Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tag Archives: rumah murah

Mengatur Pencahayaan Di Rumah

Menciptakan suasana sangat perlu dilakukan untuk membuat ruang nyaman digunakan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik pencahayaan. Merencanakan pencahayaan di rumah ternyata susah-susah gampang.

Mudah jika kamu mengikuti semboyan “asal terang”, tak peduli sudah memadai atau belum cahaya itu untuk menerangi kegiatan.

Susah, karena ternyata kegiatan yang ada di rumah sangat beragam, dan masing-masingnya memerlukan jenis cahaya yang berbeda.

Jika perencanaan tepat, cahaya yang keluar akan optimal, dan ujung-ujungnya bisa membuat kamu menjadi nyaman.

Tapi sebaliknya, cahaya yang tidak tepat bisa membuat mata kita cepat lelah.

Nah, agar cahaya di rumah menjadi optimal dan sesuai dengan kebutuhan, inilah tipsnya.

1. Ruang Makan

- Berikan pencahayaan setempat (task lighting) pada meja utama tempat menyantap makanan.

- Tentukan sinarnya agar tidak terlalu terang.

- Aplikasikan lampu gantung sebagai pemersatu orang-orang di meja makan.

- Atur tinggi–rendahnya lampu agar tidak menghalangi pandangan ke salah satu objek.

2. Posisi Lampu di Kamar Tidur

- Agar istirahat Anda sempurna, hindari pencahayaan yang terlalu terang dan membuat mata sakit.

- Posisi lampu tidak boleh terlalu dekat dengan area tidur.

- Untuk aksen, aplikasikan lampu dekoratif berupa lampu dinding atau lampu meja di samping tempat tidur.

3. Ruang Keluarga agar terasa luas

Untuk kesan intim, gunakan lampu meja atau lampu berdiri yang punya kesan hangat.

Untuk ruang keluarga yang kecil, pantulkan cahaya ke atas (plafon) atau dinding agar ruang terkesan lebih luas, dengan menggunakan uplight.

Sebaliknya jika ruang berukuran besar, maka gunakan task lighting, agar terlihat lebih privat dan terpisah-pisah.

4. Manfaatkan dimmer

Dengan dimmer, kita bisa mengatur keredupan lampu sesuai dengan keinginan kita.

Di ruang tidur misalnya, saat kita masih terjaga yang kita butuhkan adalah lampu yang terang.

Sedangkan saat kita ingin tidur, yang kita butuhkan adalah lampu yang cahayanya redup.

Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan dimmer pada lampu downlight atau pada lampu meja yang diletakkan di atas nakas.

Beberapa desainer bahkan memanfaatkan dimmer untuk mengatur komposisi lampu sehingga tercipta efek yang diinginkan.

5. Sediakan lampu malam

Di setiap area yang mungkin kita lewati pada jam-jam tidur sebaiknya disediakan lampu malam yang redup, yang fungsinya sekadar menghindari ruang-ruang tersebut menjadi gelap gulita sehingga sedikit sulit atau bahkan berbahaya dilalui.

Area yang memerlukan lampu ini antara lain tangga dan lorong menuju toilet.

6. Sebar titik lampu

Sinar yang bersumber hanya dari satu titik akan menyebar ke segala arah. Akibatnya, akan muncul juga bayangan di segala arah. Ruang yang demikian tentunya tidak begitu nyaman. Sebaiknya dalam satu ruang yang cukup luas (lebih besar dari 6 m x 6 m) terdapat lebih dari satu sumber sinar.

Kalaupun agak sulit mengadakan lebih dari satu sumber sinar, kita bisa membuat satu titik lampu tersebut bercabang menjadi beberapa titik sinar. (*)

 

Menata Teras Minimalis yang Cantik dan Sederhana

Berikut inspirasi teras minimalis yang bisa untuk memperkaya kreatifitas anda dalam menciptakan teras yang nyaman dan cantik:

1. Teras cantik sederhana, dengan dua kursi minimalis untuk bersantai maupun untuk tamu menunggu. Adanya kolam, berisi bunga teratai hidup, membuat teras Anda tampak manis dan berbeda.

2. Sofa empuk dan dekorasi lampu, memberikan kenyamanan bagi setiap teras yang memilikinya. Dekorasi lampu yang ditempatkan di meja dan lantai teras tentu akan memberikan keromantisan tersendiri ketika dinyalakan di malam hari.

3. Kursi gantung rotan pasti membuat teras Anda unik dan berbeda dari teras lainnya. Penambahan bantal dekoratif dapat dilakukan untuk kenyamanan ekstra. Meja kecil di teras pun makin cantik dengan terletaknya tanaman kaktus hijau.

4. Taman vertikal di teras adalah jawaban yang tepat bila Anda hanya memiliki ruang sempit untuk teras bertaman di rumah. Penggunaan set furnitur tembus pandang seperti ini juga akan membuat teras terlihat lebih luas dan minimalis.

5. Green and homey, sofa kecil berwarna hijau lime berhasil mencerahkan teras rumah ini. Tentu saja warna sofa tersebut berkolaborasi cantik dengan pot tanaman hijau di teras rumah. Penempatan karpet berwarna bumi juga terlihat harmonis dengan desain teras secara keseluruhan.

6. Teras dengan kolam ikan, pilihan yang tepat bila Anda sering bersantai di teras, entah meminum teh atau membaca buku. Suara aliran dan gemercik air dari kolam akan menenangkan hati dan pikiran Anda dan keluarga.

 

7. Set meja dan kursi teras minimalis modern, dengan gaya yang menerawang, paling pas untuk dijadikan pilihan saat memilih perabot untuk teras minimalis. Warna perabot yang netral juga harmonis dengan palet warna eksterior rumah. Lantai kayu gelap pun memberikan kesan mewah dan hangat bagi teras.

8. Teras minimalis serba kayu, mulai dari partisi hingga perabot, menjadikan rumah tampak semakin cantik natural. Bantal monokrom untuk tempat duduk di teras nampak duduk cantik mempermanis teras. Jangan lupakan keindahan taman vertikal di dinding teras!

9. Gambar teras rumah klasik dengan kursi goyang tentu pernah Anda impikan sebelumnya. Menikmati hari yang tersisa merebahkan tubuh di kursi panjang atau duduk di kursi goyang, sambil menikmati keasrian lingkungan, siapa yang tidak mau?

10. Teras mungil minimalis cantik untuk Anda yang senang menghabiskan waktu sendiri. Kurrsi berdesain modern dan stylish siap menemani Anda membaca buku sambil menikmati nikmatnya kopi kesukaan. Sebagai tambahan, pot tanaman juga merupakan dekorasi esensial untuk teras yang lebih hidup dan asri.

11. Teras rumah cantik nan apik, berkat ventilasi dinding yang cerdas serta penempatan tanaman yang manis. Dua kursi rotan yang ditempatkan menyerong berhadapan dengan jarak yang pas, memungkinkan Anda melakukan pembicaraan yang menyenangkan dengan anggota keluarga, maupun tamu.

12. Teras minimalis dengan sentuhan musim panas berhasil diaplikasikan dengan sentuhan warna-warna summer seperti oranye dan biru. Kesegaran kombinasi warna memberikan nilai estetika tersendiri bagi teras ini. Alhasil, teras rumah menjadi tempat favorit Anda dan keluarga!

13. Model teras masa kini, menunjukkan kehangatan rumah dari luar dengan palet warna bumi atau earth tone. Pemilihan lampu klasik dengan sinar kuning akan memperkuat kehangatan dari keseluruhan desain teras. Pastikan tiang rumah minimalis Anda memiliki desain yang sederhana agar teras Anda yang menjadi pusat perhatian.

14. Model teras rumah mewah, untuk Anda yang ingin menyambut tamu dengan istimewa. Dekorasi bantal dan tempat duduk yang terkesan homey, serta meja yang terbuat dari batang kayu, membuat teras rumah ini memberi kesan hangat dan cantik natural, persis seperti model teras masa kini yang diinginkan banyak orang.

 

15. Meja dan kursi lipat dengan desain sederhana, sangat cocok ditempatkan pada teras kecil di rumah Anda. Tanaman gantung tidak pernah ketinggalan jaman! Gunakan pot berwarna hitam atau putih untuk tanaman gantung Anda untuk tampilan minimalis. Lampu tempel berdesain simpel juga dapat mempermanis teras Anda,

 16. Teras minimalis monokrom. Penggunaan warna monokrom hitam dan putih memberikan gaya minimalis yang kuat pada teras. Dot decoration pada dinding pun membuat teras ini semakin artistik dan berbeda.

 

Menata Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan cerminan keluarga yang tinggal di dalamnya.

Oleh karenanya, cara menata ruang tamu wajib dipikirkan secara terperinci, terutama bagi keluarga yang kerap menerima tamu dalam kaitan bisnis atau sekadar bersosialisasi.

Tips menata ruang tamu yang sempit sehingga lebih nyaman ditempati dan berfungsi maksimal:

1. Tambah Penyimpanan di Sofa

Ruang keluarga berantakan akibat banyak barang?

Berarti kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak.

Salah satu yang dapat dijadikan ruang penyimpanan adalah kaki sofa yang biasanya hanya dibiarkan untuk menunjang sofa.

Biasanya, laci di bawah sofa berukuran sama dengan satu sofa yaitu selebar 85cm.

Namun, saat ini belum terlalu banyak toko furnitur yang menjual sofa dengan laci di bagian kaki seperti ini.

Untuk itu, kamu  dapat memesannya di pengrajin furnitur.

Manfaatkan ruang sofa sebagai tempat penyimpanan

2. Pouffe Serbaguna

Jika ruang tamu tak cukup menampung sebuah sofa, kamu dapat menggantinya dengan pouffe atau kursi untuk satu orang dengan busa tanpa kaki dan sandaran. Pouffe umumnya berbentuk balok dengan ukuran 60cm x 60m dan sering digunakan sebagai kursi untuk meja rias.

Tak hanya sebagai tempat duduk, pouffe ternyata juga bisa difungsikan untuk tempat penyimpanan, dengan menjadikan tubuhnya yang tidak berkaki.

Di ruang kecil ini kamu bisa menyimpan mainan anak atau bantal sofa.

3. Furnitur Beroda Lebih Fleksibel

Untuk mengakali sempitnya ruangan, kamu perlu menggunakan furnitur yang lebih fleksibel sehingga dapat dipindahkan ketika sedang tidak digunakan, misalnya furnitur beroda.

Roda memudahkan kamu untuk memindahkan furnitur sehingga mendapat ruang yang lebih untuk beraktivitas.

Misalnya, ketika anak-anak membutuhkan ruang di karpet untuk bermain, kamu dapat dengan mudah menggeser meja yang beroda ke pinggir ruang keluarga.

4. Ganti Meja dengan Meja Sudut

Menggunakan karpet dapat memberi ruang lebih untuk bersantai di ruang keluarga.

Untuk itu, bagi ruang keluarga mungil, hindari penggunaan coffee table besar atau meja di tengah yang dapat membatasi gerak di ruang keluarga. Sebagai penggantinya, kamu dapat menggunakan meja sudut dengan ukuran yang lebih kecil untuk meletakkan barang-barang keperluan. Namun, jangan meletakkan terlalu banyak pernik di atasnya.

5. Lesehan tanpa Sofa

Ruangan tak muat untuk kehadiran sebuah sofa? Cobalah dengan menciptakan ruang keluarga lesehan. Dengan sebuah karpet atau tikar yang dilengkapi dengan bantal-bantal yang nyaman, ruang tamu akan terlihat lebih simpel, lapang, dan “bikin” betah.

Agar ruang tamu tetap sehat, jangan lupa untuk selalu membersihkan karpet minimal satu bulan sekali. Karpet ini juga dapat diganti dengan placemat berbahan karet yang aman dan tidak mudah kotor saat si kecil sedang bermain.
Tertarik? Selamat mencoba ..

 

window1

Tips Memilih juga Mendesain Model Jendela Rumah Minimalis Modern

Ada beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan dalam memilih jendela :

1. Temen-temen perlu menyesuaikan model jendela rumah minimalis dengan konsep hunian yang dipilih.

Misalnya jika rumah minimalis temen-temen bertema klasik atau modern maka pilih jenis jendela bertema klasik dan modern. Perhatikan juga bahan dasar yang digunakan dalam rumah minimalis temen-temen,jika bahan dasarnya kayu maka gunakan jendela berbahan kayu pula untuk menyesuaikannya.

2. Ukuran, Bentuk dan Model

Ada yang berbentuk persegi empat, berbentuk persegi panjang keatas ataupun kesamping, dan berbentuk bulat atau oval. Ukuran jendela akan mempengaruhi perannya sebagai ventilasi udara,maka perhatikan juga lokasi rumah temen-temen berada, jika kondisi lingkungan panas maka gunakan jendela yang lebih besar namun jika dingin maka gunakan jendela yang lebih kecil. Model pembuka jendela pun bermacam-macam,ada yang dibuka dari atas, dibuka dari bawah, atau dibuka dari samping.

3. Jendela Kaca

Hal-hal ini menentukan kreatifitas dalam mempercantik bagian eksterior rumah temen-temen. Ada yang tebal dan tipis juga ada pula yang transparan dan tidak transparan,maka pilihlah jendela kaca sesuai dengan kebutuhan temen-temen.

4. Gunakan Trali besi

Untuk menjaga keamanan rumah dari kemalingan serta menambah seni dari tampilan jendela rumah, temen-temen bisa menggunakan terali besi dengan ukiran yang cantik.

 

 

 

 

 

cara-membersihkan-wastafel-kamar-mandi-696x968

Ini Lho, Caranya Membersihkan Wastafel Kamar Mandi Dengan Jitu

Untuk membuat tampilan kamar mandi yang menarik dan juga efisien, sudah harus dipastikan bahwa semua elemennya bekerja dengan baik. Begitu pula dengan saluran pembuangan yang ada di lubang wastafel. Jangan sampai saluran wastafel kamar mandi itu mampet ya!! Nah, biar gak mampet lagi, nih coba cara jitu untuk membersihkan wastafel kamar mandi yuk!?

Membersihkan wastafel kamar mandi itu harus rutin

Supaya tampilan di dalam kamar mandi itu bersih dan nyaman, tentunya satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membersihkan wastafel kamar mandi secara rutin. Karena ga bisa dong, kondisi kamar mandi bersih dan nyaman, jika kalian malas untuk membersihkannya.

Apalagi di dalam kamar mandi ada banyak banget elemen produk yang harus dibersihkan, salah satunya adalah wastafel. Setidaknya lakukan dalam waktu dua minggu sekali deh, biar lubang di wastafel kamar mandi gak gampang mampet.

Cara membersihkan wastafel kamar mandi dengan jitu

Untuk membersihkan wastafel kamar mandi dengan tepat dan jitu, kalian harus memperhatikan juga lekukan bagian dalam wastafel. Dimulai dari lubang saluran wastafel yang ternyata bisa dibersihkan dengan menggunakan baking soda, lho!

Membersihkan wastafel kamar mandi dengan baking soda

Pasti pada ingin tahu kan, seperti apa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan lubang wastafel?! Nih, apa saja alat dan bahan sekaligus bagaimana cara membersihkannya!

Alat dan bahan :

Air panas

1 gelas baking soda

1 gelas air jeruk lemon

Sendok

Lap

Cara penggunaan :

Pertama-tama, bersihkan lubang wastafel dengan air panas. Rebus air panas dalam panci kecil, kemudian setelah air rebusannya mendidih, tunggu beberapa menit setelah itu baru deh dituangkan ke dalam lubang saluran wastafel. Yang kegunaannya untuk membersihkan lubang wastafel dari minyak-minyak membandel.

Setelah itu, mulailah mengambil segelas baking soda yang telah dipersiapkan, kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam lubang wastafel menggunakan sendok, supaya baking soda tidak menggumpal.

Kemudian setelah baking soda selesai dituangkan, ambil gelas yang berisi perasan jeruk lemon untuk dituangkan ke atas lubang wastafel kamar mandi. Tunggu sampai muncul reaksi busa-busa kecil.

Setelah itu ambil penutup lubang wastafel atau jika tidak ada ambil saja lap untuk menutup lubang wastafel yang tadi sudah dibersihkan. Setelah itu tunggu beberapa menit, dan kembali tuangkan sisa air panas tadi untuk tahu apakah lubang wastafel di kamar mandi, sudah bisa mengalirkan air dengan baik.

membuat-meja-kantor-menarik-ternyata-mudah-1-696x464

Membuat Meja Kantor Menarik, Ternyata Mudah Banget Lho

Seharian ada di dalam kantor yang padat akan rutinitas dan aktivitas kerja yang banyak, pasti membuat pikiran kalian jadi suntuk. Oleh karena itu, terkadang banyak orang yang bilang bahwa meja kantor jadi sesuatu hal yang penting untuk didekorasi. Lalu, gimana caranya untuk membuat meja kantor menarik? Berikut tips dan triknya!

Cara membuat meja kantor menarik dengan meletakkan vas bunga

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa meletakkan tanaman di atas meja kerja itu membantu kita untuk bisa merasa lebih rileks.

Penambahan vas bunga sangat bagus untuk di tempatkan di meja kerja. Karena vas bunga tersebut bisa memberikan suasana yang sejuk untuk ruangan sekaligus membersihkan polusi udara di dalam ruangan. Jadi semakin menarik deh, kalau meja kerja kalian di kantor ada hiasan vas bunganya!

Coba deh, gunakan peralatan kantor yang berwarna

Cara lain untuk membuat meja kantor menarik adalah dengan mencoba menggunakan berbagai peralatan kantor yang berwarna terang.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan aksen warna cerah, di atas meja kantor yang berwarna netral yang identik banget dengan kesan formal yang bikin gampang bosen.

Berikan pajangan berupa kata-kata motivasi

Membuat meja kantor menarik juga harus dilengkapi dengan pajangan atau tempelan dari kata-kata motivasi, yang bisa memacu semangat kerja kalian ketika sedang merasa capek atau jenuh.

Keberadaan kata-kata motivasi malahan bisa terlihat sebagai elemen dekoratif, yang bisa melengkapi tampilan meja kerja kalian yang sudah diatur rapi ini.

Lakukan pemisahan dan pengelompokan barang-barang

Ketika meja kerja kalian di kantor berantakan, tentu tidak bakalan bisa membuat kalian berkonsentrasi kan ya?! Oleh karena itu, pentingnya untuk melakukan pemisahan dan pengelompokkan barang-barang kantor. Misal pensil dan pulpen ada di satu tempat, kemudian penggaris, penjepit kertas ada di tempat lain yang berbeda. Kelompokkan juga buku-buku dan berkas-berkas penting di satu rak yang berbeda, supaya lebih mudah dicari saat dibutuhkan. Jadi meja kantor bisa tampil bersih, rapi dan menarik!

musim-hujan-tiba-yuk-bikin-ruang-tamu-hunian-tampil-hangat-696x464

Musim Hujan Tiba, Saatnya Ubah Dekorasi Ruang Tamu Yuk!

Ketika musim hujan tiba, pastinya kalian butuh kesan dan suasana yang hangat kan dalam hunian. Sehingga tentunya hal-hal seperti gaya desain interior juga membutuhkan gaya desain yang juga memberikan kesan hangat dalam ruangan. Hal itu juga yang kalian harus lakukan dalam mendesain ruang tamu pada hunian. Apa saja, elemen-elemen dekorasi ruang tamu yang wajib ada ketika musim hujan tiba? Simak ulasan berikut ini!

Musim hujan tiba maka saatnya untuk pilih warna ruangan yang berkesan hangat

Ketika musim hujan tiba, jangan sampai kalian merasa kedinginan atau hampa loh di dalam hunian?! Soalnya kan, suasana dingin dan sejuk yang disebarkan oleh musim hujan itu rentan akan efek kesepian dan kedinginan?!

Sehingga agar hal tersebut tidak terjadi, mulai saja yuk untuk membuat desain interior ruang tamu yang hangat. Hal ini bisa kalian mulai dengan memilih warna-warna ruangan yang hangat seperti cokelat atau krem.

Musim hujan tiba, desain ruang tamu dengan material kayu lebih tepat

Jika sudah memilih tone warna ruangan yang hangat, kalian bisa nih, untuk mengkolaborasikan nuansa warna hangat di ruang tamu dengan penggunaan furniture dari material kayu.

Secarakan, kesan dan aura material kayu itu sangat kuat dengan imej hangat, sehingga ruang tamu hunian kalian tidak akan terasa ‘dingin’ deh!

Jangan lupa untuk menambahkan selimut pada area sofa

Ketika musim hujan tiba, suasana hangat itu pasti dicari di mana-mana, termasuk di dalam rumah. Makanya ketika kalian sedang memutuskan untuk mengganti gaya desain interior di ruang tamu, maka jangan sampai melupakan untuk menambahkan aksen selimut ya, untuk mempermanis area sofa di ruang tamu.

Penggunaan karpet tumpuk dalam ruangan ketika musim hujan tiba

Mungkin tidak banyak pemilik rumah yang menggunakan konsep karpet bertumpuk ketika sedang mendekorasi huniannya. Namun tidak ada salahnya juga loh, jika kalian ingin gaya dekorasi ruang tamu yang berbeda dengan mengaplikasikan model karpet bertumpuk di dalam ruang tamu.

cara-mempercantik-dinding-tv

Dinding TV Tampak Tak Menarik? Coba Percantik Seperti Ini

Coba perhatikan area televisi di rumah! Apakah TV diletakkan di dinding ruangan begitu saja dan tampak tak menarik? Mungkin kalian harus mencoba mendekorasi ulang area tersebut dan menerapkan trik mempercantik dinding TV agar area tersebut tampak lebih menawan.

Pasalnya dengan mempercantik area letak Televisi tersebut, bisa jadi membuat dekorasi rumah jadi jauh lebih cantik dan indah. Mengingat satu sisi ruangan akan saling mempengaruhi keseluruhan desain interior rumah. Jadi agar area dinding tempat TV diletakkan tampak lebih menawan, kalian bisa coba terapkan trik mempercantik dinding TV ini.

Sebelumnya, area dinding TV terlihat sangat biasa dengan meja kecil di bawahnya dan tanpa hiasan atau dekorasi apa-apa lagi. Sebenarnya tak ada yang salah bukan dengan penataan ini? Namun penataannya yang sangat biasa membuat area tersebut tampak kurang istimewa. Maka untuk mempercantiknya, diterapkan beberapa ide agar area dinding TV menjadi tampak lebih menarik dan cantik.

Mengaplikasikan Rak Terbuka

Salah satu keuntungan menggunakan rak terbuka adalah tidak membuat ruangan tampak penuh karena terhalangi oleh sesuatu. Untuk itu kalian bisa mengaplikasikan rak tempel terbuka pada sisi Televisi. Sehingga nantinya rak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan pigura foto, pot tanaman atau barang lainnya yang dimiliki. Namun usahakan untuk meletakkan rak dan barang yang ukurannya tak terlalu besar ya.

Menempel Berbagai Foto

Dinding di sekitar TV jangan dibiarkan kosong. Kalian bisa memajang berbagai foto atau lukisan di sana. Jika ingin menonjolkan sebuah tema tertentu, usahakan gambar dari foto atau lukisan-lukisan tersebut saling berhubungan agar tampak menyatu dengan baik ya.

Meramaikan Dengan Unsur Tanaman

Salah satu kunci agar interior rumah tampak segar dan cantik adalah memasukkan unsur alam seperti bunga dan tanaman hias bukan? Jadi kalian pun bisa meletakan berbagai bunga dan tanaman pada area TV diletakan untuk memberi kesan segar. Tempatkan tanaman dan bunga-bunga tersebut di atas rak tempel serta di atas lantai.

Meja kecil pada bagian TV pun digantikan dengan elemen kayu yang ukurannya tak terlalu besar. Dengan ukuran yang tak terlalu besar tersebut membuat area tersebut tampak lebih luas dan lapang. Untuk barang-barang yang sebelumnya bisa diletakan di dalam rak meja kecil, bisa diletakan di atas elemen kayu dan ditata dengan cantik. Usahakan untuk tak terlalu meletakan banyak barang di sana agar tak tampak berantakan dan penuh. Kalian bisa menumpuk beberapa buku dan meletakan pigura foto di sana untuk memberi kesan artistik.

 

pagar-tanaman-696x392

5 Jenis Tanaman Pagar Untuk Halaman Rumah

Jenis pagar yang paling ramah lingkungan adalah pagar hidup alias pagar tanaman. Dengan pagar jenis ini, niscaya biaya pembuatannya pun lebih hemat. Pagar juga bisa tahan lebih lama, tidak retak, tidak patah, dan tidak berkarat, selama pemilik rumah bisa merawat pagarnya.

Pagar hidup memang sudah semakin jarang digunakan. Bisa jadi karena kurang mampu melindungi rumah, sehingga pemilik lebih senang menggunakan pagar tembok yang tinggi. Atau juga karena tingkat kesibukan yang tinggi, sehingga dikhawatirkan tidak bisa merawat tanaman dengan baik. Padahal, pagar tanaman bisa menambah resapan air dan membantu membersihkan udara.

Bagi Anda yang berminat memiliki pagar tanaman, berikut ini jenis-jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pagar hidup.

1. Teh-tehan

Tumbuhan ini memang sekilas mirip denga teh, karena termasuk tanaman semak. Tanaman ini juga banyak ditumbuhkan untuk kemudian dipangkas dengan beragam bentuk, mulai bentuk kotak standard, bulat, spiral, sampai aneka binatang. Tanaman ini memang sangat mudah dibentuk dan bisa melindungi rumah dengan penanaman yang cukup rapat. Perawatan tanaman ini cukup mudah, cukup dengan disiram secukupnya setiap hari.

2. Duranta repens (pangkas)

Tanaman ini kerap disebut juga dengan Anak Nakal. Duranta repens sangat mudah tumbuh dan sering kita temui di halaman rumah atau taman umum. Umumnya memang digunakan sebagai tumbuhan pembatas ground cover dan hanya setinggi 20cm-an. Duranta repens terdiri atas 2 warna, warna hijau dan hijau kekuningan. Kelemahannya adalah jika sudah tumbuh lebih dari 75 cm, maka bagian bawah tidak lagi bercabang dan berdaun, jadi terkesan ada lubang di pagar. Untuk memperbanya, bisa dengan stek.

3. Bunga soka

Bunga soka juga lebih banyak digunakan sebagai hiasan taman. Padahal, bunga ini akan sangat cantik jika dijadikan pagar dengan bunga-bunganya yang berwarna merah. Soka juga termasuk tumbuhan perdu dan mudah dipangkas. Soka perlu disiram secara rutin dan diberi kompos paling tidak sebulan sekali. Tambahkan vitamin jika mulai enggan berbunga

4. Beluntas

Beluntas selain bisa dijadikan obat-obatan herbal dan jamu, juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. Namun, untuk memiliki tampilan yang rapi, perlu dipangkas setidaknya sebulan sekali.

5. Bunga sepatu

Selain bunga soka, tanaman berbunga yang bisa dijadikan pagar hidup adalah tumbuhan bunga sepatu. Tanaman ini juga menyukai sinar matahari. Pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos dilakukan sebulan sekali dengan takaran 200 gr/tanaman. Untuk memperbanyak atau mengembangbiakkannya, bisa dilakukan dengan pencakokan. Pada awal tanam, siapkan lubang sedalam 20 cm.

Manakah yang Anda pilih sebagai tanaman pagar? Jangan lupa juga bahwa tanaman yang rimbun dan perdu akan mengundang beberapa jenis binatang untuk bersarang, seperti ulat dan ular. Jadi, pastikan Anda selalu melakukan ‘razia’ rutin pada pagar tanaman tersebut. Selamat berkebun!

pilihan-warna-kamar-tidur-buat-kamu-yang-susah-tidur-6-696x771

Ini Dia Nih, Pilihan Warna Kamar Tidur Buat Kamu Yang Susah Tidur

Punya warna favorit untuk kamar tidurmu? Eits, tunggu dulu, karena tidak semua warna cat untuk kamar bisa mendatangkan kualitas tidur paling baik, maka ada beberapa pilihan warna yang harus diperhatikan. Jika kalian mau tertidur pulas setiap malam, coba deh pakai pilihan warna kamar tidur, berikut!

Pilihan warna kamar tidur untuk pribadi yang kalem

Pilihan warna kamar tidur yang akan pertama dibahas adalah untuk kalian yang punya kepribadian kalem. Dan pilihan warna bagi si kalem yang pas adalah warna hijau muda.

Apalagi warna hijau muda adalah tone warna yang dekat dengan alam. Aplikasi warna hijau muda dalam kamar tidur pasti akan mengingatkan kalian akan hamparan kebun atau permadani rerumputan yang alami. Sehingga, warna ini pas banget dipilih untuk mengisi kamar tidur kalian, memberikan jeda yang pas di tengah kesibukan kehidupan modern yang berbau teknologi. Otomatis, warna ini akan berpengaruh pada kualitas tidur juga, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Warna biru untuk pribadi yang simpel

Untuk pribadi yang simpel, nuansa warna biru muda yang pucat bisa jadi pilihan warna kamar tidur yang tepat, lho! Pilihan warna kamar tidur pakai nuansa biru muda yang pucat ini, memang identik dengan warna langit yang adem.

Memilih biru pucat sebagai warna cat untuk kamar juga bisa dikaitkan dengan warna air atau outdoor yang sejuk. Tidak heran jika biru pucat bisa menjadi warna cat untuk kamar sekaligus kunci untuk tidur nyenyakmu.

Warna beige yang trendi

Memilih  warna beige untuk menghiasi kamar tidur, ternyata juga cocok. Soalnya warna beige menawarkan nuansa netral yang kalem. Nuansa warnanya yang condong terhadap palet warna tanah, jerami dan unsur alam lainnya, akan memberikan sebuah pancaran energi yang hangat dan indah di setiap sudut kamar tidur yang menemani istirahatmu.

Lavender memberi kesan manis namun nyaman

Suasana tidur yang nyaman dan tenang tentu menjadi dambaan semua orang. Sehingga memilih warna pengisi kamar tidur pun, benar-benar harus memilih tone warna yang tepat, supaya ketika tidur kalian bisa mendapatkan ketenangan yang diinginkan.

Memilih warna lavender mungkin tidak biasa bagi sebuah kamar tidur. Namun ternyata warna lavender yang manis ini, cocok juga untuk membantu kalian merasa lebih nyenyak ketika sedang tidur.

Pilihan warna putih untuk kesan ruangan yang klasik

Nuansa warna putih dalam kamar tidur, memang juara deh! Tidak ada yang bisa mengalahkan pesona warna putih, kalau berbicara efek menenangkan ketika tidur.

Warna putih pasti akan membuat kamar tidur tampil bersih, segar dan nyaman. Apalagi jika didesain minimalis, dijamin deh, tidur kalian makin nyenyak!

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek