Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Diario Primicia

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Sangat penting menambahkan tanaman pada rumah, selain bisa membuat rumah tampak lebih cantik, tanaman bisa membuat udara di rumah menjadi berkualitas. Jika kamu sedang mencari tanaman yang cocok untuk ditanam di taman rumah atau di pot yang diletakan di ruang interior kami menyarankan untuk anda untuk melirik tanaman yang satu ini, yaitu lidah mertua. Tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. bahkan sangat popular banyak digunakan pada tanam-taman rumah.

Memiliki bentuk memanjang dengan warna hijau dan tepian berwarna putih kekuningan, membuat tanaman ini terlihat cantik. Selain itu tanaman ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk Kesehatan, seperti memperbaiki bisa memperbaiki kualitas udara di lingkungan rumah dan bisa menjadi obat kulit alami. Sensevieria atau lidah mertua merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Meskipun begitu saat akan memilih tanaman ini bukan berarti kamu kamu bisa mengabaikan perawatannya begitu saja. Kamu juga harus tetap memperhatikan cara merawat tanaman lidah mertua ini agar selalu tampak segar dan bisa tetap hidup lebih lama untuk menghiasi rumahmu. Nah dalam artikel ini kami akan mengulas cara merawat tanaman lidah mertua agar bisa selalu segar dan bisa bertahan lama. Berikut ulasannya.

Pastikan tanaman lidah mertua terkena cahaya Matahari dengan baik

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Revista TQV

Semua tanaman tentunya membutuhkan cahaya matahari untuk bisa tumbuh dengan baik, termasuk tanaman lidah mertua. Jika kamu menanam tanaman ini didalam ruangan, pastika kamu menjemurnya setiap 2 hari sekali. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari dalam jumblah yang cukup untuk bisa tumbuh dengan maksimal. Tapi saat kamu menjemurnya. Pastikan untuk tidak membiarkannya terkena terik matahari terlalu lama, karena daunnya akan cenderung mudah terbakar dan layu. Nah untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menaruh tanaman ini sekitar 10 inci dari jendela ruangan saat akan menjemurnya.

 

Posisikan tanaman di area yang memiliki udara yang baik

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Diario Primicia

Selain membutuhkan cahaya matahari, tanaman juga membutuhkan udara yang baik dari luar ruangan. meskipun tanaman ini mudah menyesuaikan dengan lingungan, pertumbuhannya akan kurang ideal jika tidak mendapatkan suplay udara yang baik. Maka untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa meletakan tanaman ni diruangan yang memiliki ventilasi udara yang cukup. Karena bagaimanapun ruangan yang  terlalu lambab dan pengap tidak baik untuk tanaman lidah mertua dan tanaman lainnya.

 

Jangan siram tanaman lidah mertua terlalu sering

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Masih sama seperti tamanan yang lain. jika kamu terlalu sering menyiram tanaman dengan air maka air akan terlalu mengenang didalam pot dan bisa membuat akarnya menjadi busuk dan otomatis tanaman akan mati. Tanaman ini termasuk kedalam golongan sekulen yang bisa bertahan di daerah yang panas. Untuk penyiraman tanaman ini kamu hanya perlu melakukannya maksimal 2 kali dalam satu minggu. Dengan begitu tanaman bisa tumbuh dengan baik dan memiliki daun yang segar dengan warna yang cantik.

Gunakan media tanam yang tepat

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Pemilihan media tanam yang cocok akan membuat tamanan bisa tumbuh dengan maksimal. Namun jika salah memilih justru tanaman akan layu dan mati. Pastikan untuk memilih media tanam yang mudah merasap air. Karena masalah utama pada tanaman ini yaitu penyakit akar yang membusuk akibat terlalu sering terkena genangan air. Oleh karena itu kmau bisa menggunakan media tanam yang porous seperti sekam bakar, pasir malang dan pakis. Namun jika kmau ingin tetap menggunakan tanah, maka kmau bisa meletakan potongan genteng pada dasar pot agar drainasenya bisa berjalan dengan baik.

Gunakan cairan anti hama

TIPS Mudah Merawat Tanaman Lidah Mertua Agar Selalu Segar

Shutterstock

Masalah lain dari tanaman biasanya adanya hama penganggu yang biasanya mengerogoti tanaman, hama tersebut biasanya adalah kutu putih, laba-laba dan tungau. Agar tanaman lidah mertua bisa terbebas dari hama tersebut, kamu bisa mencoba untuk menyemprotkan cairan anti hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek