Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Pembuatan Basement

Basement adalah bagian dari sarana sebuah gedung bertingkat tinggi. Tidak mungkin sebuah gedung tinggi dibangun tanpa adanya basement. Adanya basement tentunya akan ada penggalian tanah.  Bagian ini yang biasa terjadi dan merupakan langkah awal berdirinya sebuah gedung tinggi. Umumnya luas lantai basement menghabiskan  areal tanah yang ada. Lantai basement  biasanya dimanfaatkan untuk : balancing gedung di atasnya, ruang parkir kendaraan, ruang pengelola, pendukung utilitas gedung.

Permasalahnnya :

*Tuntutan akan basement yang berlapis- lapis membuat galian semakin dalam. Keadaan ini akan menuntut struktur dinding penahan tanah dan penunjangnya harus kokoh.

* Kondisi tanah yang umumnya lunak di bagian atas biasanya akan menimbulkan beban lateral yang lebih besar ke dinding penahan tanah.

* Muka air tanah yang relatif tinggi menyebabkan pekerjaan de-watering tidak dapat dihindari. Pengurasan air tanah akan lebih dalam paling tidak 1-2 meter di bawah permukaan galian dasar sesuai rencana

* Ada bangunan tinggi di sekitar area proyek yang bila dilakukan pengurasan pada galian tanahakan terjadi penurunan muka air tanah di sekeliling proyek. Akibatnya keseimbangan tegangan efektif tanah di bawah bangunan di sekitarnya akan terganggu.

* Adanya perbedaan sifat tanah akan terjadi pula perbedaan pelaksaan pondasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek