan tiba, jangan sampai kalian merasa kedinginan atau hampa loh di dalam hunian?! Soalnya kan, suasana dingin dan sejuk yang disebarkan oleh musim hujan itu rentan akan efek kesepian dan kedinginan?!

Sehingga agar hal tersebut tidak terjadi, mulai saja yuk untuk membuat desain interior ruang tamu yang hangat. Hal ini bisa kalian mulai dengan memilih warna-warna ruangan yang hangat seperti cokelat atau krem.

Musim hujan tiba, desain ruang tamu dengan material kayu lebih tepat

Jika sudah memilih tone warna ruangan yang hangat, kalian bisa nih, untuk mengkolaborasikan nuansa warna hangat di ruang tamu dengan penggunaan furniture dari material kayu.

Secarakan, kesan dan aura material kayu itu sangat kuat dengan imej hangat, sehingga ruang tamu hunian kalian tidak akan terasa ‘dingin’ deh!

Jangan lupa untuk menambahkan selimut pada area sofa

Ketika musim hujan tiba, suasana hangat itu pasti dicari di mana-mana, termasuk di dalam rumah. Makanya ketika kalian sedang memutuskan untuk mengganti gaya desain interior di ruang tamu, maka jangan sampai melupakan untuk menambahkan aksen selimut ya, untuk mempermanis area sofa di ruang tamu.

Penggunaan karpet tumpuk dalam ruangan ketika musim hujan tiba

Mungkin tidak banyak pemilik rumah yang menggunakan konsep karpet bertumpuk ketika sedang mendekorasi huniannya. Namun tidak ada salahnya juga loh, jika kalian ingin gaya dekorasi ruang tamu yang berbeda dengan mengaplikasikan model karpet bertumpuk di dalam ruang tamu.

cara-mempercantik-dinding-tv

Dinding TV Tampak Tak Menarik? Coba Percantik Seperti Ini

Coba perhatikan area televisi di rumah! Apakah TV diletakkan di dinding ruangan begitu saja dan tampak tak menarik? Mungkin kalian harus mencoba mendekorasi ulang area tersebut dan menerapkan trik mempercantik dinding TV agar area tersebut tampak lebih menawan.

Pasalnya dengan mempercantik area letak Televisi tersebut, bisa jadi membuat dekorasi rumah jadi jauh lebih cantik dan indah. Mengingat satu sisi ruangan akan saling mempengaruhi keseluruhan desain interior rumah. Jadi agar area dinding tempat TV diletakkan tampak lebih menawan, kalian bisa coba terapkan trik mempercantik dinding TV ini.

Sebelumnya, area dinding TV terlihat sangat biasa dengan meja kecil di bawahnya dan tanpa hiasan atau dekorasi apa-apa lagi. Sebenarnya tak ada yang salah bukan dengan penataan ini? Namun penataannya yang sangat biasa membuat area tersebut tampak kurang istimewa. Maka untuk mempercantiknya, diterapkan beberapa ide agar area dinding TV menjadi tampak lebih menarik dan cantik.

Mengaplikasikan Rak Terbuka

Salah satu keuntungan menggunakan rak terbuka adalah tidak membuat ruangan tampak penuh karena terhalangi oleh sesuatu. Untuk itu kalian bisa mengaplikasikan rak tempel terbuka pada sisi Televisi. Sehingga nantinya rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan pigura foto, pot tanaman atau barang lainnya yang dimiliki. Namun usahakan untuk meletakkan rak dan barang yang ukurannya tak terlalu besar ya.

Menempel Berbagai Foto

Dinding di sekitar TV jangan dibiarkan kosong. Kalian bisa memajang berbagai foto atau lukisan di sana. Jika ingin menonjolkan sebuah tema tertentu, usahakan gambar dari foto atau lukisan-lukisan tersebut saling berhubungan agar tampak menyatu dengan baik ya.

Meramaikan Dengan Unsur Tanaman

Salah satu kunci agar interior rumah tampak segar dan cantik adalah memasukkan unsur alam seperti bunga dan tanaman hias bukan? Jadi kalian pun bisa meletakan berbagai bunga dan tanaman pada area TV diletakan untuk memberi kesan segar. Tempatkan tanaman dan bunga-bunga tersebut di atas rak tempel serta di atas lantai.

Meja kecil pada bagian TV pun digantikan dengan elemen kayu yang ukurannya tak terlalu besar. Dengan ukuran yang tak terlalu besar tersebut membuat area tersebut tampak lebih luas dan lapang. Untuk barang-barang yang sebelumnya bisa diletakan di dalam rak meja kecil, bisa diletakan di atas elemen kayu dan ditata dengan cantik. Usahakan untuk tak terlalu meletakan banyak barang di sana agar tak tampak berantakan dan penuh. Kalian bisa menumpuk beberapa buku dan meletakan pigura foto di sana untuk memberi kesan artistik.

 

pagar-tanaman-696x392

5 Jenis Tanaman Pagar Untuk Halaman Rumah

Jenis pagar yang paling ramah lingkungan adalah pagar hidup alias pagar tanaman. Dengan pagar jenis ini, niscaya biaya pembuatannya pun lebih hemat. Pagar juga bisa tahan lebih lama, tidak retak, tidak patah, dan tidak berkarat, selama pemilik rumah bisa merawat pagarnya.

Pagar hidup memang sudah semakin jarang digunakan. Bisa jadi karena kurang mampu melindungi rumah, sehingga pemilik lebih senang menggunakan pagar tembok yang tinggi. Atau juga karena tingkat kesibukan yang tinggi, sehingga dikhawatirkan tidak bisa merawat tanaman dengan baik. Padahal, pagar tanaman bisa menambah resapan air dan membantu membersihkan udara.

Bagi Anda yang berminat memiliki pagar tanaman, berikut ini jenis-jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pagar hidup.

1. Teh-tehan

Tumbuhan ini memang sekilas mirip denga teh, karena termasuk tanaman semak. Tanaman ini juga banyak ditumbuhkan untuk kemudian dipangkas dengan beragam bentuk, mulai bentuk kotak standard, bulat, spiral, sampai aneka binatang. Tanaman ini memang sangat mudah dibentuk dan bisa melindungi rumah dengan penanaman yang cukup rapat. Perawatan tanaman ini cukup mudah, cukup dengan disiram secukupnya setiap hari.

2. Duranta repens (pangkas)

Tanaman ini kerap disebut juga dengan Anak Nakal. Duranta repens sangat mudah tumbuh dan sering kita temui di halaman rumah atau taman umum. Umumnya memang digunakan sebagai tumbuhan pembatas ground cover dan hanya setinggi 20cm-an. Duranta repens terdiri atas 2 warna, warna hijau dan hijau kekuningan. Kelemahannya adalah jika sudah tumbuh lebih dari 75 cm, maka bagian bawah tidak lagi bercabang dan berdaun, jadi terkesan ada lubang di pagar. Untuk memperbanya, bisa dengan stek.

3. Bunga soka

Bunga soka juga lebih banyak digunakan sebagai hiasan taman. Padahal, bunga ini akan sangat cantik jika dijadikan pagar dengan bunga-bunganya yang berwarna merah. Soka juga termasuk tumbuhan perdu dan mudah dipangkas. Soka perlu disiram secara rutin dan diberi kompos paling tidak sebulan sekali. Tambahkan vitamin jika mulai enggan berbunga

4. Beluntas

Beluntas selain bisa dijadikan obat-obatan herbal dan jamu, juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. Namun, untuk memiliki tampilan yang rapi, perlu dipangkas setidaknya sebulan sekali.

5. Bunga sepatu

Selain bunga soka, tanaman berbunga yang bisa dijadikan pagar hidup adalah tumbuhan bunga sepatu. Tanaman ini juga menyukai sinar matahari. Pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos dilakukan sebulan sekali dengan takaran 200 gr/tanaman. Untuk memperbanyak atau mengembangbiakkannya, bisa dilakukan dengan pencakokan. Pada awal tanam, siapkan lubang sedalam 20 cm.

Manakah yang Anda pilih sebagai tanaman pagar? Jangan lupa juga bahwa tanaman yang rimbun dan perdu akan mengundang beberapa jenis binatang untuk bersarang, seperti ulat dan ular. Jadi, pastikan Anda selalu melakukan ‘razia’ rutin pada pagar tanaman tersebut. Selamat berkebun!

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek