Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

pacificpaint.com

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

Saat musim hujan akan tiba, pastikan Untuk mempersiapkan rumah agar siap dan aman untuk melindungi kamu dan keluarga dirumah. hal yang penting dan perlu diperhatikan adalah pada atap rumah. Saat musim hujan, kecoboran kadang sering terjadi.  Meskipun kadang hal ini mudah untuk diperbaiki namun usaha dan pencegahan menjadi solusi terbaik sebelum kebocoran terjadi.

Atap yang terkikis air, lama kelamaan akan keropos dan atap yang sudah keropos akan beresiko rubuh. Tentunya ini akan sangat berbahaya dan tidak aman. Oleh karena itu ada beberapa solusi yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber untuk membuat atap rumah anti bocor, salah satunya adalah dengan menggunakan waterproofing handal yang khsusu untuk area yang tergenang air, yaitu Aquaproof pro. Nah aquaproof pro merupakan cat pelapis anti bocor yang digunakan untuk exterior maupun interior.

Lakukan Pengecekan Secara Rutin Pada Atap Rumah

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui celah yang bisa berpotensi menjadi sumber kebocoran. Dengan melakukan pengecekan tentunya kita akan mengetahui atap yang rusak dan bergeser akibat cuaca seperti terpaan angin dan hujan yang deras.

Titik yang rentan bocor pada atap rumah biasanya terdapat pada saluran dan pipa air rumah yang sudah rusak. Mengidentifikasi masalah pada titik-titik rumah yang bocor sebenarnya susah-susah gampang. Apalagi jika kondisi saat sedang musim hujan yang dimana air masih mengenani atap dan menutupi titik bocor.  Pastikan untuk melakukan pengecekan secara teliti. Apabila kami mendapati atap atau saluran pipa yang sudah rusak, segeralah untuk menganti atau mereparasinya agar tidak menjadi penyebab kebocoran pada saat musim hujan.

Berikan Ventilasi Udara

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

indonusa-conblock.com

Ventilasi sangat penting untuk membuat sirkulasi udara menjadi lancara. Salah satu penyebab atap bocor yaitu atap krepos akibat yang terlalu lembab. Jadi pastikan rumahmu memiliki sirkulasi udara yang baik. Penambahan jendela atau lubang pada sisi atap atau bawah genteng bisa membuat ruang dalam kerangka atap lebih kerung karena lebih banyak angin yang masuk. Tidak perlu terlalu besar, cukup dengan ukuran yang sedeng, dengan begitu system sirkulasi udara akan menjadi lancar.

Cek dan Peraiki Bekas dempulan pada Atap

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

Biasanya rumah yang sudah lama dibangun pasti sering atau pernah mengalami perbaikan dibagian atapnya seperti repasari pada area-area tertentu. Lapisan bocor ini biasanya direparasi dengan cara didempul. Nah pastikan kamu mengecek bekas dempulan yang sudah lama. Karena seiring berjalannya waktu dempul atap akan terkisir oleh air dan berpotensi untuk membentuk pori-pori kecil yang bisa memudahkan air untuk bisa merembes masuk kedalam sehingga bisa menyebabkan kebocoran.

Tentunya cara ini menjadi cara yang tepat untuk dilakukan agar rumah terhindar dari kebocoran. Pastikan kamu mengeceknya di awal-awal sebelum musim hujan. Karena Ketika musim hujan tiba akan sulit mereparasi atau mendempul permukaan yang rusak karna akan sulit kerung akibat curah hujan yang tinggi.

Pastikan Untuk Menebang Ranting-ranting Pohon Disamping Rumah

Sebelum Musim Hujan Yuk Persiapkan Rumah Agar Tidak Mudah Bocor

realtor.com

Kehadiran pohon rindang disamping rumah bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada atap.  biasanya ini diakibatkan karena daun-daun yang masuk kedalam pipa atau talang sehingga atap menjadi lembab. Jika dibiarkan maka akan membuat titik tersebut menjadi trkikis dan berubah menjadi bolong. Kamu bisa memulai untuk membrsihkan atap dari dedaunan yang menumpuk lalu tebang ranting-ranting yang terlalu rindang agar rumah bisa terlindungi dari kebocoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek