Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

shutterstock.com

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

Karpet pada rumah sangat dibutuhkan untuk membuat pijakan rumah lebih nyaman dan hangat. Selain itu karpet juga bisa menjadi alat dekorasi yang cantik yang biasanya dipadukan dengan furniture kursi dan furniture lainnya. Pemakaian yang terlalu lama akan menyebabkan kotoran pada karpet menumpuk, sehingga jika dibiarkan akan menjadi sarang bakteri dan bisa menjadi sumber penyakit yang bisa membahayakan kamu dan keluarga. Oleh karena itu pastikan untuk mengecek karpetmu agar selalu bersih.

Bagi Sebagian orang mungkin mencuci karpet bukanlah hal yang mudah, karena karpet sendiri memiliki bobot yang berat dan besar. Makanya banyak orang yang menyerahkannya kelaundry. Meskipun lebih praktis namun cara ini terbilang boros jika dilakukan terus menerus. Belum lagi jika kmau tidak puas dengan hasil cuci karpet ditempat laundry yang kamu pilih. Pasti rasanya akan sangat kecewa karena kamu sudah mengeluarkan uang namun hasilnya kurang memuaskan.

Nah daripada menyerahkannya ke tempat laundry, apaslahnya jika kamu mencoba mencuci sendiri karpet dirumah. caranya mudah kok, Kamu bahkan tidak membutuhkan banyak alat. Dengan cara yang tepat dan alat yang ada dirumah kamu bisa dengan maksimal membersihkan karpet dirumah. apasajakah itu yuk langsung saja ke pembahasannya dibawah ini.

Bersihkan debu terlebih dahulu

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

Seperti yang sudah disebutkan diatas, karpet sudah lama tidak dibersihkan akan menghasilkan debu yang sangat banyak. Cara membersihkannya jangan langsung dicuci dan disiram air. Dengan menyiramnya malah akan membuat debu dan kotoran makin menempel dan susah dihilangkan. Maka lebih baik membersihkan debu dan kotoran terlebih dahulu sebelum dicuci. Kamu bisa menyapu karpet atau jika kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu.

Gantung Karpet dengan tali

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

shutterstock.com

Cara yang kedua adalah denga metode mengantung karpet. menggantung karpet bisa menggunakan besi gantungan khusus yang memiliki roda sehingga mudah untuk dipindahkan seperti gambar diatas, namun jika kamu tidak memilikinya, kmau bisa menggunakan tali. caranya  Siapkan tali Panjang yang kuat seperti tambang atau sejenisnya yang  bisa diandalkan untuk mengantung karpet. Lalu bentangkan tali tersebut untuk menggantungkan karpet. Mencuci karpet yang benar memang dengan mengantungnya. Hal ini karena air bisa mengalir lebih optimal untuk membersihkan kotoran. Selain itu kamu juga tidak perlu kerepotan memindahkan karpet dari lantai setelah mencucinya untuk kemudian menjemurnya.

Gunakan Penyemrot Air

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

Setelah membersihkan debu dan menggantungkan karpet. Kamu bisa menyemprotkan air untuk membersihkannnya. Kamu akan kesulitan dan bisa menghabiskan banyak tenaga jika mencuci karpet menggunakan gayung, dan hasilnya pun akan kurang maksimal. Maka cara yang lebih mudah adalah dengan menyemprotkan air, kamu bisa menggunakan semprotan air yang bertekanan kuat atau jika tidak ingin repto kamu bisa menyiapkan selang yang sudah tersambung ke keran lalu semprotkan ke karpet dengan menutup Sebagian lubang selang agar pancurannya bisa lebih kuat.

Gunakan Deterjen Khusus

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

iStock

Tak lengkap rasanya jika mencuci tanpa menggunakan deterjen. Penggunaan deterjen sendiri sangat berguna untuk membuat noda yang membandel dan debu yang terperangkap bisa bersih maksimal. Namun kamu harus membeli deterjen khusus yntuk mencuci karpet. Jangan asal membeli deterjen, kamu harus menyesuaikan dengan material karpetmu. Karena deterjen untuk karpet dengan bahan wol atau bulu akan berbeda dengan deterjen untuk karpet dengan bahan polyester.

Bilas Karpet Beberapa Kali

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

Mencuci karpet tidak bisa dilakukan dengan cepat dan buru-buru. Setelah memberikan deterjen kamu bisa membilasnya, namun proses membilas ini tidak cukup dengan satukali bilas. Pastikan untuk membilasnya beberapa kali agar sisa-sisa busa deterjen yang menempel pada karpet benar-benar bersih. Akan fatal jika kamu hanya membersihkannya satu kali bilas. Dampaknya akan membuat karpet menjadi bau karena sisa-sisa busa deterjen yang masuh menempel tidak dibersihkan dengan maksimal.  Pastikan untuk membilasnya bbeberapa kali kamu juga bisa menggunakan sikat pada saat mencuci karpet minimal dua sampai 2 sampai 3 kali.

Jemur Karpet Di Tempat Yang Teduh

Tak Perlu Ke Laundry Tips Mudah Mencuci Karpet Sendiri

Yang terakhir adalah mejemurnya ditempat yang tepat. Jangan sampai menjemur karpet ditempat yang terlalu panas. Hal ini karena akan membuat karpet menjadi rusak dan permukaannya akan menajdi keras. Jadi sebelum mencuci karpet sebaiknya menaruh tali penampung untuk menjemur karpet basah ditempat yang teduh. Mengeringkan karpet yang baru dicuci membutuhkan waktu yang lebih lama, bisa sehari bahkan sampai 3 hari tergantung jenis karpet. Dengan menjemurnya ditempat yang teduh karpet bisa lebih aman jika tiba-tiba terjadi hujan.

 

Sumber Referensi Artikel : dekoruma.com/artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ four = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek