Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

plafon grc

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

Ada banyak sekali bahan-bahan yang digunakan untuk membuat langit-langit rumah atau plafon diantaranya ada, triplek, gypsum, metal, PVC, GRC dan lain-lain. penggunaan langit-langit sangat penting dalam sebuah rumah hunian, selain bisa melindungi rumah dari kotoran  dai atap, plafon juga bisa dijadikan sebagai dekorasi interior yang cantik. Diantara banyaknya bahan plafon ada beberapa jenis plafon yang sering digunakan dan dipilih oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah GRC.

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan nama GRC dalam dunia bangunan, yups bahan ini sudah banyak sekali digunakan di Indonesia, GRC Sendiri merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, yaitu sebuah material yang terbuat dari campuran semen dan serat. Nah jika kamu ingin mengetahui tentang GRC lebih jauh, dalam artikel ini kami arsitek77 akan mengulas kelebihan dan kekurangan grc untuk bangunan rumah, berikut ulasannya.

PLAFON GRC

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

tokopedia.com

Sebelum mengenal kelebihan dan kekurangannya, kita harus mengetahui apa sih Plafon GRC, nah seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa GRC adalah perpaduan dari serat dan semen, jika kita lihat sekilas bahwa plafon ini sangat mirip dengan plafon gypsum. Padahal keduanya terdiri dari bahan yang berbeda-berda. GRC Memiliki bahan dasar yang lebih mirip dengan beton, namun memiliki bobot yang lebih ringan dan mudah untuk dibentuk. Sebagai penguatnya GRC menggunakan serat glassfiber, GRC Memiliki permukaan yang lebih halus jika dibandingkan dengan gypsum yang kadang-kadang memiliki permukaan yang bolong dan aga kasar.

KELEBIHAN PLAFON GRC

Tahan Terhadap Air Dan Udara Lembab

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

www.smartmama.com

Grc memiliki bahan yang baik sehingga membuatnya memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap air dan suhu lembab. Ini tentunya cocok untuk kamu gunakan pada ruangan yang mudah lembab seperti kamar mandi, ruang cucui atau dapur yang biasanya terdapat uap dari kompor dan masakan. Kamu juga bisa menggunakan plafon grc ini pada ruangan semi outdor, contohnya gazebo kecil yang biasanya ada dipekarangan rumah.

Mudah Untuk Dibentuk

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

Saat akan memasang plafon biasanya memutuhkan tingkat kerelitian dan keterampilan yang cukup agar plafon yang dipasang tidak membuat langit-langit cepat rusak dan bobrok. Berbeda dengan kayu dan beton yang susah untuk dibentuk, bahan grc memiliki sifat lentur sehingga bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhannnta.

Lebih Cepat Dalam Pemasangan

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

Seperti yang sudah disebutkan diatas bawha  plafon grc merupakan bahan yang bersifat luwes dan mudah untuk dibentuk, sehingga pemasangannya akan lebih cepat. sehingga lebih menghemat waktu. Selain itu karena permukaannya yang rata dan halus sehingga kamu tidak perlu melakukan plamir dan pengecatan ulang. Sehingga pemasangan bisa lebih cepat dilakukan.

Memiliki Harga Yang Murah Dan Tahan Lama

Mengenal Plafon GRC Kelebihan Dan Kekurangannya

Awet dan mudah, tentunya keunggulan tersebut sudah sangat cukup untuk membuatnya dipilih oleh banyak konsumen di Indonesia. bahkan plafon grc bisa bertahan sampai 25 tahun loh guys. Hal ini karena plafon grc lebih kokoh dan awet serta tahan terdahap air dan suhu lembab. Selain itu perawatannya juga sangat mudah.

Memiliki harga yang terjangku yaitu sekitar Rp 55.000 sampai Rp 60.000 dengan ukuran paling kecil 1,2 Meter x 2,4 Meter dengan ketebalan 4 milimeter. Memiliki harga murah dan tahan lama, plafon grc bisa kamu temukan di hampir semua toko material bangunan.

Baik Untuk Kesehatan Dan Lebih Aman

Tahukah kamu bahwa bahan asbees sebenarnya memiliki  bahan yang berbahaya untuk dipasang didalam rumah, hal ini karena jika terhidup terus-terusan akan bisa menyebabkan penyakit kangker paru-paru. Bahan plafon GRC tahan terhadap air sehingga akan aman untuk rumah-rumah yang berada dilokasi rawan bencana alam.

KEKURANGAN PLAFON GRC

Memiliki banyak kelebihan yang sangat banyak tentunya kamu tidak akan berpikir Panjang untuk memilih jenis plafon grc untuk rumahmu, namun ada hal yang harus kamu pertimbangkan juga sebelum membelinya, yaitu dari sisi kekurangan. Plafon grc memiliki satu kekurangan, yaitu pemasangan yang cukup rumit. Loh kok bisa, bukannya tadi sudah disebutkan bahwa pemasangannya  cepat? yups meskipun pemasangan plafon grc bisa dilakukan dengan cepat, namun kamu harus mengkalkulasikan secara teppat dan membutuhkan tenaga yang cukup banyak.

Contohnya beberapa masalah yang sering terjadi. Seperti retaknya sisi board pada saat proses pemasangan yang tidak berhati-hati atau baut yang sulit masuk kedalam board karena susunanya terlalu tebal. Nah hal-hal tersebut harus diperhatikan dengan baik karena jika salah kalkulasi maka pemasangan plafon grc akan mudah mengalami keretakan dan bobrok.

Sumber Referensi : 99.co.id/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek