Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

hujan rumah

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Saat musim hujan tiba, rumah membutuhkan proteksi yang lebih. Karena hujan dengan intensitas yang tinggi bisa membuat kebocoran. Tentunya kebocoran ini bukan merupakan hal yang sepele. Akibat kebocoran itu sendiri bisa menyebabkan rangka kayu menjadi lapuk, cat dinding mengelupas, dan bisa merusak furniture-furniture yang lain. Nah oleh karena itu mempersiapkan rumah agar terhindar dari kebocoran saat musim hujan merupakan hal yang utama.

Membuat rumah aman dari kecoboran selain penting untuk menjaga rumah agar tetap awet, tentunya rumah yang aman juga akan memberikan kenyamanan pada keluarga serta keluarga bisa terbebas dari berbagai penyakit seperti flu maupun Demam. Nah Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar rumah terbebas dari kebocoran saat musim hujan, nah apakah cara tersebut, berikut artikelnya dibawah ini.

Perbaiki atap yang ruask

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Atap merupakan komponen penting dalam sebuah bangunan. Fungsi atap sendiri untuk melindungi rumah dari hujan, panas, angin dan berbagai bahaya lainnya. Sebelum musim hujan tiba pastikan untuk mengecek kondisi atap terlebih dahulu untuk memastikan atap dalam kondisi baik. Jika ditemukan atap yang retak maka segeralah ganti agar tidak membuat air masuk.

Pastikan juga untuk memeriksa masing-masing atap sudah merekat dengan kuat. Ini penting untuk menghadapi kondisi yang buruk saat musim hujan seperti badai dan angin kencang.

Cek kondisi plafon rumah

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Selain memeriksa bagian atap, kamu juga perlu memeriksa bagian plafon. Ini juga sangat penting karena plafon merupakan lapisan kedua yang bisa menghalau air hujan dari atap Ketika terjadi kebocoran. Pastikan jika kamu menemui plafon rumah yang sudah mulai rusak untuk segera menggantinya dengan yang baru atau kamu bisa menambalnya jika butget tidak memungkinkan. Paku Kembali plafon yang sedikit terlepas, jangan sampai terdapat celah kecil yang bisa membuat air hujan menetes kedalam rumah.  Agar lebih aman dari tetesan air hujan, kamu bisa melapisi plafon dengan cat anti air seperti waterproof.

Menggunakan pelapis rumah antibocor

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Tips berikutnya untuk membuat rumah anti bocor adalah memberikan perlindungan dengan pelapis anti bocor untuk menghalau air hujan. Pelapis ini banyak sekali dijual dipasaran. Biasanya pelapis ini tersedia kedalam dua jenis, cloating dan membran. Jenis pelapis cloating bisa diaplikasikan dengan mudah karena bentuknya seperti cat. Namun untuk jenis pelapis membran membutuhkan Teknik dan zat perekat khusus karena membran berbentuk lembaran.

Cek kondisi talang air untuk menghindari penyumbatan

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Talang air merupakan bagian yang penting, fungsi talang air sendiri yaitu untuk mengalirkan air hujan yang tertamoung diatap menuju tanah atau wadah penampung. Tentunya dengan talang air ini membuat air lebih terarah sehingga tidak membasahi setiap sudut rumah.

Nah saat musim hujan akan tiba pstikan untuk memeriksa kondisi talang air. Saat kemarau mungkin bisa saja talang air dipenuhi oleh dedaunan atau kotoran lain yang akan menyumbat laju air. Tentunya jika terjadi penyimbatan maka air akan menggenang dan bisa menimbulkan kebocoran.

Memangkas ranting pohon atau pohon yang berpotensi roboh

Tips Membuat Rumah Anti Bocor Saat Musim Hujan Tiba

Yang terakhir adalah memeriksa halaman rumah apakah terdapat pepohonan yang rimbun atau perpotensi tumbang. Ini sangat penting Ketika terjadi badai pepohonan bisa saja roboh dan menimpa rumah sehingga bisa membahayakan penghuni didalamnya. Pangkas juga ranting-ranting pada pohon yang rawan patah. Cara ini juga bisa mengurangi beban pohon sehingga akarnya bisa menahan pohon untuk tidak roboh  Ketika aingin kencang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek