Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Cara Mudah Atasi Dak Beton Yang Rembes

Tips Cara Mudah Atasi Dak Beton Yang Rembes

Tips Cara Mudah Atasi Dak Beton Yang Rembes

Dak pada rumah terkadang jika tidak di perhatikan dengan baik kualitas material dan pembuatan nya pasti akan mudah rembes. Dengan retakan pasti kamu akan repot karena akan menambah biaya untuk perbaikan. Olah kerena itu harus di perhatikan cara pemilihan material dan pembuatan nya. Dalam artikel ini kita akan memberikan .

Bagaimana membuat dak beton anti rembes, berikut ulasannya

MENCEGAH DAK BETON REMBES

  • Gunakan material (semen, pasir, kerikil) berkualitas, campur dengan rasio ideal 1:3:5.
  • Lakukan pengadukan dengan benar agar tercipta adonan dengan kekentalan seragam.
  • Cor beton dengan ketebalan yang tepat (±15-20 cm), dan dengan sudut kemiringan 3-5% ke satu arah tertentu. Pengecoran harus dilakukan sekali jadi.
  • Coran beton harus dikondisikan tidak mengering terlalu cepat agar pengerasan secara kimiawi berlangsung sempurna. Misalnya menutup beton dengan terpal atau menyiramnya dengan air. Jika kering terlalu cepat, beton berisiko mengalami retak-retak rambut.
  • Dak beton harus dilapisi bahan waterproofing untuk mengurangi tingkat absorpsi terhadap air.
  • Pengecatan akhir menggunakan cat bersifat waterproofing yang sesuai untuk dak beton.

 

MENGATASI DAK BETON REMBES/BOCOR

Jika dak beton mengalami rembes/bocor, tindakan paling cepat dan mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah memoles permukaan beton dengan plesteran serta disempurnakan dengan bahan waterproofing.

  • Mula-mula periksa seluruh permukaan dak beton untuk menemukan bagian penyebab rembes, yang biasanya ditandai dengan kondisi retak-retak rambut atau keropos.
  • Bersihkan bagian tersebut dari lumut dan segala kotoran. Untuk mempermudah, gunakan alat bantu seperti kape/scraper, sikat kawat, dsb.
  • Aplikasikan bahan waterproofing pada bagian retak/keropos.
  • Saat bahan waterproofing dalam kondisi masih basah, tempelkan kain kasa atau serat fiber pada bagian yang retak. Lalu, sambil ditekan poleskan lagi bahan waterproofing di atasnya. Ulangi pelapisan kain kasa/serat fiber dan bahan waterproofing sebanyak 3-4 kali.
  • Untuk hasil lebih maksimal, aplikasikan plesteran pada beton yang telah di-waterproofing tersebut hingga mencapai ketebalan sekitar 3-4 cm. Campur adukan plesteran dengan bahan waterproofing atau gunakan mortar khusus bersifat waterproofing yang tersedia di pasaran.
  • Pada sambungan dak beton dengan material berbeda, misalnya dengan roof drain berbahan PVC/galvanis atau pada lubang-lubang, lakukan grouting—mengaplikasikan mortar dengan cara injeksi. Gunakan mortar khusus bersifat
  • Jika hendak dicat, gunakan jenis cat bersifat waterproofing yang sesuai untuk dak beton.
  • Lanjutkan perbaikan dengan beton bagian bawah yang terdapat di bagian dalam rumah. Jika bukan plafon beton ekspose bagian bawah beton tentu terdapat di atas plafon. Pertama, bersihkan bagian yang rembes tersebut dari jamur dan segala kotoran. Aplikasikan bahan anti jamur dan/atau pelapis penghilang noda atau cat dasar. Aplikasikan cat pelapis akhir.
  • Jika perlu, setelah semua tindakan pelapisan ulang selesai dan atap sudah kering sempurna, lakukan pengujian dengan cara menggenangi atap dengan air minimal selama sehari semalam. Untuk sementara waktu, hindari pekerjaan di atas dak beton seperti pengeboran, pemasangan keramik, dsb.

Untuk rembes/bocor pada sebagian besar permukaan atap yang relatif luas, bahan waterproofing berbentuk membran/lembaran dapat menjadi alternatif yang efisien. Pada prinsipnya pilihlah bahan waterproofing berkualitas yang sesuai dengan struktur beton; dan kerjakan pada waktu yang tepat, yaitu saat udara cerah agar proses pengeringan berlangsung dengan baik (DK)

 

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber Referensi : jagobangunan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek