Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Trik Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Karena berbagai alasan kita perlu melakukan penataan kembali rumah yang kita tinggali. Sebagian orang melakukannya untuk menghilangkan kebosanan, monoton, atau tampilan yang usang. Sebagian yang lain ingin menciptakan kesan baru bagi kerabat yang berkunjung atau merayakan sebuah peristiwa penting dalam keluarga. Banyak cara untuk menciptakan suasana baru pada ruang. Mengolah elemen pembentuk langit-langit, dinding atau lantai, menata ulang perabot, mengubah atau menambah dekorasi  atau memberi warna baru.

Perubahan suasana juga tak berarti harus membeli perabot baru atau dekorasi baru. Menggunakan yang sudah ada bahkan menggunakan kembali barang yang tak terpakai pun layak saja dilakukan . Sedikit kreativitas dapat mengubah visual dari barang dan ruang  dengan tampilan baru yang lebih menarik.

*Sesuaikan material : jenis material berpengaruh terhadap pembentukan ruang. contohnya untuk menciptakan suasana baru yang hangat lantaipun dapat dilapisi karpet atau menggantinya dengan lantai kayu.

* Ganti warna :  mengganti warna dipandang sebagai cara praktis untuk mengubah suasana ruang. Sapuan warna baru pada sebagian kecil atau bahkan sebagian besar ruang dan isinya dapat mengubah kesan dan suasana. Warna mampu memberi jiwa pada ruangan  yang kosong dan dingin. Warna dapat memberi kesegaran.

* pilih motif : pilihan motif yang tepat dapat digunakan untuk menutupi kekurangan pada ruang . Misalnya motif garis vertikal akan mengesankan ruang yang pendek  menjadi terkesan lebih tinggi  dan sebaliknya motif horizontal akan membuat ruang terkesan lebih lebar.

* Permainan tekstur : dalam desain tekstur sering digunakan untuk menciptakan sensasi. Tekstur dirasakan karena adanya interaksi antara obyek dan indra peraba dan penglihatan. Secara visual tekstur ringan, tipis, dan halus memberi kesan ruang yang lebih besar. Sebaliknya tekstur berat memberi kesan ruang menjadi sempit.

* Olah cahaya : mengolah cahaya menjadi salah satu cara untuk mengubah suasana. Kesan suram dapat diubah dengan menghadirkan cahaya putih yang terang. Cahaya putih dapat memberi kesan luas pada ruang. Untuk mengganti suasana ruang tidur menjadi lebih hangat ganti pencahayaan general menjadi pencahayaan setempat. Pilihan warna kuning akan memberi suasana hangat dan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek