Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

rooma.id

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

Proses pembangunan rumah biasanya dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman dan memerlukan ketelitian lebih untuk mempertimbangkan konstrtuksi bangunan agar kokoh dan bisa ditinggali dengan layak. Setelah proses pembangunan selesai mungkin kamu bisa menyelesaikan proses pengecatan sendiri. Tentunya ini menjadi nilai plus tersendiri untuk mengurangi jasa tukang perharinya. Mengingat jasa tukang saat ini lumayan mahal apalagi tukang yang kamu gunakan lebih dari 2 atau 3, Tentunya Akan Membutuhkan biaya yang lebih besar.Proses pengecatan tidak terlalu membutuhkan ketelitian yang tinggi dan pengalaman yang lama. Kamu bisa mulai mempelajari cara-cara mengecat yang benar agar hasil cat bisa terlihat rapih. Asalkan dilakukan dengan hati-hati tentunya proses pengecatan bisa dilakukan dengan lancar. Nah berikut kamu akan memberikan TIPS Cara Mengecat Dinding Rumah dengan maksimal. Ini bisa kamu ikuti terutama yang beru belajar mengecat yah. Tanpa menunggu lama-lama yuk langsung saja ke artikelnya.

Cek Permukaan Tembok Terlebih Dahulu Sebelum Di Cat

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

aljazeera.id

Sebelum melakukan pengecatan pada tembok pastikan untuk mengecek terlebih dahulu  permukaan tembok, cek pada permukaan tembok apakah terjadi keretakan atau kotoran yang menempel.  Ini sangat penting dilakukan agar nantinya proses pengecatan bisa dilakukan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.  Jika kamu mendapati keretakan pada tembok maka segeralah untuk menambalnya terlebih dahulu atau biasanya pada bangunan baru terkadang masih tersisa menjolan semen atau sisa semen yang belum terampelas dengan rata. Kamu bisa mulai mengampelasnya Kembali agar permukaan bisa rata.

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

tokocatcitrawarna.com

Namun jika kamu mengecat ulang tembok, pastikan untuk merontokan terlebih dahulu cat lama agar hasil cat nantinya bisa lebih rapih. Jangan paksakan untuk menambal cat lama dengan cat baru. Karena bisa saja nanti nya cat akan mudah mengelupas, karena cat baru hanya menempel pada cat lama bukan menempel pada tembok.

Tentukan Waktu Yang Tepat Untuk Mengecat

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

Pentingnya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu untuk melakukan proses pengecatan di saat musim hujan. Pastikan untuk tidak mengecat bagian luar rumah pada saat musim hujan, karena cat tidak akan melekat dengan sempurna dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengering. Selain itu mengecat pada musim hujan juga akan memberikan dampak pada hasil akhir yang tidak tampak merata karena bisa saja cat terkena cipratan air. Nah oleh karena itu waktu yang cocok untuk melakukan pengecatan adalah pada saat musim panas agar cat bisa menempel dengan sempurna dan rapih sehingga rumah akan tampak indah dan cantik dengan hasil warna yang berkualitas.

 

Tutupi Bagian Yang Tidak Akan Dicat

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

Nah agar lebih rapih pastikan untuk melindungi bagian-bagian mana saja yang seharusnya tidak terkena cat. Jadi sebelum melakukan pengecatan kamu bisa melindungi area-area yang tidak akan dicat, seperti bingkai jenelam gagang pintu atau sebagainya. Tentunya ini sangat penting agar tidak terkena tetesan cat dan membuatnya malah terkesan tidak bersih. Karena terkadang tetesan cat akan sulit dihilangkan.  Kamu bisa menutupinya dengan koran atau dengan benda lain. Atau kamu bisa memberikan lakban untuk mendapatkan hasil yang lebih rapih untuk membatasi area-area tertentu.  Selain itu lindungi juga area lantai agar cipratan cat tidak langsung mengenai lantai sehingga nantinya kamu akan kerja duakali untuk membersihkan sisa-sisa cat dilantai. Gunakan triplek bekas atau kardus bekas untuk melindungi lantai dari cipratan cat.

Gunakan Kuas Kecil Untuk Mengecat Sudut-Sudut Tembok

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

Sebelum mulai mengecat pastikan kamu menyediakan kuas untuk mengecat. Namun sebaiknya siapkan dua kuas, kuas kecil dengan ujung yang kaku dan roller. Penambahan kuas kecil ini sangat penting untuk mengecat pada bagian-bagian sudut tembok yang tidak bisa digapai oleh roller. Dengan kuas kecil ini sudut-sudut tembok bisa terkena cat dengan merata. Pastikan untuk memilih kuas dengan lebar kurang lebih 2 inci.

Hindari Untuk Mencelupkan Kuas Terlalu Dalam

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

house beautiful

Saat akan mencelupkan kuas ke cairan cat, pastikan untuk tidak mencelupkan kuas atau roller terlalu dalam. Hal ini tentu bisa mengakibatkan cat menumpuk, sehingga bisa mengakibatkan tetesan cat tidak beraturan saat disapukan ke permukaan dinding.  Kamu bisa mencoba untuk mencelupkannya dengan perlahan. Masukan kuas kurang lebih 1/3 bagian dari bulu kuas, lalu angkat dengan perlahan dan sapukan ke dinding rumah.

Gunakan Jenis Roller Yang Sesuai Dengan Jenis Cat

TIPS Maksimal Mengecat Dinding Rumah Agar Rapih dan Indah

Selanjutnya adalah memilih jenis roller yang akan kamu gunakan. Perhatikan dulu sebelum membeli roller, sesuaikan dengan jenis cat yang akan digunakan. Jika kamu memilih cat yang berbasis munyak, maka pilih roller yang memiliki bahan kain alami. Tapi jika cat yang akan digunakan berbasis air atau latex, maka pilihlah roller dengan bahan sintetis. Tentunya ini sangat penting. Karena jika salah dalam memilih roller akan membuat cat menggumpal pada kain dan membuat tembok menjadi berantakan.   Sebelum kamu membeli cat dan alat-alat nya sebaliknya untuk berkonsultasi dengan pemilik toko bangunan tersebut agar pengecatan yang akan kmau lakukan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek