Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tag Archives: arsitek bogor

balkon-rumah-menghadap-barat-ini-dia-solusinya-2-696x464

Jika Balkon Rumah Menghadap Ke Barat, Ini Dia Solusinya

Ketika tinggal di dalam hunian berlantai dua yang memiliki balkon, tentunya banyak dari kalian yang suka menyendiri atau merenung di sana. Tapi gimana jadinya jika posisi dari balkon rumah yang menghadap ke arah barat? Nih, kita kasih solusi soal menghadapi balkon rumah menghadap barat!

Balkon rumah menghadap barat diselesaikan dengan banyak menanam pohon

Ketika balkon rumah menghadap barat tentu terasa panas ketika sudah memasuki sore hari, saat matahari akan tenggelam. Nah, tentu sudah bukan rahasia umum lagi kalau utama dari pohon adalah menyerap sinar matahari saat fotosintesis.

Maka dari itu, penanaman pohon dan berbagai jenis bunga untuk taman sangat direkomendasikan pada rumah tinggal dengan posisi menghadap barat. Maksimalkan area barat dengan penataan pohon-pohon teduh. Hal ini dapat membantu menghalau sinar matahari terik, terlebih pada siang hari.

Memanfaatkan tanaman rambat

Cara ini sebenarnya masih serupa dengan cara menanam pohon. Namun pemanfaatan tanaman rambat lebih menghemat luasan dan sangat cocok digunakan pada, rumah tinggal atau balkon rumah yang tidak memiliki lahan terlalu luas.

Selain itu terdapat berbagai macam tanaman rambat hias yang dapat kita gunakan. Selain dapat mengurangi intensitas cahaya di dalam ruangan, tanaman rambat juga dapat memberikan dampak signifikan pada tampilan balkon rumah menghadap barat ini.

Menggunakan secondary skin pada bagian fasad rumah

Penggunakan secondary skin untuk menghalau sinar matahari memang hal yang umum dilakukan, terlebih pada rumah menghadap ke arah barat. Salah satu contoh secondary skin yang dapat digunakan adalah kisi-kisi.

Hebatnya meskipun dapat menghalau sinar matahari di area balkon rumah, kisi-kisi masih memiliki celah yang memungkinkan udara masuk ke dalam ruangan kok. Jadi ga membuat rumah jadi terlihat penuh dan pengap gitu.

Memperpanjang bagian teritisan atap rumah

Selain dengan menata ruangan, cara lain yang dapat  dilakukan adalah dengan memperpanjang bagian teritisan pada bagian atap rumah. Teritisan pada perumahan biasanya memiliki standar lebar sekitar 60 cm dari dinding. Namun untuk kasus rumah menghadap barat, Sobat bisa memanjangkannya hingga 1,2 – 1,5 m.

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis

Batu Alam Untuk Dinding Luar Rumah

Keberadaan elemen batu alam sebagai salah satu penghias area fasad hunian memang sudah tidak asing lagi. Teksturnya yang kasar, tahan lama, serta cocok untuk eksterior hunian karena tahan panas dan juga hujan, membuat banyak banget yang tinggal di Indonesia menggunakan batu alam untuk melapisi fasad dinding luar pada hunian. Nah, kira-kira seperti apa ya menawannya elemen batu alam untuk dinding luar rumah? Simak penjelasannya berikut ini!

Batu alam untuk dinding luar rumah yang berlokasi di dekat jendela

Dalam penggunaan batu alam untuk dinding luar rumah, kalian tidak perlu mengaplikasikannya di seluruh dinding luar rumah sih, tapi pilih saja satu atau dua bagian luar rumah yang penting untuk ditonjolkan. Misalnya hunian berikut ini yang hanya mengaplikasikan batu alam di area dekat jendela rumah, yang merupakan akses utama keluar-masuknya orang di dalam hunian ini.

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis-3

 

 

 

 

 

Mengaplikasikan batu alam pada dinding luar rumah yang ada di dekat jendela ternyata dimaksudkan sebagai satu penanda, bahwa dinding berbatu alam itulah yang merupakan area masuk utama sebuah rumah.

Adanya batu alam untuk dinding luar rumah, bisa membuat tampilan fasad rumah jadi cerah

Aplikasi penggunaan batu alam untuk dinding luar rumah khususnya di bagian fasad juga bertujuan untuk, membantu tampilan fasad hunian menjadi cerah lho! Soalnya kan ga semua rumah mendapat ekspos sinar matahari yang cukup, jadi terkadang membutuhkan juga material natural yang bisa membantu untuk memancarkan sinar matahari, kayak material batu alam ini.

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis-4

 

 

 

 

 

Apalagi ada juga jenis batu alam yang berwarna cerah seperti batu cupang merah dan batu breksi yang punya kandungan warna batu yang berwarna kemerah-merahan. Jadinya bakalan bagus banget jika batu-batu tersebut digunakan di area dinding luar rumah.

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis-5

 

 

 

 

 

Selain cantik dan menawan, perawatannya pun mudah banget

Selain untuk faktor keindahan, penggunaan batu alam untuk dinding luar fasad rumah juga sangat mudah sekali perawatannya. Kalian tidak butuh setiap saat membersihkannya, soalnya batu alam itu minimal dibersihkannya setiap 6 bulan sekali, tergantung jenis batu alamnya juga sih, kalau batu andesit malahan bisa dibersihkan setelah 1 tahun pemasangannya. Nah, gampang banget kan perawatannya!

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis-6

DESAIN RUMAH PAK DAVID

5 Tips Paling Mudah Untuk Membuat Fasad Rumah Yang Menarik

Fasad termasuk salah satu elemen yang penting nih bagi nilai keindahan rumah dari luar. Karena itu Anda juga perlu membuat fasad rumah yang menarik dan tepat sesuai dengan desain rumah. Sehingga desain eksterior dan interior rumah pun nantinya lebih menyatu.
Karena membicarakan fasad rumah biasanya sih berhubungan juga dengan berbagai elemen seperti desain, bahan material yang digunakan, warna yang dipilih serta berbagai elemen lainnya. Jadi agar kalian bisa membuat fasad rumah yang menarik, ini 5 tips yang perlu diperhatikan.
Membuat Fasad Rumah Yang Menarik Itu Harus Memperhatikan Gaya Desainnya
Tentukan gaya desain yang akan diterapkan pada fasad rumah. Akan lebih baik kalau kalian bisa menyesuaikan gaya fasad dengan gaya desain yang diterapkan pada interior rumah. Sehingga desain rumah akan tampak lebih utuh dan menyatu melalui penerapan gaya desain yang sama. Mengingat biasanya tema tersebut dipilih sesuai dengan keinginan dan beberapa pertimbangan.
Perhatikan Pemilihan Materialnya
Menentukan gaya desain yang diterapkan pada fasad akan mempermudah kalian dalam memilih material yang dibutuhkan. Pilih material yang paling sesuai dan kalian suka untuk menegaskan keindahannya. Tak jarang karakter pemilik rumah bisa ditebak dari desain rumahnya.
Agar Lebih Menarik, Tentukan Focal Point-nya
Tak harus dengan aksesoris tertentu, kalian bisa kok membuat focal point pada fasad rumah dengan warna atau material tertentu. Misalnya nih dengan mengaplikasikan warna yang bisa menarik perhatian, seperti warna kuning yang punya kesan ceria, pada pintu rumah.
Warna Juga Tak Kalah Penting
Pemilihan warna untuk fasad menjadi pelengkap keindahan rumah yang tak kalah penting. Kalian bisa memilih warna bold, warna netral seperti putih atau warna lain yang sesuai dengan keinginan. Namun karena kondisi luar berbeda dengan kondisi di dalam rumah, sebaiknya jangan lupa menggunakan cat khusus untuk eksterior ya.
Pencahayaan Tetap Tak Boleh Diremehkan
Pencahayaan tetap jadi faktor penting, bukan cuma pada desain interior rumah, tapi juga untuk eksterior rumah. Pengaplikasian pencahayaan yang tepat, nantinya bisa membuat fasad rumah tampak lebih menarik. Pada saat malam hari, rumah pun tak tampak gelap dan seram.

tips-membuat-tangga-di-dalam-rumah-696x522

Ini Tipsnya Kalau Ingin Membuat Tangga Di Dalam Rumah

Tangga termasuk salah satu bagian penting pada rumah bertingkat. Selain itu, desain tangga juga merupakan bagian penting dari sebuah interior rumah. Karenanya, banyak faktor yang harus diperhatikan juga saat ingin membuat tangga di dalam rumah. Spesifikasi bentuk, ukuran anak tangga, ketinggian serta kekuatannya pun termasuk beberapa hal teknis yang harus diperhatikan dengan baik.

Selain itu, elemen yang berhubungan dengan desain interior juga tak kalah penting. Misalnya seperti warna, model serta pencahayaannya. Karena itu sebagai referensi bagi kalian yang ingin membuat tangga di dalam rumah, ada beberapa tips yang sebaiknya tak diabaikan begitu saja. Apa saja sih tipsnya?

Memperhatikan Beberapa Unsur Penting

Ada beberapa unsur penting yang sebaiknya diperhatikan saat ingin membuat tangga, yaitu:

- Unsur kenyamanannya.

- Ukuran serta lokasi tangga.

- Kesesuaian model tangga dengan tema interior ruangan.

- Ketinggian pagar tangga yang aman.

- Ukuran dan ketinggian masing-masing anak tangga.

- Bentuk tangga.

- Material yang akan digunakan.

Pemilihan Gaya Atau Model Tangga

Saat ingin menentukan model atau gaya tangga yang akan dibuat, kalian sebaiknya sudah tahu terlebih dahulu apa tema yang akan diterapkan pada interior hunian. Sehingga tema seluruh ruangan dapat berkesinambungan satu sama lain dan tampak saling mendukung. Pemilihan warna dan hiasan dinding yang akan diaplikasikan pada tangga pun akan jadi lebih mudah setelah kalian tahu tema atau gaya yang akan diaplikasikan pada interior dan tangga.

Kenyamanan Menggunakan Tangga Di Rumah

Ada baiknya saat memilih jenis material yang akan diaplikasikan, kalian mempertimbangkan kebiasaan saat berjalan di dalam rumah. Misalnya jika biasa berjalan di dalam rumah tanpa alas kaki, ada baiknya menggunakan material seperti kayu untuk tangga. Mengingat lapisan kayu umumnya terasa lebih hangat dibanding material lain seperti granit.

Membuat Tangga Di Dalam Rumah Harus Perhatikan Pencahayaannya

Fungsi tangga tentu sebagai sarana untuk naik dan turun antar lantai di dalam rumah. Karenanya pencahayaan jadi salah satu unsur yang sangat penting demi kenyamanan dan keamanan untuk mengurangi resiko terjatuh. Dibanding mengandalkan cahaya alami dari matahari, sebaiknya kalian memasang lampu tambahan guna menerangi tangga di dalam rumah. Misalnya dengan memasang lampu yang memiliki desain cantik pada dinding sekitar tangga, memasang chandelier pada langit-langit ruangan yang tak jauh dari area tangga atau berbagai ide pencahayaan lainnya yang dapat disesuaikan dengan gaya interior. Lebih baik menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bukan?

WhatsApp Image 2019-08-15 at 11.07.01 (1)

Wajib Tahu Nih, Cara Untuk Membangun Rumah Tahan Gempa

Dengan potensi resiko yang ditimbulkan untuk meminimalkan kerusakan dan timbulnya korban jiwa akibat gempa. Pastinya membahayakan diri sendiri dan juga keluarga. Karena Indonesia rentan dengan gempa bumi, maka memiliki pengetahuan soal membangun rumah tahan gempa menjadi penting. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk membangun rumah tahan gempa, yang perlu diketahui. Apa saja ya, elemen pentingnya?

Cara membangun rumah tahan gempa ada beberapa prinsip, apa saja

Karena Indonesia rentan sekali dengan gempa bumi, maka memiliki pengetahuan soal membangun rumah tahan gempa menjadi penting untuk diketahui para pemilik rumah. Membayangkan soal potensi resiko yang ditimbulkan untuk meminimalkan kerusakan dan timbulnya korban jiwa akibat gempa, pasti sudah membuat kalian ketakutan. Jadi supaya bisa sedikit mengurangi rasa takut, panik dan khawatir, nih ada 4 prinsip yang wajib diketahui untuk membangun rumah tahan gempa.

Coba buat denah dan struktur bangunan yang simetris

Denah yang sederhana dan simetris akan memudahkan kita menentukan letak titik-titik kolom dan pondasi yang akan menjadi rangka struktuk utama pada rumah kita. Misalnya untuk kolom beton bertulang yang ideal untuk rumah tinggal biasanya berjarak 3 – 4 m. Struktur bangunan rumah yang sederhana dan simetris, diperkirakan dapat menahan gaya gempa yang lebih baik dari pada bangunan dengan bentuk yang tidak beraturan. Ini disebabkan karena gaya gempa yang terjadi dapat terdistribusi secara merata ke semua elemen struktur.

Pemilihan material jadi hal yang tidak bisa dilupakan untuk membangun rumah tahan gempa

Besarnya gaya gempa yang menimpa sebuah bangunan itu, berbanding lurus dengan berat bangunan itu sendiri. Itu sebabnya, penting untuk membuat bangunan menjadi lebih ringan dengan menggunakan bahan bangunan yang ringan. Kalau diperhatikan sebagian rumah-rumah tradisional Jepang, hampir semua berstruktur kayu dan umumnya satu tingkat. Aplikasi material  partisi antar ruangan pun hanya memakai bilah bambu dan kertas yang sangat ringan. Tak heran jika, Jepang merupakan negara dengan teknologi konstruksi rumah tahan gempa yang terbaik.

Menurut sejarah, sebenarnya rumah tradisional Indonesia itu, ternyata dirancang tahan gempa, lho! Pemakaian struktur kayu dan bambu dengan atap memakai rumbia atau ijuk terbukti dapat bertahan ketika ada goncangan gempa. Banyak material di pasaran sekarang yang mendukung perencanaan rumah tahan gempa. Pemakaian dinding beton aerasi atau bata ringan juga lebih baik daripada bata dan batako. Untuk atap juga dipakai rangka baja ringan dan genteng aspal atau seng gelombang. Pemakaian partisi dari gypsum atau GRC juga dapat membuat massa bangungan menjadi lebih ringan.

Sistem konstruksi rumah tahan gempa

Pada konstruksi rumah tahan gempa perlu diperhatikan agar struktur pondasi, kolom, balok dan struktur atap menyatu dengan sambungan yang memadai. Untuk konstruksi kayu misalnya, selain perlu tambahan struktur menyilang (bracing) harus dilengkapi dengan plat baja pengikat di setiap pertemuan (joint) sehingga menjamin fleksibilitas geraknya.

Jangan melupakan struktur pondasi

Bukan cuma struktur konstruksi, pondasi juga tak kalah penting dalam membuat rumah yang tahan gempa lho Karena itu sebaiknya agar tahan gempa, bangunan rumah pun dibangun di atas tanah yang mempunyai permukaan keras. Kedalamannya pun harus dipertimbangkan dengan baik nih. Karena agar rumah tersebut lebih aman dan kuat, pondasi harus berada minimum di kedalaman 60 – 75cm.

kondisi-fisik-bangunan-pasca-gempa

Pasca Gempa, Ini Indikasi Fisik Bangunan Yang Harus Diperhatikan

Indonesia termasuk negara dengan intensitas gempa cukup tinggi. Karenanya saat akan membuat bangunan atau rumah, struktur bangunan tahan gempa cukup perlu diperhatikan. Tujuannya agar bangunan tidak mudah roboh, serta untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan akibat gempa. Namun tak cukup hanya struktur dan konsep bangunan tahan gempa saja yang perlu diperhatikan, ternyata indikasi fisik bangunan pasca gempa terjadi juga tak kalah penting untuk diperhatikan lho!

Untuk Indikasi Fisik Bangunan Pasca Gempa Itu Harus Cek Kolomnya

Jika ingin melihat kondisi bangunan setelah terjadinya gempa, maka kolom atau tiang bangunan, termasuk salah satu indikasi fisik pertama yang harus kalian perhatikan. Jika kondisi atau bentuknya tidak ada yang berubah, maka kemungkinan tak ada masalah pada bangunan akibat gempa.

Namun jika ada retakan atau rekahan, maka kalian harus perhatikan dengan lebih teliti. Jika retakan tersebut hanya berada di permukaan, maka kemungkinan yang rusak hanya bagian finishing-nya saja. Namun jika retakan atau rekahan pada strukturnya tersebut besarnya lebih dari 5 mm, atau beberapa bagian terutama pada sambungan kolom dan balok tampak tertekuk dan bentuknya berubah, maka itu artinya indikasi fisik bangunan tak lagi aman untuk ditempati kembali.

Perhatikan Bagian Balok Bangunan

Umumnya unsur atau bagian struktur balok, berada melintang di atas kolom dan saling menghubungkan antara satu kolom dengan kolom lainnya.

Perhatikan jika terdapat retakan atau kondisinya ada yang berubah. Mengingat kerusakan balok termasuk salah satu ancaman yang berbahaya karena efeknya bisa membuat bangunan langsung roboh. Pastikan sambungan antara balok dan kolom bangunan, tetap berada dalam kondisi baik dengan tidak adanya retakan, pergeseran tumpuan atau perubahan bentuk setelah terjadinya gempa.

Kondisi Fondasi Bangunan Pasca Gempa Tak Kalah Penting

Pengecekan indikasi fisik fondasi bangunan pasca terjadinya gempa bisa kalian lakukan melalui permukaan lantai. Misalnya jika ada permukaan lantai yang tampak berubah seperti ambles atau pecah karena efek permukaan lantai yang meletup, artinya kondisi fondasi bangunan ada kemungkinan telah berubah nih. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kalian kembali berkonsultasi kepada para ahli.

Atap, Juga Salah Satu Komponen Bangunan Yang Harus Dicek

Memperhatikan kondisi atap bangunan, umumnya tak lepas dari kondisi kolom dan balok bangunan. Mengingat jika kondisi kedua elemen tersebut tetap baik, maka kemungkinan kondisi atap bangunan pun tak memiliki masalah. Namun jika struktur rangka atap (kuda-kuda, gording, usuk) sebagian besar ikatan komponennya lepas atau bergeser, maka itu jadi indikasi fisik bangunan pasca gempa yang tak lagi baik dan tidak aman untuk ditempati.

Langit-langit atau plafon bangunan, juga termasuk dari bagian atap yang wajib kalian perhatikan ya. Karena retakan pada bagian langit-langit bisa membuat bangunan jadi mudah runtuh.

Bangunan Tampak Miring?

Jika setelah terjadinya gempa kondisi bangunan jadi tampak miring atau condong ke sisi kanan atau kiri, maka kalian tak boleh mengabaikannya. Baik itu pada bangunan bertingkat atau bangunan satu lantai. Karena jika itu terjadi, artinya kondisi bangunan sudah tidak lagi aman untuk ditempati.

Selain kondisi-kondisi fisik tersebut, kalian juga tak boleh lupa untuk memastikan kondisi sambungan kusen pintu dan jendela rumah dalam keadaan baik. Jika kalian memiliki rumah bertingkat, sambungan antara lantai dengan tangga juga harus dipastikan dalam keadaan baik. Secara keseluruhan, bagian-bagian rumah seperti kanopi, lemari, lampu dan lain-lain ada baiknya juga dipastikan aman ya.

DSCN4145a-696x522

Rumput Sintetis Vs Rumput Alami, Mana Sih Yang Lebih Baik Untuk Hunian

Rumput termasuk salah satu elemen penting pada sebuah hunian, terutama kalau kalian punya taman rumah. Mengingat taman yang cantik biasanya tak lepas dari peranan rumput hijau yang terawat dengan baik. Apalagi saat ini jenis rumput yang bisa diaplikasikan pada hunian bukan aja jenis rumput alami, tapi juga ada rumput sintetis.

Mengingat dari kedua jenis rumput tersebut punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi tak sedikit pula yang bingung memilih jenis rumput yang tepat untuk dekorasi rumah. Sebagai pertimbangan kalian, ini lho tentang rumput sintetis serta rumput alami yang perlu diketahui.

Rumput Sintetis

- Merupakan rumput buatan yang biasanya terbuat dari plastik. Karenanya jika ingin menggunakan rumput sintetis, kalian harus memilih produk yang berkualitas bagus. Sehingga rumput ini bisa tahan lama hingga 8-15 tahun.

- Sistem perawatan yang lebih mudah dibanding rumput alami. Sehingga kalian cukup membersihkannya secara rutin setiap hari dengan vacuum cleaner.

- Tidak membutuhkan sinar matahari, karenanya rumput sintetis bisa diaplikasikan di dalam ruangan atau area indoor. Jadi jika kalian ingin memiliki taman kering di dalam rumah, bisa menjadikan rumput jenis sintetis sebagai pilihan untuk lantai taman.

- Bukan hanya bisa digunakan untuk lantai, rumput sintetis juga bisa diaplikasikan pada area-area yang biasanya susah untuk pengaplikasian rumput alami, seperti pada area dinding rumah lho. Karenanya rumput sintetis juga banyak digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik hunian.

- Lebih ramah lingkungan karena hemat air, bahan bakar motor, pestisida serta bahan-bahan kimia lainnya. Sehingga biaya perawatannya pun lebih hemat dibanding rumput alami..

Rumput Alami

- Karena rumput alami merupakan tanaman asli, jadi pengaplikasikan rumput alami pada taman rumah bisa memberikan tambahan oksigen.

- Rumput alami bisa meminimalkan suhu panas, jadi taman yang menggunakan rumput alami akan terkesan lebih segar.

- Membutuhkan air, pupuk atau pestisida dalam proses pemeliharaannya agar tetap hidup dan tumbuh dalam kondisi baik.

- Meski biaya pemasangannya relatif cukup murah, namun membutuhkan perawatan yang lebih intens dan biaya lebih banyak dibanding rumput jenis sintetis.

- Kurang cocok untuk pengaplikasian dalam ruangan, karena membutuhkan sinar matahari.

- Jika tidak dirawat dengan benar bisa membuat permukaan taman yang menggunakan rumput alami terasa tidak rata.

Jika dilihat dari beberapa poin tersebut, rumput sintetis memang cenderung punya lebih banyak kelebihan dibanding rumput alami. Kalau menurut kalian, mana nih yang lebih cocok untuk hunian?

fungsi-mini-bar-di-dalam-rumah-1-696x1001

Seberapa Penting Sih, Fungsi Mini Bar Di Dalam Rumah Itu?

Keberadaan mini bar memang bukanlah hal yang wajib di rumah ala Indonesia. Namun meski begitu, belakangan ini konsep mini bar mulai banyak diterapkan pada konsep rumah minimalis di Indonesia. Pasalnya, beberapa fungsi mini bar menjadi pertimbangan tersendiri oleh para pemilik rumah. Tapi seberapa penting sih, fungsi mini bar di dalam rumah itu? Yuk, temukan jawabannya di dalam uraian berikut ini!

Karena bentuknya kecil, fungsi mini bar di dalam rumah itu bisa menggantikan meja makan

Memang tidak harus membuat sebuah mini bar di dalam rumah, tapi jika rumah kalian memang berukuran kecil dan luasnya terbatas, fungsi mini bar di dalam rumah kalian bisa berubah menjadi meja makan. Apalagi untuk gaya desain rumah minimalis, adanya mini bar dapat membantu memaksimalkan space rumah agar lebih leluasa. Udah gitu kalau ada mini bar, kalian tak harus membeli meja makan dan menyiapkan ruang makan khusus lagi kan?

Sesuai untuk suasana rumah yang modern dan santai

Salah satu fungsi mini bar di dalam rumah itu adalah untuk memunculkan suasana modern dan santai, yang bisa jadi salah satu healing spot dalam hunian. Agar lebih mewah dan elegan, kalian bisa memilih penggunaan bahan atau material yang juga disesuaikan dengan konsep dapur. Umumnya, bahan atau material yang dapat digunakan untuk mini bar antara lain adalah material kayu, besi ringan, baja ringan, beton, serta marmer. Kalian bisa menyesuaikannya kembali berdasarkan kebutuhan dan konsep yang diinginkan.

Kehadiran mini bar itu multi-fungsi banget loh

Selain karena memang fungsi mini bar di dalam rumah itu mampu menggantikan meja makan, tapi ternyata mini bar itu multi-fungsi loh! Jika dilihat dari segi desain, mini bar itu selalu memiliki laci-laci di bagian sisi bawahnya, sehingga mini bar juga bisa digunakan untuk menjadi tempat penyimpanan. Bisa jadi tempat menyimpan peralatan dapur, atau bisa juga digunakan untuk menyimpan bahan-bahan masakan dapur yang jenisnya kering seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dll. Letaknya yang berada di garis luar dapur pun, bisa membuat mini bar sekaligus berfungsi sebagai penyekat dapur dengan ruangan lainnya.

ciri-ciri-taman-rumah-tropis-wajib-tahu-3

Ciri-Ciri Taman Rumah Tropis Yang Wajib Diketahui

Desain hunian bergaya tropis memang jadi satu aliran gaya desain di Indonesia yang mulai banyak digemari selain gaya minimalis. Tentunya hal itu tidak terlepas dari iklim Indonesia yang sesuai untuk desain hunian bergaya tropis. Nah, supaya desain hunian tropis semakin kuat, jangan lupa untuk membuat desain taman rumah tropis juga. Jika belum tahu, apa saja syarat dari sebuah taman rumah tropis, ini dia ciri-ciri taman rumah tropis yang wajib kalian ketahui! Apa saja ciri-ciri dari desain taman rumah bergaya tropis? Mari sekalian, simak artikel berikut ini!

Pengertian dari taman rumah tropis

Gaya taman rumah tropis sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Hanya saja waktu itu budaya desain minimalis yang mendadak populer, membuat gaya desain tropis terlupakan. Namun karena di zaman sekarang, banyak orang yang peduli dengan lingkungan, maka gaya desain tropis yang ramah dengan lingkungan sekitar menjadi kembali populer.

Sehingga tidak ada salahnya kan, untuk membuat taman rumah tropis di rumah kalian masing-masing. Menurut pemahaman sederhana, taman tropis sendiri merupakan sebuah taman yang disesuaikan dengan iklim setempat. Karena dengan menyesuaikan iklim di tempat kita tinggal, merawat taman rumah tentu akan jauh lebih mudah.

Mengenal lebih dekat ciri-ciri taman rumah tropis

Menurut Basuki Triwidodo, seorang arsitek lanskap dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), bahwa ciri-ciri taman rumah tropis yang berada di Indonesia dapat diwakili dari penampilan taman Bali. Sementara itu, Ketua Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) DKI Jakarta Ir Bagus Tatang Dewantoro menyebut, bahwa ciri-ciri taman rumah tropis ialah taman yang rimbun. Taman rumah tropis sendiri merupakan, taman yang menggunakan banyak tanaman yang tidak terbatas sehingga lebih rimbun dan banyak bunga.

Jenis tanaman untuk taman rumah tropis

Karena prinsip rimbun, maka memilih jenis tanaman yang akan digunakan pada taman rumah menjadi hal yang wajib diperhatikan. Untuk di Indonesia, jenis tanaman mulai  jahe-jahean, pisang-pisangan, beringin, balancing, talas, palem, kelapa sawit, kacang hias, adenium, hingga anthurium bisa dipilih untuk menghiasi taman rumah kalian, lho!

Perhatikan juga elemen jalan setapak dan unsur air pada taman tropis

Elemen jalan setapak pada taman tropis biasanya menggunakan batu-batuan alam, seperti batu kali, batu tempel, maupun kerikil. Sehingga taman yang ingin ditampilkan mampu tampil harmonis dengan jenis tanaman yang ada. Biasanya pula sebuah taman tropis dihiasi sebuah kolam dengan ciri yang sangat kental dengan nuansa alami. Kolam pun dapat diisi ikan-ikan dan dihiasi tanaman air yang khas tropis. Tanaman yang bisa menghias kolam pada taman tropis, seperti teratai, kala lili (water lily), pontederia, atau tanaman ilalang air.

Inilah Tips Memakai Warna Pastel Untuk Interior Rumah Anda

Banyak sih yang bilang jika, warna hunian yang cerah itu bagus untuk psikologis sang pemilik rumah. Kenapa bisa begitu? Karena penggunaan warna cerah yang terang, secara psikologis lebih bisa memancing perasaan bahagia. Nah, tapi gimana kalau sang pemilik rumah ingin menggunakan nuansa warna pastel untuk huniannya? Adakah tips memakai warna pastel di interior hunian, yang bisa dicoba? Yuk, simak ulasan sekaligus tips dan trik jitunya berikut ini!

Tips memakai warna pastel di dalam rumah bisa disiasati dengan pemakaian pola geometris

Satu tips memakai warna pastel di dalam rumah kalian, bisa disiasati dengan pemakaian pola-pola geometris untuk memunculkan kesan menarik dan atraktif. Desain lantai yang bermotif tidak lagi sekedar sebuah warna yang bercampur, namun juga warna tersebut berada pada bentukan geometris yang memperlihatkan garis-garis tegas namun dengan warna yang lembut. Nah, perpaduan tersebut akan terasa cantik dan memperlihatkan kesan modern di dalam ruangan.

Penggunaan warna pastel yang dikolaborasikan dengan material kayu

Warna pastel akan tampil lebih maksimal jika dipadukan dengan berbagai macam perabotan ataupun material yang menenangkan. Dengan kesan lembutnya, tentu saja kolaborasi dengan material kayu sangat menyenangkan. Apalagi material kayu sangat cocok dengan warna pastel, maka dari itu pemilihan kayu sebagai material lantai ataupun dinding harus diperhatikan. Misalnya saja warna pastel kuning akan cocok dengan warna dari kayu mahogany ataupun coklat gelap dari kayu karena tampil kontras namun tetap indah.

Warna pastel bisa jadi warna utama atau warna aksen untuk ruangan

Di dalam mendekor ruangan di dalam rumah, warna pastel tidak selalu harus menjadi warna utama di dalamnya. Tidak selalu semua warna dalam ruangan harus memiliki warna yang sama. Tampilkan warna pastel sebagai warna utama akan memberikan kesan menonjol dalam ruangan, namun menjadikannya sekedar aksen dari warna dominan lainnya juga menjadi hal yang menarik pada interior ruangan. Misalnya saja menggunakan kursi atau peralatan dapur berwarna pastel di dalam dapur dengan dominan warna putih. Aksen warna pastel tersebut pastinya akan menarik perhatian, karena tampil menonjol di antara warna dominan putihnya.

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek