Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Memanfaatkan Air Hujan

Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini menyebabkan banyaknya genangan air di sekitar pekarangan rumah. Penyebabnya bisa karena daya serap tanah kurang, saluran air tersumbat, dll. Tetapi hal ini bisa dikurangi dengan mengelola air hujan yaitu dengan cara membuat lubang biopori, taman hujan, tidak menutup semua permukaan tanah dengan beton, dan mmbuat tampungan air bawah tanah bisa secara individu maupun kelompok. Pemanfaatan air hujan yang baik bisa digunakan untuk membersihkan kendaraan, area carport, pagar rumah, dll. Jika membutuhkan sumber air tanah, air hujan bisa dijadikan stok air di dalam tanah, sehingga sumur tidak mudah kering. Untuk memanfaatkan air hujan dalam jangka panjang, air hujan yang berlimpah ditampung sebagian  sesuai dengan kapasitas  dan kemampuan. Misal dengan taman berukuran 3×3 meter, maka pemanfaatan area tanah cukup minimal 1-1,5 meter sebagai bak penampung air. Sisanya bisa dipadukan dengan memperbanyak lubang biopori kedalamannya disesuaikan minimal 1 meter.

Anda bisa membuat lubang biopori di atas taman . Pada permukaan taman bisa dibuat cantik  namun memilki daya serap tinggi . Juga usahakan tidak mebuat beton pada area pekarangan. Penggunaan paving blok lebih disarankan karena lebih  ramah lingkungan. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat bak atau tangki air bawah tanah untuk menyimpan air hujan. Pengerjaannya mirip seperti pembuatan septic tank. Hanya saja kita tidak perlu lapisan-lapisan penyaring air  cukup bak dengan dinding beton di semua sisi dan membiarkan bagian alasnya berupa tanah tanpa harus dibeton. Bagian alas yang tidak dibeton diharapkan memudahkan air menyerap ke dalam tanah. Untuk membuatnya kita tinggal menggunakan material yang sudah jadi seperti memanfaatkan material untuk gorong-gorong atau saluran air . Bentuknya berupa tabung beton yang tersedia dalam beberapa ukuran diameter. tetapi apabila areanya terbatas kita bisa membuatnya secara bersama-sama yaitu dengan memakai lahan terbuka yang tidak terpakai yang disediakan pengembang . Pengelolaan air hujan akan menjadi manfaat dikemudian hari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek