Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tag Archives: Arsitek bekasi

tips-mendesain-pantry-dalam-sebuah-hunian-1

Ini Dia, Tips Mudah Mendesain Pantry Dalam Sebuah Hunian

Karena kesibukan orang urban sangat tinggi, mulai jarang sekali orang yang memasak di rumah. Kebanyakan orang jadi lebih sering makan di restoran, warung atau pesan makanan katering. Namun jika kalian masih tergolong orang yang suka memasak namun tidak suka yang ribet-ribet, mungkin merancang sebuah pantry jadi satu solusi yang bisa dilakukan. Soalnya ukuran pantry yang tidak besar namun bisa mengoptimalkan kegiatan memasak, jadi kelebihan yang bisa didapatkan. Jadi, kalau kalian ingin merancang sebuah pantry, simak dulu deh tips mendesain pantry yang akan dibahas berikut.

Pantry adalah sebutan lain dari dapur kering atau yang juga biasa disebut dengan dapur cantik. Dapur ini berfungsi untuk membantu menyiapkan jenis makanan ringan, seperti sarapan. Selain untuk tempat ngobrol yang nyaman, dapur cantik ini juga bisa menjadi tempat display peralatan makan yang dapat menjadi focal point dalam rumah.

Bentuk ruangannya yang biasanya tidak besar, membuat ada sedikit tips untuk mendesain pantry dalam sebuah hunian. Seperti apa sih, tips dan triknya?

Buatlah desain pantry yang sesuai tema hunian

Tips mendesain pantry dalam hunian yang pertama, tentu kalian harus menentukan dulu tema atau konsep yang ingin digunakan pada area pantry. Dan konsep tersebut harus disesuaikan dengan tema hunian secara keseluruhan, supaya kesan serasi bisa tercipta.

Tempatkan furniture sesuai kebutuhan

Karena luasan pantry tidak besar, Anda wajib nih untuk memilah-milah furniture yang akan diletakkan di sana. Soalnya penataan furniture yang berantakan, justru bisa membuat tampilan pantry jadi tidak sedap dipandang mata! Usahakan pilih furniture yang ukurannya tidak terlalu besar, supaya tidak menghabiskan space di dalam pantry. Yang penting, alat-alat masak yang dibutuhkan seperti kompor, panci, wajan, microwave, pemanggang roti tersedia, dijamin deh waktu makan pagi kalian akan terasa lebih nikmat.

Tips mendesain pantry yang berikutnya, bagi area penyimpanan barang

Yang tak kalah penting, dalam tips mendesain pantry pada hunian adalah pembagian area penyimpanan barang. Dengan keberadaan lemari kabinet yang ada di bagian atas, tengah hingga bawah ruangan, pastikan semua bahan-bahan makanan dan peralatan memasak milik kalian tersimpan dengan rapi. Untuk rak bagian atas biasanya digunakan untuk alat-alat masak yang jarang digunakan, sedangkan untuk area tengah dan bawah adalah untuk alat-alat masak yang sering digunakan.

Jangan lupa untuk memberikan aksen estetika

Meski pantry di rumah kalian berukuran kecil, jangan sampai lupa untuk memberikan aksen estetika loh! Soalnya biar bagaimana pun, yang namanya aksen dekoratif itu penting untuk sebuah desain interior hunian. Meletakkan tanaman hijau, atau memajang koleksi alat masak yang berwarna mencolok bisa jadi satu elemen dekoratif yang bisa digunakan.

ruang-tamu-rapi-696x441

Cara Membuat Ruang Tamu Tetap Terjaga Kerapihannya

Menjaga kerapihan ruang tamu adalah sebuah keharusan. Karena kalau sampai ruang tamu tampak berantakan saat ada tamu yang datang berkunjung, kita pasti merasa malu bukan?

Apalagi kalau ruang tamu tersebut ukurannya sempit. Semakin sempit ruangan, menjaga kerapihan ruang tamu biasanya juga semakin tak mudah. Dengan aktivitas yang padat, semakin membuat kita tak punya banyak waktu untuk merapikan ruangan. Lalu bagaimana caranya membuat ruang tamu agar tetap terjaga kerapihannya?

Bersihkan Sofa Atau Kursi Dan Coffee Table Secara Rutin

Bagian sofa atau kursi serta coffee table di ruang tamu sudah pasti jadi elemen penting dalam ruang tamu kan? Karenanya untuk menjaga kebersihan dan kerapihannya, kalian bisa melakukannya secara rutin setiap hari saat pagi hari sebelum bekerja atau saat malam hari sebelum tidur. Sehingga keadaan ruang tamu pun tampak selalu rapi.

Keranjang Penyimpanan Yang Cantik

Meletakkan terlalu banyak barang seperti majalah, buku atau benda lainnya di ruang tamu bisa bikin ruang tamu tampak penuh dan sumpek. Karenanya daripada meletakkan barang-barang tersebut secara asal dan bertebaran di mana-mana, kalian bisa menggunakan keranjang penyimpanan atau organizer untuk menyimpan barang secara lebih teratur dan rapi dengan meletakkannya di sudut ruangan.

Gunakan Rak Buku Multifungsi

Meletakkan rak buku di ruang tamu, bisa jadi ide menarik untuk membuat ruang tamu tetap tampak rapi. Bukan hanya bisa untuk menyimpan buku, kalian juga bisa menempatkan berbagai barang di sana. Dengan adanya rak untuk menyimpan berbagai barang, tak perlu lagi khawatir ruang tamu tampak berantakan.

Demi Menjaga Kerapihan Ruang Tamu Singkirkan Yang Tidak Perlu

Terdengar klise, tapi salah satu cara untuk menjaga kerapihan ruang tamu adalah dengan menyingkirkan berbagai benda yang tidak diperlukan dari ruang tamu. Jika memang sudah tidak dibutuhkan, sebaiknya benda tersebut bisa dibuang ya. Atau jika masih sesekali dibutuhkan, kalian bisa menyimpannya dengan baik di tempat yang tak mengganggu.

Jangan Meninggalkan Sampah Di Ruang Tamu

Membuang sampah pada tempatnya, tentu salah satu kebiasaan baik yang harus dijaga bukan? Termasuk dengan tidak meninggalkan sampah di ruang tamu rumah. Dengan begitu ruang tamu pun jadi lebih bersih dan selalu rapi.

Ternyata menjaga kerapihan ruang tamu itu sebenarnya mudah, bukan? Kini tak ada lagi alasan ruang tamu jadi berantakan dan kotor.

dapur-yang-ramah-anak-696x464

Ramah Anak, Ini Tipsnya Menata Dapur Supaya Lebih Aman

Dapur merupakan bagian penting rumah. Bukan hanya tempat memasak, tapi tak jarang juga jadi tempat di mana keluarga bisa makan bersama dan bercengkerama satu sama lain. Tanpa disadari, berbagai kegiatan ringan pun sering dilakukan di dapur. Termasuk bermain bersama anak, sembari melakukan kegiatan memasak. Karenanya, kalian perlu membuat dapur ramah anak sehingga lebih aman saat anak beraktivitas di sana.

Pasalnya, banyak sekali benda yang cukup berbahaya yang berada di dapur. Sebut saja pisau, kompor, berbagai alat masak serta peralatan-peralatan tajam lainnya. Tentunya akan sangat riskan jika anak-anak di rumah sering berkeliaran di dapur. Karena melarang mereka ke dapur, tentu bukanlah hal yang cukup bijak bukan?

Jadi untuk membuat dapur lebih aman, ada baiknya membuat dapur ramah anak. Untuk mewujudkannya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan nih untuk Anda.

Meletakkan Benda Tajam Di Tempat Tersembunyi

Meletakkan benda-benda tajam dan berbahaya secara sembarangan tentu bukan cara yang tepat untuk menata dapur ramah anak. Apalagi usia anak-anak umumnya memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi. Jadi ada baiknya peralatan dapur yang tajam dan berbahaya tersebut disimpan dengan baik di tempat tersembunyi. Bukan cuma pisau, gunting dan benda tajam sejenisnya, tapi peralatan makan yang berbahan pecah-belah juga sebaiknya disimpan di tempat tersembunyi. Mengingat barang-barang tersebut bisa pecah dan melukai anak.

Letakkan Kompor Di Tempat Yang Susah Dijangkau Anak

Kompor serta tabung gas termasuk benda yang berbahaya dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain meletakkan kompor dan tabung gas di tempat yang susah dijangkau anak, kalian juga bisa memasang pengaman pada kompor seperti stove guard atau knob cover. Pengaman tersebut berfungsi untuk menghindarkan kemungkinan anak menggunakan dan memutar kompor secara sembarangan.

Pilih Perabotan Dan Peralatan Dapur Ramah Anak

Jaga lantai dapur agar tidak licin sehingga anak tidak mudah terpeleset. Pemilihan perabotan dan peralatan dapur pun sebaiknya kalian memperhatikan bahannya. Hindari menggunakan peralatan yang berbahan beling, gelas atau plastik yang tidak ramah lingkungan. Mengingat bahan yang tidak ramah lingkungan juga bisa menimbulkan penyakit.

Kotak P3K Dan Pemadam Kebakaran

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Selain memastikan dapur di rumah dibuat ramah anak, tak ada salahnya kok kalau kalian menyiapkan kotak P3K dan pemadam kebakaran di rumah. Hanya untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sehingga bisa ditangani dengan lebih cepat. Jangan lupa meletakkannya di tempat yang aman, mudah terlihat dan mudah dijangkau. Jadi meski dalam keadaan darurat, Anda lebih mudah mengambilnya.

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-2

Bagaimana caranya Membuat Tangga Kayu Dijauhi Oleh Rayap

Jika kalian adalah orang yang bangga memiliki tangga yang terbuat dari kayu, maka tugas penting akan menunggu. Yaitu, Anda harus bisa menjaga penampilan dan kondisi fisik dari tangga kayu tersebut sehingga dapat bertahan dalam kondisi yang baik dalam waktu yang lama. Dan yang terpenting adalah bagaimana caranya supaya si tangga kayu ini dijauhi oleh rayap. Dan cara membuat tangga kayu, supaya bisa dijauhi oleh rayap-rayap nakal, berikut tips dan triknya.

Cara membuat tangga kayu dijauhi rayap itu dengan membersihkannya

Sebelum membuat tangga kayu dijauhi oleh rayap, kalian wajib untuk membersihkannya dahulu. Karena kalau keadaan tangga kayu ini bersih, maka akan lebih gampang untuk membuatnya dijauhi oleh rayap. Hal yang wajib diperhatikan ketika membersihkan tangga kayu adalah gunakan air dalam jumlah yang minimal, supaya tidak merusak serat-serat yang ada di dalam tangga kayu. Bahkan spons yang digunakan haruslah spons yang mudah menyerap air dan setelah menggunakannya, tangga tersebut harus dilap menggunakan lap handuk yang kering.

Menggunakan obat anti rayap dari benda-benda alami

Mungkin banyak yang tidak tahu jika, untuk mengusir dan membuat tangga kayu di rumah dijauhi oleh rayap, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kalian.

Contohnya adalah salah satu jenis rumput, yaitu rumput vetiver berikut ini!

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-1

Rumput ini terkenal dengan baunya yang harum. Maka dari itu, rumput vetiver kerap dijadikan bahan dasar parfum. Memiliki pertumbuhan yang cepat, rumput vetiver dikenal juga sebagai tanaman yang mampu mereduksi erosi tanah. Mengapa rumput vetiver merupakan tanaman anti rayap? Rumput ini mengandung zat nookatone yang mampu mengusir rayap, bahkan serangga lainnya seperti jangkrik, semut, kecoa, dan kutu. Rumputnya yang tinggi pun mampu menghalangi rayap masuk, dan dijamin tidak bakal ada rayap yang berani untuk mendekati dan menggeroti tangga kayu di rumah kalian.

 

Menanam buah Bintaro di halaman rumah bisa juga jadi solusi

cara-membuat-tangga-kayu-supaya-dijauhi-oleh-rayap-3

Buah Bintaro atau cerbhera manghas merupakan jenis tanaman anti rayap alami yang bisa kamu temukan di pinggir jalan. Meski beracun bagi manusia, namun buah bintaro ini ampuh sebagai cara membasmi rayap jauh-jauh dari rumah kalian. Hal ini terjadi karena anti rayap alami ini mengandung zat certerin yang beracun bagi rayap. Udah gitu kalian bisa membuat semprotan anti rayap sendiri dari buah Bintaro ini. Cukup siapkan 500 gram buah bintaro dan 500 ml air. Blender keduanya hingga tercampur merata dan tuangkan dalam satu wadah. Diamkan selama seminggu. Kemudian, saring campuran anti rayap tersebut untuk memisahkannya dari ampas buah bintaro. Semprotan anti rayap buah bintaro pun sudah siap digunakan, untuk satu cara membuat tangga kayu terhindari dari serangan rayap.

 

Lakukan kebiasaan baik di dalam rumah

Selain menggunakan bahan-bahan anti rayap alami, kalian juga harus melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang tidak memicu perkembangbiakan rayap. Seperti menyalakan pendingin ruangan dan membuat ventilasi udara di rumah. Jika kalian bisa memperbaikinya, dijamin rayap pun gak berani masuk ke dalam rumah, dan menggerogoti tangga kayu yang terpasang di rumah.

tirai-bambu-teras-rumah

Masuk Musim Hujan, Ini Lho Caranya Supaya Teras Tak Mudah Kotor

Teras termasuk bagian penting rumah yang memperlihatkan kesan pertama dari rumah. Sehingga tak sedikit yang menganggap teras sebagai wajah sebuah hunian. Tapi keberadaannya yang terletak di area luar rumah, sering kali bikin teras jadi lebih mudah kotor. Apalagi saat musim hujan tiba. Nah, supaya teras tak mudah kotor saat musim hujan, ada beberapa tips untuk meminimalkannya yang bisa kalian terapkan.

Pastikan Keberadaan Atap Yang Menutupi Teras

Memiliki teras tanpa atap memang terkesan seru. Tapi resikonya, area teras jadi mudah terkena terpaan panas atau hujan secara langsung. Karena itu supaya area teras lebih terlindung dan tidak mudah kotor, Anda bisa membuat teras rumah dengan atap yang lebih lebar. Dengan atap yang lebih lebar dari teras rumah, kalian bisa meminimalkan kemungkinan area teras akan terkena tetesan air hujan. Dengan begitu bukan hanya teras rumah jadi tak mudah kotor, tapi berbagai furnitur yang diletakkan di area teras rumah pun kemungkinan akan lebih awet. Anda juga bisa membuat teritisan atau atap tambahan yang bisa dibuat secara terpisah dengan atap utama atau perpanjangan dari atap yang ada di bagian atas bangunan.

Pasangi Tirai Supaya Teras Tak Mudah Kotor

Jika atap atau teritisan teras sudah terlanjur dibuat pendek, Anda bisa mengakalinya dengan memasang tirai bambu supaya percikan air hujan tidak mengenai area teras rumah. Saat musim panas, tirai bambu ini juga bisa berfungsi untuk sedikit menghalau panas matahari ke dalam area teras.

Kurangi Resiko Percikan Air Dengan Teras Yang Lebih Tinggi

Usahakan untuk membuat teras yang lebih tinggi dari area tanah. Sehingga saat hujan turun dan membasahi tanah, percikan-percikan airnya tidak mudah membasahi area teras rumah kalian. Supaya lebih aman, usahakan agar selisih ketinggiannya lebih dari 10-15 cm ya. Jadi dengan posisi teras yang lebih tinggi dari tanah di sekitarnya, resiko cipratan air pada teras rumah akan lebih berkurang.                                                                             

Hindari Dengan Bebatuan Atau Rumput

Meletakkan bebatuan dan rumput di area dekat teras dapat membantu kalian mengurangi resiko air hujan dan cipratan tanah pada area teras supaya teras tak mudah kotor. Selain itu, keberadaan rerumputan dan bebatuan di halaman juga membuat rumah tampak lebih cantik, menarik dan sejuk.

keuntungan-membuat-dapur-terbuka-696x449

5 Keuntungan Membuat Dapur Terbuka Dalam Sebuah Hunian

Tidak selamanya semua ruangan itu harus dibuat bersekat-sekat. Karena pada hakikatnya sesuatu yang dibuat dengan batas itu jadi memberikan kesan tidak leluasa untuk berkreasi. Begitu juga yang terjadi pada dapur, tidak selamanya gaya desain dapur tertutup itu selalu menarik. Kalau gitu, bagaimana jika dicoba untuk membuat gaya desain dapur terbuka? Katanya ada 5 keuntungan menarik jika membuat dapur terbuka? Apa saja sih, keuntungan membuat dapur terbuka ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Bisa membuat suasana dapur lebih menarik

Keuntungan membuat dapur terbuka itu bisa kalian rasakan ketika, sedang memandang keseluruhan gaya desain interiornya. Banyak yang mengaplikasikan desain dapur terbuka dengan benda-benda dekorasi yang lucu dan menarik!

Membuat penghawaan dapur jadi lebih baik

Karena keterbatasan ruangan sering banget kan, menemui desain dapur yang kurang nyaman sistem penghawaannya. Meskipun sudah ada cooker hood, namun tetap saja namanya dapur itu yang paling benar adalah membutuhkan pertukaran udara segar, yang bisa didapatkan dengan mendesain dapur bergaya terbuka. Jadi satu keuntungan membuat dapur terbuka yang berikutnya adalah, bisa membuat kondisi penghawaan di dalam dapur jadi lebih baik, bersih dan sehat tentunya!

Tampilan rak ambalannya jadi elemen dekoratif yang menarik

Ketika sudah memutuskan untuk membuat gaya desain dapur terbuka, pemilihan rak ambalan biasanya tidak pernah ketinggalan. Soalnya esensi menariknya dari gaya dapur terbuka ini adalah, seberapa menarik dan atraktifnya perabot dapur yang dipajang di area rak ambalan dapur.

Membuat barang-barang lebih gampang dicari

Meskipun lemari penyimpanan dapur yang tertutup itu unggul dari segi kebersihan dan kerapian, tapi kadang-kadang suka bikin kalian lupa menaruh di bagian mana peralatan dapur yang dibutuhkan. Karena desain dapur terbuka juga lebih banyak mengaplikasikan rak ambalan, maka barang-barang kebutuhan dapur serta alat-alat dapur jadi lebih mudah dicari.

Bisa menampilkan ruangan dapur yang lebih besar

Satu lagi nih keuntungan membuat dapur terbuka pada sebuah hunian, yaitu ruangan dapur kalian bisa terlihat jauh lebih luas! Karena dibuat menyatu dengan ruangan lain di dalam rumah, dapur terbuka ini bisa membuat suasana hunian jadi jauh lebih nyaman.

marble-bathroom-03

Cari Tahu Yuk, Apa Sih Perbedaan Marmer Dan Granit Itu

Zaman yang semakin berkembang dan maju membuat pilihan material untuk bangunan rumah pun jadi semakin bervariasi dan beragam. Bukan hanya mengandalkan kualitas, material-material tersebut umumnya juga menampilkan keindahan tampilannya. Apalagi dengan pemilihan material yang tepat, Anda bisa membuat bangunan pun jadi tampak lebih mewah, elegan dan menawan. Di antara beberapa material yang mungkin banyak dijadikan pilihan, marmer dan granit termasuk yang cukup banyak diminati. Tapi kalian sudah tahu belum apa sih perbedaan marmer dan granit?

Karena sebelum memutuskan akan menggunakan material marmer atau granit, ada baiknya Anda tahu lebih banyak tentang perbedaan marmer dan granit baik dari segi pemasangan, daya tahan atau dari berbagai faktor lainnya. Nah, simak yuk beberapa poin perbedaan keduanya yang perlu kalian tahu.

Perbedaan Marmer Dan Granit, Dari Sisi Marmer Itu Begini

*Marmer adalah hasil dari gunung kapur yang terkena suhu panas dan kemudian mengeras sehingga membentuk sedimen dan berpola gradasi sehingga tampilannya pun lebih indah dengan tekstur yang halus.

*Marmer memiliki motif dan corak yang terkesan natural, karenanya marmer pun punya nilai estetika yang bagus. Sehingga menerapkannya pada interior, bisa memberi kesan tersendiri.

*Dengan produk yang berkualitas, material marmer bisa tahan dalam waktu yang cukup lama.

*Material marmer cocok untuk material lantai pada area indoor.

*Material marmer memang cukup rentan terkena kotoran. Karenanya Anda harus sesegera mungkin membersihkannya.

*Untuk ruangan yang terkesan lebih dingin, marmer tentu pilihan yang tepat. Karena marmer memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga bisa membuat permukaan lantai terasa lebih dingin. Jadi sangat cocok untuk permukaan lantai rumah di area tropis seperti di Indonesia ini.

*Untuk membuat rumah tampak lebih mewah,

*Bukan hanya bisa diaplikasikan pada permukaan lantai, material marmer juga bisa diaplikasikan untuk berbagai aksen dekoratif dan furnitur. Misalnya pada countertop, untuk kursi, untuk wastafel serta berbagai kegunaan lainnya.

Beda Dengan Marmer, Kalau Granit Itu Kayak Gini

*Sedangkan granit adalah batuan beku, hasil dari aktivitas metamorfosa gunung berapi dan mempunyai tekstur lebih keras. Karenanya granit juga banyak digunakan untuk lantai atau dinding.

*Karena pori-porinya lebih sedikit, jadi granit tahan lama dan tidak mudah kusam. Selain itu, granit juga lebih tahan air sehingga cocok digunakan pada area kamar mandi.

*Memiliki daya kilap yang baik juga tampilannya mewah. Jadi mengaplikasikannya pada interior hunian, dapat membuatnya tampak lebih megah dan mewah.

*Berbeda dengan marmer yang memiliki motif dan corak cukup beragam, granit memiliki motif dan corak yang hampir seragam. Jadi pengaplikasiannya pada berbagai posisi pun relatif lebih mudah.

*Agar desain hunian tampak lebih mewah, unik dan modern, kalian bukan hanya bisa mengaplikasikan granit pada bagian dinding atau lantai, tapi granit juga bisa diaplikasikan pada meja dapur, aksen dekoratif serta berbagai furniture lainnya.

pilihan-warna-pada-fasad-yang-tepat-bikin-hunian-menawan-3-696x928

Pilihan Warna Pada Fasad Yang Tepat Bikin Hunian Menawan

Bagian fasad atau eksterior rumah menggambarkan karakter dari hunian tersebut. Makanya tak sedikit orang yang menilai keindahan sebuah bangunan dari fasad tersebut. Keindahan fasad jugalah yang menjadi impresi pertama dari penilaian orang. Karena itu segala sesuatu yang berhubungan dengan fasad selalu jadi perhatian utama. Termasuk bentuk, desain dan warna yang akan diaplikasikan pada fasad rumah. Dengan pentingnya pilihan warna pada fasad rumah, warna yang dipilih pun tak boleh sembarang bukan? Jadi agar kalian tak salah memilih warna, beberapa tips ini bisa dijadikan inspirasi untuk memilih warna yang tepat pada fasad rumah, gimana caranya?

Warna netral menjadi pilihan warna untuk fasad rumah

Warna netral seperti warna putih, krem, abu-abu terang cukup banyak dijadikan pilihan untuk warna fasad rumah. Pasalnya, selain warna netral akan mudah dipadukan dengan berbagai macam gaya dan aksesoris, warna netral yang cenderung terang juga bisa memantulkan sinar matahari dengan baik sehingga bisa mengurangi panas dalam rumah. Maka kesan rumah yang lembut dan simpel akan didapat, ketika Anda menggunakan warna abu-abu atau krem di fasad hunian.

Pilihan warna pada fasad rumah yang berkesan sejuk

Setiap warna punya karakter dan kesan masing-masing. Sehingga tak heran jika pilihan warna pada fasad rumah, bisa dijadikan sebagai satu alat untuk mengidentifikasi karakter atau sifat sang pemilik rumah. Misalnya jika ingin memberi kesan tenang dan damai, kalian bisa memilih warna biru atau hijau sebagai warna untuk fasad rumah.

Memilih kombinasi warna pada fasad hunian

Mengaplikasikan satu warna pada seluruh bagian fasad rumah tentu akan terkesan monoton. Anda pun mungkin ingin mengaplikasikan warna-warna lain yang lebih bold pada eksterior rumah. Untuk menyiasatinya, kalian bisa menggunakan warna bold atau warna yang mencolok tersebut sebagai aksen dekorasi fasad rumah yang didominasi warna netral kok. Misalnya dengan mengaplikasikan warna merah pada salah satu sisi. Dengan kombinasi warna netral dan warna bold yang tepat, fasad rumah bisa tampak lebih menarik deh.

Warna untuk fasad bisa disamakan dengan warna genteng rumah

Untuk memilih warna yang tepat untuk fasad rumah, kalian juga bisa menyesuaikan warna dinding luar rumah dengan warna genteng rumah. Sehingga dengan warna yang senada, fasad rumah pun tampak lebih menarik dan selaras.

kamar-mandi-lebih-nyaman-696x464

Sentuhan Agar Kamar Mandi Terasa Lebih Nyaman Dan Menawan

Untuk membuat agar kamar mandi lebih nyaman, Anda tak harus merenovasi atau mengubah desain interior kamar mandi. Apalagi merenovasi atau mengubah desain interior kamar mandi kerap kali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah tanpa banyak mengeluarkan biaya, ada beberapa sentuhan kecil yang bisa kalian lakukan agar kamar mandi lebih nyaman dan menawan.

Singkirkan Semua Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Botol-botol shampoo, sabun, sikat gigi lama yang masih disimpan karena akan digunakan untuk membersihkan, termasuk beberapa benda yang sering menumpuk di area kamar mandi dan membuat kamar mandi jadi penuh, sumpek, terkesan kotor dan tak menyenangkan. Padahal jika barang-barang tersebut dibuang, suasana kamar mandi akan terasa lebih nyaman, luas dan bersih. Jadi untuk apa menyimpan barang-barang yang tidak dibutuhkan? Sekalian bersih-bersih, Anda juga bisa menyingkirkan produk-produk perlengkapan mandi yang sudah terlalu lama dibuka dan tak pernah lagi dipakai hingga aroma atau warnanya berubah.

Ganti Pencahayaan Agar Kamar Mandi Lebih Nyaman

Anda pasti sudah tahu kan kalau pencahayaan itu sangat penting? Apalagi untuk area kamar mandi. Selain pencahayaan dari cahaya alami sinar matahari, kalian juga membutuhkan lampu. Nah agar kamar mandi lebih nyaman, sebaiknya segera ganti lampu kamar mandi yang sudah tak terlalu terang. Gunakan lampu seterang mungkin supaya suasana kamar mandi tak terkesan kotor, penuh dan sumpek.

Rontokan Rambut Juga Perlu Dibersihkan

Sisa-sisa rontokan rambut yang mengotori lantai dan saluran kamar mandi wajib dibersihkan. Apalagi jika rontokan rambut sudah mengumpul dan mungkin dapat menyumbat saluran kamar mandi. Kalian pasti tak ingin lantai kamar mandi banjir karena tersumbat kan?

Lakukan Pembersihan Kamar Mandi Sebersih-Bersihnya

Membersihkan kamar mandi memang harus dilakukan sesering dan serutin mungkin. Tapi kadang kala, pembersihan itu kurang menyeluruh. Karenanya Anda perlu sesekali membersihkan kamar mandi sebersih-bersihnya. Supaya kerak-kerak yang menempel di kamar mandi dan segala kotoran bisa dibersihkan. Kamar mandi pun jadi terkesan lebih nyaman dan menawan bukan?

mengubah-kamar-tidur-kecil-menjadi-nyaman-696x465

Cara Mengubah Kamar Tidur Berukuran Kecil Menjadi Lebih Nyaman

Apa yang akan Anda lakukan jika punya kamar tidur yang berukuran kecil? Pasti yang pertama kali muncul adalah rasa bingung, akan bagaimana menyimpan barang-barang di dalam kamar tidur. Nah, untuk mengatasi rasa bingung itu, kalian bisa mengubah kamar tidur kecil yang ada dengan tips dan trik berikut ini!

Hindari penggunaan headboard

Jika desain kamar tidur yang Anda miliki berukuran kecil, maka sebaiknya untuk menghemat penggunaan ruang cobalah untuk menghindari penggunaan ranjang yang memakai headboard. Tebal headboard yang memakan beberapa inci space dari area kamar tidur, bisa menambah sempit dari keseluruhan area dalam kamar tidur. Sehingga daripada buang-buang space percuma, lebih baik jangan menggunakan ranjang yang ada headboardnya jika memang kondisi ruangan kamar tidur kalian kecil.

Mengubah kamar tidur berukuran kecil dengan penggunaan sofabed

Jika ingin mengubah kamar tidur berukuran kecil menjadi lebih nyaman, mungkin Anda bisa menggunakan sofabed dari pada menggunakan ranjang tempat tidur biasa. Bentuknya yang lebih ramping dari ranjang tidur biasa, bisa membuat kamar tidur kalian yang kecil jadi terasa lebih luas dan lapang. Apalagi sofabed ini punya dua fungsi, di siang hari bisa digunakan sebagai sofa untuk duduk-duduk santai, sementara ketika malam bisa diubah menjadi ranjang tidur untuk beristirahat.

Letakkan lampu tidur yang menempel di dinding

Jika biasanya lampu tidur diletakkan di atas meja nakas sebelah ranjang tidur, atau terletak berdiri di sudut kamar. Pastinya akan jauh lebih membuang space di dalam kamar tidur kamu yang berukuran sempit. Makanya supaya membuat kamar tidur kamu yang sempit semakin luas, coba tempel aja lampu tidur di dinding kamar tidur. Biar menghemat tempat namun sistem pencahayaan di dalam ruangan tetap terasa terang.

Memanfaatkan area di bawah ranjang sebagai tempat penyimpanan

Karena kamar tidur berukuran kecil maka sudah pasti kalian akan merasa kebingungan ketika akan menyimpan barang. Mau taruh di mana lagi, jika ukuran kamar tidur yang ada kecil?! Namun semua itu kini mudah banget untuk diatasi, karena Anda cukup menggunakan desain ranjang tidur yang memiliki desain laci penyimpanan di bagian bawah, mudah kan?

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek