Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal fungsi Dan Cara Pemasangan Ring balok pada Bangunan

johandstructure

Mengenal fungsi Dan Cara Pemasangan Ring balok pada Bangunan

pada sebuah bangunan rumah pasinya tidak terlepas dari berbagai komponen pendukung yang menjadi kekuatan pada suatu bangunan untuk tetap berdiri tegak dan kokoh, sehingga bangunan bisa bertahan lama.

sebelum nya kita sudah membahas mengenai kolom dan slop yang menjadi komponen paling penting pada sebuah bangunan, dalam artikel ini kita akan membahas ring balk atau ring balok merupakan sebuah struktur bangunan yang terletak pada bagian atas dinding dan menjadi tumpuan dari kerangka atap. dan ring balok berfungsi untuk mengikat dinding satu dengan dinding yang lainnya. pada umumnya kontur ring balk di buat mirip seperti kontur pada sloof.

Mengenal fungsi Dan Cara Pemasangan Ring balok pada Bangunan

carasatu.web.id

umumnya di indonesia ring balok di pasang dengan keinggian di atas tembok denga ukuran 3 meter atau 3,5 meter. sedangkan di luar negri ring balk di pasang di ketinggian 4.5 meter di atas tembok. ring balk ini merupakan kerangka utama untuk penompang rangka atap dan menyalurkan tekanan nya ke setruktur lain yang ada di bawahnya. jadi untuk pembuatan ring balk di usahakan menggunakan material dengan kualitas yang baik agar lebih tahan lama dan bisa berdiri kokoh.
selain untuk penompang tekanan utama dari rangka atap, dengan tinggi 20-30 cm ring balk juga berfungsi untuk sebagai sirkulasi udara. jika dari ring balk terlalu rendah maka udara yang ada di dalam bangunan akan terasa panas.

 

besi untuk ring balok

untuk membuat ring balok kamu bisa menggunakan besi dengan ukuran diameter 12 milimeter sebagai tulangan utamannya. besi utama pada slop ini terdiri dari 4 buah yang di buat berjahar membentuk kotak di yang di letakan di masing-masing sudut. dan di satukan menggunakan begel dengan ukuran 8 milimetre dengan jarak antar begel yaitu 15 centimeter .

teknik pemasangan ring balok

posisi ring balok di pasang pada bagian atas setelah pemasangan dinding batu bata atau tembok pada rumah. berbeda dengan sloof seperti yang sudah kita jelaskan di atas. ring balok berfungsi sebagai tumpuan konstruksi kuda-kuda dan pengikat pasangan dinding bagian atas agar bangunan menjadi lebih kuat. karena memiliki posisi di atas pemasangan ring balok ini di kerjakan setelah pekerjaan dinding selesai. peletakan ring balok haris tepat kerana fungsi nya sangat penting sebagai tumpuan atap. jika salah-salah dalam meletakan posisi ring balok maka akan fatal nantinya. lakukan pemasangan dengan teliti.sebelum melakukan pengecoran. terkadang terdapat tulangan yang tidak pas ketika di letakan. hal ini bisa membuat bangunan menjadi tidak kokoh. pada bangunan rumah. ukuran ring balok yang bisa di gunakan yaitu 15/20 yaitu dengan lebar 15 cm dan tinggi 20 cm. sedangkan tulang utama yang di gunakan yaitu tulangan dengan ukuran 12 milimetr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + = 15

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek