Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

paving block

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

Pengerasan jalan pada rumah bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai material bangunan. Misalnya paving blok. Pemasangan paving blok banyak diminati untuk jalan atau halaman pada rumah. Selain di rumah, paving blok juga banyak dipasang di jalan-jalan taman. Pemasangan paving block bisa menjadikan lingkungan rumah menjadi terasa lebih indah dan rapih. Selain membuat rumah tampak lebih indah, pemasngan paving blok juga bisa meminimalisir terjadinya genangan air. Seperti yang kita ketahui bawha genangan air bisa menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

Ada banyak sekali ukuran, warna maupun corak paving blok yang ada dipasaran. Sehingga pemasangannya bisa disesuaikan dengan keinginan dan konsep desain yang sudah direncanakan. Namun tahukah kamu dibalik tampilannya yang rapih dan cantik. Ternyata pemasangannya memerlukan ketelitian agar paving blok bisa terpasang dengan rapih dan kuat. Nah dalam artikel kali ini kami akan sedikit membahas cara memasang paving blok yang benar agar rapih, kuat dan bisa bertahan lama. Bagaimanakah caranya ? Berikut artikelnya.

Siapkan Lahan untuk Pemasangan Paving Block

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

tokopedia.com

Saat akan memasang paving blok, usahakan pemasangannya tidak dilakukan terburu-buru. Karna kamu harus memperhatikan kondisi lahan yang akan dipasangkan paving blok. Pastikan kamu menyiampkan lahan dengan baik, yang dimana prosesnya dimulai dari membersihkan lahan yang masih terdapat rumput atau terdapat sampah. Setelah itu ratakan permukaan tanah yang terdapat gundukan atau singkirkan batu yang menonjol. Udahakan permukaan tanah yang akan dipasangkan paving blok rata dan padat.

Jika lahan yang akan dipasangkan paving blok membutuhkan pengurugan. Kamu bisa menghamparkan material urug diatas tanah. Lalu padatkan menggunakan roller. Agar lebih sempurna, kamu bisa menyiramkan sedikit air diarea pemadatan agar

 

Pemasangan Penyokong Dan Beton Penyokong  Paving Block

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

tokopedia.com

Pemasangan pembatas dan penyokong sangat penting dilakukan, hal ini berfungsi agar paving block tidak mudah tergeser sehingga penyokong bisa menahan beban, kamu juga bisa memasangkan pembatas. Ada dua jenis beton yang bisa kamu gunakan. Yaitu beton cor dan beton cetak, pemasangannya bisa dilakukan dengan memasang selapis beton penyokong dengan ketebalan minimal 7 cm. lalu pasangkan beton pembatas di atas beton penyokong yang kondisinya masih basah. Kamu bisa menggabungkan beton pembatas dengan lapisan paving block menggunakan tali dan mulut air. Ini berfungsi agar air bisa mengalir dengan baik saat hujan. Dengan begitu pemasangan paving blok bisa lebih awet meskipun sering terkena gesekan roda dari kendaraan.

 

Pemasangan Pasir Untuk Alas Paving Block

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

Selanjutnya adalah pemasangan pasir dengan ketebalan tertentu harus diperhatikan, pasir ini berfungsi untuk alas pada paving block. Kamu bisa menggunakan pasir biasa atau pasir lainnya. Usahakan pasir harus dalam keadaan keing dengan kandungan air maksimal dibawah 10 persen . hamparkan pasir secara merata agar pemasangan paving block bisa lebih kuat dan bisa bertahan lama.

Pasangkan Paving Block Dalam Satu Arah

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

Setelah kamu pempersiapkan lahannya. Langkah selanjutnya kamu bisa langsung memasang paving block. Pastikan saat memasang dilakukan dengan hati-hati dan pastikan pemasangan paving block dari satu arah agar hasil akhirnya bisa lebih rapih. Tapi jika kamu ingin memasang paving blok dengan variasi warna, kamu bisa memasang nya dengan dua arah. Perhatikan sudut pertemuan antara paving blok, agar lebih rapih dan mudah, kamu bisa menggunakan benang.

Proses Finishing Pemasangan Paving Block

TIPS Memasang Paving Block Yang Benar Agar Tahan Lama

cengkarengpermai.com

Setelah pemasangan paving block selesai, Langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian antar nat paving blok menggunakan abu batu. Selain itu kamu juga perlu memadatkan paving block menggunakan baby roller agar paving blok bisa mengunci satu samalain. Yang terakhir bersihkan permukaan paving block dari sisa abi batu agar lebih bersih dan siap untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek