Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

ahlisumurbordijogja.com

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

Air merupakan salah satu elemen penting yang sangat kita perlukan saat dirumah, entah itu untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci perabotan dapur, menyiram tanaman dan lain-lain. di Indonesia sendiri masih banyak rumahan yang menggunakan sumur sebagai sumber airnya. Ada beberapa kelebihan Ketika kita memiliki sumur sendiri di rumah, seperti lebih hemat karna tak ada biaya bulanan untuk tagihan air dan bisa lebih leluasa menggunakan air.

Namun terkadang air sumur mengalami masalah seperti berbau sehingga kita menjadi ragu saat akan menggunakannya. Biasanya bau ini disebabkan oleh adanya bakteri, tercemar oleh polusi seperti gas dan campuran logam besi. Atau bisa juga karena lokasi sumur yang terlalu dekat dengan septic tank atau selokan sehingga cairan tersebut mencemari air yang ada di sumur. Nah jika hal ini sudah terjadi tentunya kita harus segera mengatasi hal tersebut agar tidak terlalu parah. Dalam artikel ini kami akan membagikan cara mengilangkan bau pada air sumur. Berikut artikelnya dibawah ini.

Gunakan Tawas

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

blibli.com

Cara pertama untuk mengatasi bau pada air sumur yang paling ampuh adalah dengan menggunakan bahan alami seperti tawas. Tawas memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk kecantikan dan bau badan, kamu bisa melihat artikel lainnya mengenai tawas pada artikel lain di google, nah di sini tawas bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sumur, caranya pun terbilang sangat mudah. Yang pertama kmau bisa menyiapkan 1 Kg tawas lalu dihaluskan. Setelah itu masukan tawas kedalam wadah yang berisi air 1.000 liter. Kemudian adukan campuran air dan tawas tersebut sampai benar-benar merata. Setelah itu masukan campuran tersebut kedalam sumur. Tunggu beberapa saat sampai aroma bau pada sumur bisa benar-benar menghilang.

Gunakan Batok Kelapa

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

bp-guide.id

Siapa sangka bahwa batok kelapa bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau pada sumur, hal ini karena batok kelapa memiliki karbon aktif yang bisa mengikat kotoran, sehingga kotoran penyebab bau pada sumur bisa langsung menghilang. Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu bisa menyiapkan beberapa batang arang kelapa lalu bungkus menggunakan kain. Kemudian masukan arang kelapa tersebut kedalam sumur. Setelah itu tunggu sampai arang mengikat kotoran yang ada dialam sumur dan bau sumur akan menghilang.

Gunakan Kaporit

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

bibitbunga.com

Dikutif dari Wikipedia, kaporit atau kalsium hipoklarit merupakan senyawa kimia yang memiliki rumus kumia Ca(ClO)₂. Biasanya kaporit digunakan untuk sebagai zat Disinfektan air. Dengan begitu kita bisa menggunakan kaporit untuk membersihkan air sumur dan menghilangkan baunya. Saat kamu akan memberikan kaporit pada air, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Cukup gunakan satu sendok makan kaporit untuk 1.000 liter air sumur. Namun semakin besar daya tamping sumur tentunya semakin besar pula takaran kaporit yang diperlukan.

Memperdalam Sumur

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

ahlisumurbordijogja.com

Jika kamu sudah menggunakan cara di atas namun sumur masih sering berbau, maka kamu bisa mencoba untuk memanggil tukang yang bisa menggali sumur untuk memperdalam sumur. Ini bisa jadi karena sumur yang kurang dalam. Dengan menggali sumur menjadi lebih dalam tentunya aliran air lain tidak bisa mengontaminasi air sumur yang ada dirumah kamu.

Lapisi Dinding Sumur Dengan Beton

TIPS Menghilangkan Bau Air Pada Sumur Dengan Mudah

TribunSumsel.com/Defri Irawan

Cara terakhir untuk menghilangkan bau pada sumur adalah dengan memberikan lapisan dinding sumur dengan beton. Cara ini sangat efektif jika sumur kamu sering terkontaminasi dengan air lain yang menjadi penyebab sumur menjadi bau. Meskipun cara ini membutuhkan biaya yang lebih. Namun bau pada sumur bisa diatasi dan air sumur kamu akan lebih bersih.

Sumber Referensi : 99.c0/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek