Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Dasar Mendesain Interior

Dasar Mendesain Interior – Bagaimana rumah anda dikategorikan well designed? Berikut beberapa panduan mendesain interior rumah sehingga tercapai tujuan mendesain interior:

* Mengetahui fungsi ruang

Setelah mengenal karakter dan gaya hidup pemilik rumah, mulai pikrkan fungsi ruang per ruang. Ini bertujuan untuk menentukan furnitur apa yang akan dipilih, aktifitas apa yang akan terjadi, formal ataui nformal fungsinya dan seberapa sering ruang itu akan dipakai.

* Mengenal bentuk ruangan

Bentuk ruangan akan mempengaruhi pemilihan  furnitur . Misalnya ruang makan yang berbentuk persegipanjang akan cocok diletakkan meja makan yang berbentuk oval atau  persegi panjang. Semakin kita mengenal bentuk ruangan semakin kita mampu merencanakan peruntukannya hingga ke sudut ruangan sehingga memaksimalkan kegunaannya.

*Menentukan gaya

Menentukan gaya adalah  bagian yang paling  menarik dalam mendesain interior rumah. Masing-masing orang pasti mempunyai kesukaan ang berbeda-beda. Ada yang suka klasik, modern, retro, minimalis atau tradisional. Cocokkan saja gaya yabg anda buat dengan karakter si penghuni atau anda sendiri.

* Menyesuaikan anggaran

Banyak desain rumah yang tak terwujud karena kendala biaya. Karena itu, pintar-pintarlah memilah material, mebel dan finishing yang sesuai dengan dana. Pastikan dana yang cukup untuk interior tersebut. Jika terlanjur memilih gaya modern sementara budget anda terbatas, anda bisa geser sedikit ke gaya modern funky, artinya dengan gaya tersebut anda tak terikat keharusan jenis mebel atau finishing. mebel lama bisa bersanding dengan gaya modern impian anda.

* Memilih material

Setelah mengetahui fungsi, bentuk ruang dan gaya pilihan serta anggaran selanjutnya anda mencari material apa yang selaras dengan keempat hal di atas. Pastikan agar material juga tidak merusak fungsi ruangan atau gaya interior. Pilihan warna sebaiknya disesuaikan. Jika ada kesulitan carilah bantuan tenaga profesional untuk memilih material yag sesuai.

Menentukan pencahayaan

Pencahayaan bagi interior rumah merupakan bentuk penonjolan keindahan ruangan. Pertimabngkanlah pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. yang lebih penting bagaimana efek cahaya dan desain lampu dapat menunjang gaya interior rumah anda.

* Memberi sentuhan akhir

Sentuhan akhir adalah bagian yang terakhir tetapi tidak bisa disepelekan. Sentuhan akhir meliputi tirai atau kelambu, pajangan di dinding, atau di atas meja, karpet serta bantal-bantal sofa serta yang paling penting adalah menata furitur dan upholsterynya

Nah selamat mencoba..cheeerrs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek