Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tag Archives: rumah modern

pagar-tanaman-696x392

5 Jenis Tanaman Pagar Untuk Halaman Rumah

Jenis pagar yang paling ramah lingkungan adalah pagar hidup alias pagar tanaman. Dengan pagar jenis ini, niscaya biaya pembuatannya pun lebih hemat. Pagar juga bisa tahan lebih lama, tidak retak, tidak patah, dan tidak berkarat, selama pemilik rumah bisa merawat pagarnya.

Pagar hidup memang sudah semakin jarang digunakan. Bisa jadi karena kurang mampu melindungi rumah, sehingga pemilik lebih senang menggunakan pagar tembok yang tinggi. Atau juga karena tingkat kesibukan yang tinggi, sehingga dikhawatirkan tidak bisa merawat tanaman dengan baik. Padahal, pagar tanaman bisa menambah resapan air dan membantu membersihkan udara.

Bagi Anda yang berminat memiliki pagar tanaman, berikut ini jenis-jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pagar hidup.

1. Teh-tehan

Tumbuhan ini memang sekilas mirip denga teh, karena termasuk tanaman semak. Tanaman ini juga banyak ditumbuhkan untuk kemudian dipangkas dengan beragam bentuk, mulai bentuk kotak standard, bulat, spiral, sampai aneka binatang. Tanaman ini memang sangat mudah dibentuk dan bisa melindungi rumah dengan penanaman yang cukup rapat. Perawatan tanaman ini cukup mudah, cukup dengan disiram secukupnya setiap hari.

2. Duranta repens (pangkas)

Tanaman ini kerap disebut juga dengan Anak Nakal. Duranta repens sangat mudah tumbuh dan sering kita temui di halaman rumah atau taman umum. Umumnya memang digunakan sebagai tumbuhan pembatas ground cover dan hanya setinggi 20cm-an. Duranta repens terdiri atas 2 warna, warna hijau dan hijau kekuningan. Kelemahannya adalah jika sudah tumbuh lebih dari 75 cm, maka bagian bawah tidak lagi bercabang dan berdaun, jadi terkesan ada lubang di pagar. Untuk memperbanya, bisa dengan stek.

3. Bunga soka

Bunga soka juga lebih banyak digunakan sebagai hiasan taman. Padahal, bunga ini akan sangat cantik jika dijadikan pagar dengan bunga-bunganya yang berwarna merah. Soka juga termasuk tumbuhan perdu dan mudah dipangkas. Soka perlu disiram secara rutin dan diberi kompos paling tidak sebulan sekali. Tambahkan vitamin jika mulai enggan berbunga

4. Beluntas

Beluntas selain bisa dijadikan obat-obatan herbal dan jamu, juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar pekarangan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh bahkan tanpa perawatan khusus. Namun, untuk memiliki tampilan yang rapi, perlu dipangkas setidaknya sebulan sekali.

5. Bunga sepatu

Selain bunga soka, tanaman berbunga yang bisa dijadikan pagar hidup adalah tumbuhan bunga sepatu. Tanaman ini juga menyukai sinar matahari. Pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos dilakukan sebulan sekali dengan takaran 200 gr/tanaman. Untuk memperbanyak atau mengembangbiakkannya, bisa dilakukan dengan pencakokan. Pada awal tanam, siapkan lubang sedalam 20 cm.

Manakah yang Anda pilih sebagai tanaman pagar? Jangan lupa juga bahwa tanaman yang rimbun dan perdu akan mengundang beberapa jenis binatang untuk bersarang, seperti ulat dan ular. Jadi, pastikan Anda selalu melakukan ‘razia’ rutin pada pagar tanaman tersebut. Selamat berkebun!

pilihan-warna-kamar-tidur-buat-kamu-yang-susah-tidur-6-696x771

Ini Dia Nih, Pilihan Warna Kamar Tidur Buat Kamu Yang Susah Tidur

Punya warna favorit untuk kamar tidurmu? Eits, tunggu dulu, karena tidak semua warna cat untuk kamar bisa mendatangkan kualitas tidur paling baik, maka ada beberapa pilihan warna yang harus diperhatikan. Jika kalian mau tertidur pulas setiap malam, coba deh pakai pilihan warna kamar tidur, berikut!

Pilihan warna kamar tidur untuk pribadi yang kalem

Pilihan warna kamar tidur yang akan pertama dibahas adalah untuk kalian yang punya kepribadian kalem. Dan pilihan warna bagi si kalem yang pas adalah warna hijau muda.

Apalagi warna hijau muda adalah tone warna yang dekat dengan alam. Aplikasi warna hijau muda dalam kamar tidur pasti akan mengingatkan kalian akan hamparan kebun atau permadani rerumputan yang alami. Sehingga, warna ini pas banget dipilih untuk mengisi kamar tidur kalian, memberikan jeda yang pas di tengah kesibukan kehidupan modern yang berbau teknologi. Otomatis, warna ini akan berpengaruh pada kualitas tidur juga, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Warna biru untuk pribadi yang simpel

Untuk pribadi yang simpel, nuansa warna biru muda yang pucat bisa jadi pilihan warna kamar tidur yang tepat, lho! Pilihan warna kamar tidur pakai nuansa biru muda yang pucat ini, memang identik dengan warna langit yang adem.

Memilih biru pucat sebagai warna cat untuk kamar juga bisa dikaitkan dengan warna air atau outdoor yang sejuk. Tidak heran jika biru pucat bisa menjadi warna cat untuk kamar sekaligus kunci untuk tidur nyenyakmu.

Warna beige yang trendi

Memilih  warna beige untuk menghiasi kamar tidur, ternyata juga cocok. Soalnya warna beige menawarkan nuansa netral yang kalem. Nuansa warnanya yang condong terhadap palet warna tanah, jerami dan unsur alam lainnya, akan memberikan sebuah pancaran energi yang hangat dan indah di setiap sudut kamar tidur yang menemani istirahatmu.

Lavender memberi kesan manis namun nyaman

Suasana tidur yang nyaman dan tenang tentu menjadi dambaan semua orang. Sehingga memilih warna pengisi kamar tidur pun, benar-benar harus memilih tone warna yang tepat, supaya ketika tidur kalian bisa mendapatkan ketenangan yang diinginkan.

Memilih warna lavender mungkin tidak biasa bagi sebuah kamar tidur. Namun ternyata warna lavender yang manis ini, cocok juga untuk membantu kalian merasa lebih nyenyak ketika sedang tidur.

Pilihan warna putih untuk kesan ruangan yang klasik

Nuansa warna putih dalam kamar tidur, memang juara deh! Tidak ada yang bisa mengalahkan pesona warna putih, kalau berbicara efek menenangkan ketika tidur.

Warna putih pasti akan membuat kamar tidur tampil bersih, segar dan nyaman. Apalagi jika didesain minimalis, dijamin deh, tidur kalian makin nyenyak!

menciptakan-ruang-keluarga-yang-ramah-anak-696x470

Ingin Menciptakan Ruang Keluarga Yang Ramah Anak? Nih, Tips Dan Triknya!

Memang tidak semua rumah memiliki penghuni anak-anak. Namun dengan kehadiran anak-anak dijamin deh, suasana sebuah hunian akan terasa lebih hidup! Oleh karena itu, supaya anak-anak bisa dengan nyaman bermain di dalam rumah khususnya ruang keluarga, yuk coba menciptakan ruang keluarga yang ramah anak. Caranya gimana? Jangan khawatir, berikut tips dan triknya!

Membuat dekorasi ruang keluarga yang ramah anak

Sebuah tantangan untuk mempertahankan ruang keluarga yang tetap stylish, di tengah kehidupan kalian bersama anak. Tapi dengan menerapkan gaya yang tepat, menciptakan desain serta dekorasi ruang keluarga yang ramah anak, itu mudah banget!

Prinsip pertama untuk membuat dekorasi ruang keluarga yang ramah anak, manfaatkan saja hasil karya anak-anak, untuk jadi pajangan dinding di ruang keluarga. Selain menjadi hiasan dekoratif, memajang hasil karya anak juga adalah sebuah cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Meletakkan mainan favorit anak, jadi langkah berikutnya untuk menciptakan ruang keluarga yang ramah anak

Karena dunia anak-anak itu dekat dengan bermain, tidak ada salahnya juga ketika kalian ingin menciptakan ruang keluarga yang ramah anak itu dengan cara, meletakkan beberapa mainan favorit anak di dalamnya.

Namun tetap biasakan pada diri anak, untuk selalu membereskan mainannya sendiri ketika selesai bermain. Hal itu harus dilakukan supaya ruang keluarga ga berantakan, ketika ada kerabat atau sahabat datang berkunjung.

Gunakan material sofa yang aman untuk anak-anak

Aktivitas anak-anak yang sangat gemar bermain memang harus ditunjang dengan cara, menggunakan bahan-bahan material dekorasi yang aman untuk anak-anak.

Misalnya dalam pemilihan sofa di ruang keluarga nih, perlu diperhatikan jenis kain pelapis sofa yang tahan noda, tahan cakaran, dan tetap lembut di kulit anak-anak yang masih sensitif.

Jenis kain pelapis yang ramah dan aman untuk kulit anak-anak adalah, slip-covered, denim, atau kain sunbrella. Sebagai tambahan, pemilihan warna gelap atau bold dapat menjadi opsi yang baik, mengingat warna gelap tidak cepat kotor.

Pilih furniture yang tidak bersudut tajam

Mungkin hampir semua orang tua pernah mengalami peristiwa dimana buah hatinya jatuh,  dan bagian kaki atau tangannya mengenai pinggiran meja yang tajam. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, dianjurkan untuk memilih furniture meja dan kursi di ruang keluarga yang tidak memiliki sudut-sudut tajam untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Pilih aja desain coffee table yang bentuknya bulat, dan kursi bulat ala bean bag yang lucu, empuk dan punya sudut yang tumpul.

Menyediakan dinding kreativitas untuk anak-anak

Sebuah rumah tanpa kehadiran anak, mungkin akan terasa tenang dan damai. Karena seringkali atau bahkan setiap kali, anak-anak pasti membuat kekacauan. Entah membuat lantai kotor terkena lumpur, atau sofa dan dinding yang penuh dengan coretan. Tapi memang seperti itulah wajarnya anak-anak.

Makanya, menyediakan dinding kreativitas untuk anak-anak berkreasi di dalam ruang keluarga itu penting banget!

fakta-tentang-teras-rumah

Fakta Tentang Teras Rumah Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Teras merupakan penghubung atau area penyambung antara area luar rumah dengan area dalam rumah. Berada di area luar rumah pintu utama rumah, teras biasanya juga dinaungi dengan atap. Selain itu area teras juga umumnya memiliki dinding pembatas. Tapi selain beberapa poin singkat tersebut, sebenarnya ada beberapa fakta tentang teras rumah yang mungkin belum kalian ketahui.

Letaknya Tak Harus Di Area Depan Rumah

Umumnya, teras rumah memang terletak di area depan rumah nih. Tapi, tak menutup kemungkinan posisi teras juga bisa berada di belakang atau samping rumah. Biasanya teras yang terletak di bagian belakang atau samping rumah itu selain bermaksud memanfaatkan area yang kosong secara maksimal, konsep teras itu juga lebih menjaga privasi dibanding teras yang letaknya di bagian depan rumah.

Menerima Tamu Tak Harus Selalu Di Ruang Tamu Lho

Menerima tamu di teras rumah juga tak kalah seru dan menyenangkan dibanding menerima tamu di dalam ruang tamu lho. Selain suasananya lebih segar, percakapan pun bisa mengalir lebih hangat sambil menikmati pemandangan di depan rumah. Biasanya menerima tamu di teras rumah juga cocok bagi kalian yang memiliki rumah mungil. Tapi konsep menerima tamu di teras rumah ini akan lebih maksimal jika kalian memiliki teras yang memang didesain senyaman mungkin. Jadi usahakan untuk mendesain dan mendekorasi teras rumah senyaman dan secantik mungkin ya supaya lebih menyenangkan untuk menerima tamu. Jangan lupa untuk memberi atap atau kanopi pada teras rumah, sehingga saat hujan, bagian teras tak terkena air.

Sebagai Wajah Rumah, Termasuk Fakta Tentang Teras Rumah Yang Perlu Diketahui

Keberadaan teras pada halaman rumah, bukan hanya karena untuk memanfaatkan area rumah yang kosong lho. Tapi juga sebagai wajah dari desain rumah. Keindahan fasad rumah salah satunya dipengaruhi oleh keindahan desain dan dekorasi teras rumah. Desain dan dekorasi tersebut juga seringkali dapat mencerminkan karakter pemilik rumah. Jadi keberadaan teras rumah juga cukup penting untuk diperhatikan bukan?

Teras Juga Bisa Jadi Tempat Yang Membuat Rumah Tampak Lebih Sejuk

Bukan hanya taman, area teras rumah juga dapat menjadi tempat untuk meletakkan berbagai tanaman. Sehingga rumah pun terkesan lebih nyaman dan sejuk. Bahkan tanaman-tanaman tersebut juga bisa jadi terapi jika sedang penat dan bosan. Tanaman rambat, tanaman hias atau pepohonan yang melindungi rumah dari terik matahari menjadikan teras rumah terkesan lebih rindang dan asri. Jadi kalian pun bisa melingkupi teras dengan berbagai tanaman.

jangan-sampai-ruang-keluarga-berantakan-696x928

Jangan Sampai Ruang Keluarga Berantakan, Karena Hal Ini Ya!

Seringkali kalian sembarangan dalam menaruh barang-barang di dalam ruang keluarga, bukan? Padahal, jangan sampai ruang keluarga terlihat berantakan! Karena kan ruang keluarga itu ‘jantung’ dari sebuah hunian. Jadinya wajib untuk ruang keluarga tampil menarik. Biasanya karena benda apa saja sih, yang membuat ruang keluarga berantakan? Temukan jawabannya di sini deh.

Jangan sampai tidak membereskan koleksi mainan

Mau di rumah itu tinggal anak kecil atau tidak, biasanya sih sangat lazim untuk sang pemilik hunian punya koleksi mainan. Dan karena saking asyiknya main dan berkumpul sama sahabat-sahabat dan juga anggota keluarga, tak heran koleksi mainan-mainan tersebut berserakan dan berantakan di lantai ruang keluarga, kan?!

Sehingga wajib nih, buat kalian untuk memiliki kebiasaan baik yaitu membereskan dan mengelompokkan koleksi mainan setelah digunakan bermain. Jika kebiasaan ini dilakukan dengan rutin, dijamin deh ruang keluarga terlihat lebih rapi.

Jangan sampai punya kebiasaan untuk menumpuk majalah di meja ruang keluarga

Terus nih, biasanya yang membuat ruang keluarga berantakan itu juga sering banget terjadi karena adanya tumpukan majalah-majalah di atas meja. Yang terus-menerus ditumpuk tapi tidak pernah dirapikan atau diatur di tempat yang lebih sesuai.

Padahal kan, tumpukan koleksi majalah milik kalian ini akan lebih rapi jika ditata di dalam rak khusus.

Terlalu banyak meletakkan perabotan di dalam ruang keluarga

Tidak hanya meletakkan barang-barang secara sembarangan saja yang menyebabkan, tampilan ruang keluarga pada hunian milik kalian terlihat berantakan. Ternyata terlalu banyak meletakkan perabotan atau furniture di dalam ruang keluarga pun, bisa membuat tampilan ruangan ini jadi terlihat sembarangan dan tidak rapi loh!

Pilih model furniture yang sesuai dengan kebutuhan saja, ya! Jangan sampai kalap ketika ada di toko furniture, sehingga membeli segala macam model furniture yang tidak kalian butuhkan.

Jadi mana nih, dari hal-hal di atas yang masih sering kalian lakukan ketika ada di rumah?

yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-mendesain-kamar-mandi-kecil-6

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendesain Kamar Mandi Kecil

Udah tahu belum kalian, jika ternyata saat akan mendesain kamar mandi kecil ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, lho! Kira-kira, apa saja ya, yang tidak boleh dilakukan saat mendesain kamar mandi berukuran kecil? Nih, penjelasannya buat semua.

Memberikan pembatas ruangan yang bersifat solid

Pembagian area basah dan area kering memang perlu dilakukan. Namun, kedua area tidak mesti dipisah dengan dinding atau sekat yang menutupi seluruh dinding. Penyekat yang bersifat solid seperti ini justru dapat memberikan kesan tertutup yang membuat kamar mandi kecil semakin terlihat sumpek.

Gunakanlah partisi ruangan dengan tampilan transparan seperti kaca agar kamar mandi kecil nampak lebih luas. Supaya tidak licin, pilih partisi kaca jenis tempered glass yang memiliki tekstur kasar pada permukaannya.

Memasang lampu di atas cermin

Tentu pemasangan cermin di dalam kamar mandi berukuran kecil itu penting. Sebab, dengan adanya cermin kondisi ruangan kamar mandi hunian yang kecil bisa dibuat menjadi sedikit luas. Namun ternyata ada hal yang tidak boleh dilakukan ketika kalian mendesain kamar mandi berukuran kecil ini, yaitu jangan sekali-kali memasang lampu tepat di atas cermin! Karena pencahayaan langsung yang dipasang di atas cermin dapat menghasilkan bayangan yang mengganggu.

Sehingga lebih baik, kalian memasang pencahayaan di kedua sisi cermin saja. Karena letak pencahayaan di sisi atau pinggir cermin ini akan menghasilkan pembayangan yang optimal, apalagi jika letaknya disejajarkan dengan letak mata manusia ketika sedang berdiri.

Meletakkan kloset tepat di depan pintu

Kemudian jangan sekali-kali kalian mendesain kamar mandi kecil dengan menempatkan kloset tepat di depan pintu kamar mandi. Karena selain letaknya yang tidak strategis, kloset di depan pintu ini juga mengganggu privasi loh! Kalau tiba-tiba pemilik rumah, lupa kunci pintu kamar mandi kan bisa berabe!

Makanya, letakkan wastafel di bagian depan pintu kamar mandi kecil. Sementara kloset bisa ditempatkan di samping pintu kamar mandi.

Menyatukan area basah dan kering menjadi satu

Satu lagi hal yang tidak boleh dilakukan ketika mendesain kamar mandi berukuran kecil adalah, menyatukan area kering dan basah. Jangan karena ukuran kamar mandi yang kecil kalian jadi tidak membagi area tersebut, karena menggabungkan kedua area tersebut menjadi satu bisa meninggikan resiko terjadinya kecelakaan, seperti jatuh dan terpeleset.

Karena saat area basah dan area kering disatukan, kondisi seluruh kamar mandi menjadi lembap dan licin. Dan kondisi seperti ini akan lebih cepat mengundang bakteri penyakit dan mempercepat kerusakan dinding, lantai, dan perangkat lain.

Melupakan lubang udara sebagai sumber sirkulasi

Meski ukuran kamar mandi di rumah kalian itu kecil, jangan sekali-kali melupakan hal yang satu ini deh! Mendesain kamar mandi kecil tanpa lubang udara atau jendela, tentunya jadi hal berikutnya yang tidak boleh dilakukan saat mendesain kamar mandi. Sebab, lubang udara di dalam kamar mandi itu sangat penting! Dengan adanya lubang udara atau bukaan di kamar mandi, dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di kamar mandi kecil.

Coba tengok ke kamar mandi kecil milik kalian, apakah ada kesalahan desain seperti ini? Kalau ada yuk, segera benahi!

bagian-dapur-yang-sering-lupa-dibersihkan-696x464

Bagian Dapur Yang Sering Lupa Dibersihkan Ini Kalian Wajib Tahu

Mengingat dapur adalah area rumah yang paling sering terkena noda serta kuman, maka tak heran jika kebersihan area ini sangat diutamakan. Meskipun tak jarang ada bagian dapur yang sering lupa dibersihkan. Wah, kalau ini sampai terlalu sering terjadi sih bahaya, sebab jika noda atau kotoran tersebut dibiarkan terlalu lama hingga menumpuk maka akan muncul bakteri penyakit. Nah, supaya hal ini tidak terjadi coba deh perhatikan 5 bagian dapur yang sering lupa dibersihkan berikut ini!

Tempat cuci piring nih biasanya jadi salah satu bagian dapur yang sering lupa dibersihkan

Tempat mencuci piring adalah salah satu bagian dapur yang sering lupa dibersihkan, nih! Seringkali kalian hanya sekedar membuang sisa makanan di dalam lubang tempat cuci piring, lalu membiarkannya. Jika kotoran tersebut dibiarkan saja, maka tak mengherankan jika bau tak sedap akan keluar dari sana.

Kalau hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan muncul kuman dan bakteri penyakit lho! Sehingga kalian harus segera membersihkan, area ini setelah kegiatan memasak selesai. Dengan menambahkan beberapa perasan air lemon dan sedikit campuran baking soda, keseluruhan area cuci piring akan tampil bersih dan mengkilap.

Sudut bagian atas kabinet dapur jangan lupa juga dibersihkan

Debu serta kotoran cicak dan hewan lainnya sering kali tertinggal pada sudut bagian atas kabinet dapur. Oleh karena itu, membersihkan bagian depan kabinet saja tak cukup, kalian juga harus membersihkan sudut-sudut bagian atas kabinet secara rutin agar kotoran-kotoran tersebut tak menumpuk.

Meski tak begitu terlihat jelas dan mengganggu keindahan dapur, namun jika dibiarkan terus-terusan akan memberi dampak tak baik bagi kesehatan bukan?

Membersihkan lampu hias yang ada di dapur

Berbagai bentuk lampu hias memang diaplikasikan untuk mempercantik dekorasi dapur. Namun akan sangat disayangkan jika tidak dijaga kebersihannya, kan?

Maka bersihkan lampu-lampu tersebut secara rutin agar debu tidak merusak keindahannya, dan menghalangi cahaya lampu yang terpancar.

Selesai beraktivitas memasak, jangan lupa untuk membersihkan kompor

Setelah melakukan aktivitas memasak, pasti kalian ga langsung membersihkan kompor kan?! Karena pada keburu makan dan menyantap makanan yang sudah dimasak.

Nah, supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya langsung bersihkan area kompor secara menyeluruh dari bagian sudut, atas dan juga bawah kompor. kalian bisa menggunakan campuran perasan lemon yang dicampur dengan baking soda,  baru kemudian dibersihkan dengan lap bersih.

Jangan lupa membersihkan tempat sampah

Membuang sampah yang ada di dapur bukan satu-satunya penyelesaian agar dapur tak kotor. Pasalnya membersihkan tempat sampahnya juga merupakan hal yang penting dan harus dilakukan dengan rutin mengingat bagian ini juga termasuk bagian dapur yang sering luput dibersihkan. Pastikan untuk membersihkan bekas-bekas kotoran pada tempat sampah yang ada di dapur, agar tidak membekas.

keunggulan-kayu-bengkirai-pada-sebuah-hunian-5-696x464

Keunggulan Kayu Bengkirai Pada Sebuah Hunian

Jenis-jenis kayu yang bisa digunakan untuk sebuah hunian ada bermacam-macam. Salah satunya adalah jenis kayu bengkirai. Dan kayu bengkirai ini merupakan salah satu jenis kayu populer. Dengan sederet keunggulannya, kayu bengkirai memiliki ketahanan yang prima dan dapat membuat hunian tampil lebih menawan. Lalu, apa lagi keunggulan kayu bengkirai lainnya yang bisa didapatkan dalam sebuah hunian? Kita cari tahu sama-sama, yuk!

Penjelasan soal apa itu kayu bengkirai

Kayu bengkirai kerap disebut juga dengan nama Yellow Balau. Jenis kayu yang satu ini banyak ditemukan di kawasan hutan tropis seperti di Kalimantan, serta di sejumlah wilayah di Filipina dan Malaysia. Fakta lainnya, kayu bengkirai juga dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter mencapai 120 cm. Memiliki karakter padat dengan warna khas kuning kecoklatan, kayu bengkirai dapat kering dalam waktu mulai 12 hari hingga 1 bulan lamanya pada suhu normal untuk diolah menjadi berbagai keperluan untuk hunian.

Terdiri dari berbagai macam tekstur seperti halus dan sedikit kasar, kayu bengkirai juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu bengkirai juga mempunyai bobot yang sedikit lebih berat ketimbang kayu jati. Meskipun kayu bengkirai memiliki potensi retak yang tinggi, namun kayu bengkirai dapat diperbaiki dengan mudah, kamu cukup menutupinya dengan dempul atau wood filler yang tidak akan mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri.

Keunggulan kayu bengkirai dirasakan karena pengolahannya mudah

Pengolahan mudah jadi satu keunggulan kayu bengkirai yang bisa kalian dapatkan dalam hunian. Meskipun bobot kayu bengkirai lebih berat dari kayu jati, namun kayu yang satu ini sangat mudah diolah. Kayu bengkirai dapat diserut, diukir dan dipotong dengan mudah sehingga menjadi favorit para pengrajin kayu untuk membuat berbagai produk eksterior seperti kursi ataupun meja yang khusus ditempatkan di luar ruangan.

Bisa membuat tampilan hunian jadi estetik

Keunggulan kayu bengkirai lainnya tampil dengan karakter warna kuning kecoklatan, memberikan kesan indah dengan nuansa natural yang alami dan tidak berlebihan. Bahkan kayu bengkirai ini sangat ideal untuk dikombinasikan dengan berbagai warna cat.

Selain itu, warna netral dari kayu bengkirai juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih estetik di berbagai gaya dan konsep hunian.

Kayu bengkirai harganya cukup ekonomis

Dengan ketahanan yang tak kalah dengan kayu jati, kayu bengkirai dijual dengan banderol yang jauh lebih ekonomis. Dengan harga mulai Rp 30.000 per batangnya dalam ukuran 6 cm × 12 cm x 400 cm, tentu kayu bengkirai menjadi solusi sempurna untuk kalian yang ingin menciptakan hunian berkonsep natural tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam.

Memiliki ketahanan yang baik dan tampilan yang sangat menawan, menjadi satu keunggulan kayu bengkirai. Sehingga kayu bengkirai merupakan material sempurna untuk dijadikan material eksterior hunian maupun perabotan khusus outdoor.

keunggulan-furnitur-rotan-696x429

Keunggulan Furnitur Berbahan Rotan Untuk Ruang Keluarga

Setiap kali ingin membeli furnitur untuk ruang keluarga, sudah sewajarnya kalau kita juga mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan tersebut bukan? Pasalnya furnitur tersebut bukan hanya akan digunakan untuk waktu 1 atau 2 hari, tapi furnitur itu akan digunakan untuk mengisi dan memenuhi ruang keluarga yang kita miliki dalam waktu yang lama. Termasuk jika kalian ingin memiliki furnitur untuk ruang keluarga, maka kalian juga bisa mempertimbangkan beberapa keunggulan furnitur berbahan rotan.

Pasalnya nih, dari berbagai jenis furnitur yang saat ini banyak dijadikan pilihan, furnitur dengan material rotan termasuk salah satunya yang cukup banyak diminati. Karena itu perlu diketahui juga beberapa keunggulan dari furnitur berbahan rotan sehingga dapat kalian jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Keunggulan Furnitur Berbahan Rotan Dari Segi Harga

Dibanding furnitur berbahan kayu solid atau kayu asli, furnitur dengan bahan rotan umumnya memiliki harga yang relatif lebih murah dan bersahabat lho. Jadi tak heran jika  faktor ini jadi salah satu faktor utama kenapa furnitur berbahan rotan pun cukup populer dan banyak diminati.

Pilihan Motifnya Pun Cukup Beragam

Dengan motif yang cukup beragam menjadi daya tarik dan kelebihan yang membuat furnitur berbahan rotan pun cukup diminati. Tak perlu takut tak sesuai dengan tema interior yang diterapkan pada ruang keluarga, kalian bisa memilih motif yang cukup beragam.

Bukan Hanya Motif, Modelnya Pun Beragam Kok

Kalau dibandingkan dengan furniture berbahan kayu solid, furnitur berbahan rotan umumnya memiliki karakter yang lebih dinamis dan fleksibel. Sehingga tak heran jika furnitur dengan bahan rotan bukan hanya punya banyak motif, tapi juga tersedia dan dijual dengan berbagai bentuk dan model. Mulai dari bentuk minimalis, bulat telur hingga bentuk-bentuk anyaman lainnya. Siapa sih yang tak tertarik dengan keunggulan ini?

Sifat Furnitur Berbahan Rotan Itu Ringan

Furniture berbahan rotan memiliki sifat yang relatif lebih ringan. Sehingga akan lebih mudah jika ingin dipindah-pindahkan tempat. Kesan ringan tersebut juga akan membantu penataan ruang keluarga yang sempit sehingga tak terkesan penuh.

Sisi Dekoratif Yang Baik

Furnitur dengan material rotan umumnya memiliki desain, model dan bentuk yang menarik dan cantik. Jadi tentu saja furniture berbahan rotan memiliki sisi dekoratif yang baik. Bisa digunakan sebagai salah satu elemen untuk mempercantik desain interior dan dekorasi rumah yang menarik deh.

Cocok Untuk Berbagai Desain

Furnitur dengan bahan rotan umumnya mudah disesuaikan dengan berbagai desain atau konsep tema yang diterapkan pada ruang keluarga lho. Mengingat pilihannya pun banyak, jadi tak menyulitkan kalian untuk mencari furnitur yang lebih sesuai dengan keinginan.

penyebab-kamar-mandi-tak-sehat-pada-hunian-1

Penyebab Kamar Mandi Tak Sehat Pada Hunian

Kamar mandi termasuk tempat yang paling mudah lembap dan basah di dalam area rumah. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di kamar mandi selalu berhubungan dengan air dan sabun, menjadikannya rentan ditumbuhi bakteri, jamur dan kuman penyakit. Sehingga supaya kita bisa menghindari hal ini terjadi, ada baiknya jika kalian mengetahui apa saja sih yang menjadi penyebab kamar mandi tak sehat pada hunian? Kamar mandi termasuk tempat yang paling mudah lembap dan basah di dalam area rumah. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di kamar mandi selalu berhubungan dengan air dan sabun, menjadikannya rentan ditumbuhi bakteri, jamur dan kuman penyakit. Sehingga supaya kita bisa menghindari hal ini terjadi, ada baiknya jika kalian mengetahui apa saja sih yang menjadi penyebab kamar mandi tak sehat pada hunian?

Penyebab kamar mandi tak sehat karena jarang menguras bak

Tidak semua orang memiliki desain kamar mandi yang menggunakan shower atau bathtub. Masih banyak orang yang lebih memilih desain kamar mandi yang memiliki bak. Sehingga tak jarang salah satu penyebab kamar mandi jadi tidak sehat ini adalah karena jarang membersihkan bak kamar mandi.

Padahal bak kamar mandi itu setidaknya harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali untuk menghindari jentik-jentik nyamuk berkembang biak! Sambil membersihkannya, sebaiknya kalian juga menyikat seluruh bagian dalam bak air dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Supaya benar-benar terjamin kebersihan air di dalam bak kamar mandi hunian kalian.

Tidak langsung membersihkan sisa air sabun di lantai

Penyebab kamar mandi terlihat tidak sehat juga bisa didapatkan dari tidak rajinnya kalian membersihkan sisa air sabun sehabis mandi. Pastinya banyak sisa-sisa bekas sabun yang bertebaran di lantai kamar mandi. Dan sebaiknya harus selalu dibersihkan setiap kali kalian usai mandi. Karena efeknya jika dibiarkan terlalu lama akan membekas di lantai kamar mandi dan membuat lantai jadi mudah ditumbuhi jamur, bakteri serta kuman. Tentunya sisa bekas sabun mandi juga bisa bikin lantai kamar mandi jadi licin nih. Jadi usahakan setiap usai mandi minimal selalu membersihkan lantai kamar mandi ya.

Tidak membuat ventilasi jadi penyebab kamar mandi berbau

Satu lagi yang menjadi penyebab kamar mandi berbau dan pengap, yaitu tidak membuat lubang ventilasi. Padahal lubang ventilasi ini sangat penting dalam sebuah ruangan, apalagi di dalam ruangan yang rentan lembap seperti kamar mandi. Ventilasi jadi salah satu unsur paling penting untuk kriteria kamar mandi sehat. Meski bisa memasang exhaust fan untuk membuat udara di dalam kamar mandi tidak pengap, membuat lubang ventilasi alami tetap diperlukan.

Karena dengan ventilasi yang cukup, udara di kamar mandi dapat dengan mudah bertukar dengan udara segar dari luar. Kamar mandi pun jadi tidak lembap dan pengap. Ventilasi yang cukup bukan hanya bagus untuk sirkulasi udara kamar mandi, tapi juga agar kamar mandi mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek