Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

kopi bubuk

 Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

Meminum secangkir kopi di pagi hari sangat lah nikmat. Ditemani dengan cemilan kering sambil menonton televisi diruang tengah tentunya bisa memanjakan diri, namun setelah meminum kopi apakah ampas nya kamu buang juga?  tentunya pasti di buang hehe, karena kebanyakan orang tidak tahu bahwa Ampas kopi memiliki manfaat yang luar biasa.Misalnya sebagai perawatan untuk kulit wajah. Banyak juga orang-orang yang meggunakan masker ampas kopi untuk merawat kulit wajah.

Tentunya jika dilakukan dengan rutin akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan terbebas dari kotoran. bukan hanya itu, Ternyata ampas kopi juga bisa bermanfaat untuk tanaman loh. Di Indonesia mungkin ini belum terlalu popular karena mungkin minimnya pengetahuan yang didapat tentang kandungan pasa ampas kopi.

Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pupuk Tanaman

 Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

Ampas kopi sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat loh guys, mulai dari kandungan gas nitrogen yang tinggi dengan rasio karbon dan nitrogen 20-24:1. Kopi bisa sangat bermanfaat untuk membantu tanaman tumbuh dengan baik. Kamu hanya cukup mencampurkan kopi dengan kompos sampah dan di fermentasikan agar kompos bisa memiliki hasil yang maksiml.  Selain itu, kopi juga memiliki kandungan senyawa potassium, magnesium, fosfor dan sedikit tembaga. Nah banyak sekali bukan kandungannya.

Nah dengan memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk tanaman, tentunya akan menghemat biaya pembelian pupuk untuk tanaman.

Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pestisida Alami

 Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

Selain digunakan untuk pupuk kompos, kamu juga bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai pestisida alami loh. Tentunya ini sangat berguna untuk menekan berkuranya hama seperti siput, semut, dan hewan kecil lain yang bisa menggangu tanaman untuk bisa tumbuh. Meskipun penggunaan ampas kopi tidak disukai oleh siput dan semut. Tapi ampas kopi yang telah tercampur oleh tanah justru akan disukaioleh cacing. Nah hal ini sangat menmbantu untuk menggemburkan tanah dan membuat tanah menjadi lebih subur.

Bisa Membuat Warna Bunga Lebih Cerah

 Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

aaorchid.com

Nah selain bsisa digunakan sebagai pupuk dan pestisida, kopi juga bisa membuat bunga menjadi lebih canitik loh. Hal ini karena kopi memiliki kandungan pH 6.9 yang hamper netral. Nah pH ini dibutuhkan oleh tanaman sebagai tambahan energi dan nutrisi. Dengan begitu maka warna daun dan bunga pada tanamanmu akan semakin lebih cantik dan memiliki warna daun atau bunga yang pekat.

Nah oleh karna itu setelah kamu selesai menyuruput kopi, alangkah baiknya untuk tidak membuang sisa ampas tersebut. Karena memiliki kandungan yang berguna untuk tanaman dan alam.

Bisa Mencegah Tumbuhnya Jamur

 Wow Tak Disangka Inilah Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman

AFP

Jika kamu kesal akan hadirnya jamur-jamur pengganggu pada tanaman kesayanganmu. Maka solusinya bisa dengan menaburkan ampas kopi pada area tanaman tersebut. Ampas kopi dipercaya bisa mencegar pertumbuhan jamur pada tanaman. Hal ini karean kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi.  Agar lebih maksimal, kamu bisa melakukannya setiap 2 minggu satukali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek