Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

alat masak

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

Penggunaan tabung gas di Indonesia sudah sangat merata, sebelumnya kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan kompor dengan bahan minyak tanah untuk memasak. Dari pertama sampai saat ini harga gas Elpiji di Indonesia semakin naik, tentunya ini berakibat pada pengeluaran bulanan mu, meskipun tidak terlalu banyak  jika penggunaan gas terlalu boros kamu pasti akan sering mengisi ulang tabung gas.

Nah oleh karena itu kamu harus mencoba untuk menghemat penggunaan gas Ketika memasak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat, bahkan ini sangat mudah kok. Berikit adalah TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

Rutin Membersihkan Kompor

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

healthawarenesscommunity.com

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat gas adalah dengan membersihkan kompor secara rutin, lakukan pembersihan empat bulan sekali. Hal ini bukan tanpa alasan loh guys, kompor yang kotor akan membuat api yang dihasilkan tidak berwarna biru, sehingga Ketika kamu memasak, akan memakan waktu lebih lama, dengan begitu gas akan lebih boros.

Cara Menghemat Gas Pada Saat Menumis Makanan

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

Thinkstock

Tips berikutnya untuk menghemat penggunaan gas adalah mematikan kompor saat memasak tumis yang sudah setengah matang, nah jadi Ketika kamu sedang menumis sayuran, Ketika sayuran sudah setengan matang kamu bisa mematikan kompor nya. Namun jangan langsung di angkat dari wajan, sebelum diangkat, kamu bisa menutup bagian atasnya dan biarkan selama beberapa waktu agar proses pematangan bisa tetap berlanjut, nah dengan begitu kamu tidak harus menyalakan kompor sampai masakan matang. Dengan begitu kamu bisa menghemat penggunaan gas Elpiji.

Cara Menghemat Gas Pada Saat Merebus Makanan

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

Shutterstock

Ketika kamu merebus makanan, agar cepat matang, kamu bisa menutup bagian atas wajan atau pancinya agar makanan cepat matang. Ini sangat penting agar uap yang dihasilkan selama proses merebus makanan tidak terbuang sia-sia. Nah uap ini akan membantu untuk masakan agar bisa matang dengan cepat dan merata. Selain itu memasak dengan cara ini juga bisa mencegah masakan kehilangan nutrisinya. Dibandingkan kamu tidak menutup bagian atas panci maka uap akan terbuang dan makanan akan matang lebih lama sehingga akan berakibat pada penggunaan tabung gas elpiji yang semakin lama.

 Gunakan Alat Masak Dengan Bahan Stainless Stell

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

iStock

Kebanyakan mungkin darikita memilih jenis peralatan masakan dengan bahan almunium, dengan harga yang lebih murah dan mudah untuk didapatkan. Namun kamu harus tahu bahwa almunium bukanlah penghantar panas yang baik. Nah oleh karena itu alangkah lebih baik kamu memilih peralatan masak yang mudah untuk menghantarkan panas yaitu stainless stell. Dengan penghantar panas yang cepat tentunya akan membuat makanan cepat matang dan bisa membuat penggunaan gas lebih hemat.

Kenali Makanan Yang Memerlukan Pengolahan Lebih Lama

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

pinterest.com

Cara menghemat penggunaan gas berikutnya adalah dengan mengenal bahan masakan yang boros gas, ada banyak bahan makanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk bisa matang. Namun jika salah cara memasak nya tentu akan menambah waktu untuk membuat masakan tersebut cepat matang. Ada beberapa makanan yang memerlukan waktu yang lebih lama untuk di masak seperti daging yang bertulang, buntut atau iga. Nah kamu bisa menggunakan alat masak berupa pressure cooker Ketika mengolahnya. Jika tidak dengan cara tersebut maka waktu memasak akan lebih lama.

Gunakan Alat Masak Sesuai Dengan Kebutuhan

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

Saat kamu akan memasak dirumah maka pertimbangkan terlebih dahulu porsi yang dibutuhkan hika kamu akan memasak untuk 1 sampai 2 porsi maka jangan gunakan alat masak untuk 3 sampai 4 porsi. Hal ini tentu akan membuat gas lebih boros. Bukan tanpa alasan. Ketika alat yang digunakan terlalu besar maka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk panas. Nah oleh karena itu, Ketika akan memasak pertimnagkan ukuran alat masak dengan porsi yang dibutuhkan, dengan begitu penggunaan gas akan lebih hemat.

Gunakan Selang Dan Regulator Yang Berkualitas

TIPS Menghemat Penggunaan Gas Saat Memasak

bluegaz.co.id

Penyebab gas terbuang sia-sia bisa jadi kerena penggunaan selang yang tidak berkualitas atau selang yang digunakan sudah lama. Pastikan untuk membeli selang gas yang berkualitas agar gas tidak keluar dari sela-sela selang. Tentunya ini sangat berbahaya bagi keluarga dirumah jika terjadi kebocoran. Pilih lah selang yang bisa menahan tekanan sebesar 500 psi. selain itu kamu juga harus memilih regulator standar yang otomatis bisa mendeteksi kebocoran pada gas. Ini juga sangat membantu untuk mentau penggunaan gas setiap harinya. Nah dengan cara tersebut kamu bisa menghemat gas lebih banyak dan tidak akan terlalu rutin untuk mengisi ulang tabung gas.

Sumber Referensi Artikel : 99.co/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek