Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

bsr.bm

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

Kayu merupakan material yang selalu dipakai pada sebuah rumah, biasanya kayu dibutuhkan sebagai penopang, konstruksi dan material furniture. Selain itu material kayu cocok untuk segala jenis desain bangunan, mulai dari minimails sampai klasik. di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kayu yang sering digunakan pada rumah, salah satunya ialah kayu mahoni. Jenis kayu ini memiliki popularitas yang tidak kalah dengan kayu yang sangat popular yaitu kayu jati.

Jika kamu memiliki butget yang minim namun menginginkan kayu yang mirip dengan kayu jati, kamu bisa memilih kayu mahoni. Selain memiliki harga yang lebih murah, kayu mahoni memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan kayu jati. Jika kamu ingin memilih kayu mahoni untuk rumahmu. Maka kamu perlu mengenal kayu mahoni, mulai dari kelebihan, kekurangan dan karakteristiknya. Berikut artikelnya.

Asal Kayu Mahoni

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

shutterstock

Kayu mahoni merupakan kayu yang berasal dari pohon mahoni. Pohon mahoni memiliki bunga yang unik. Pada saat usia muda, pohon ini memiliki buah yang berbentuk seperti bola Rugby, saat sudah tua, buah ini akan mekar dan memperlihatkan biji yang tersusun rapi. Nah biji dari buah mahoni bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, namun memiliki rasa pahit.

Diperlukan waktu 10 tahun Untuk Bisa Memanen Kayu Dari Pohon Mahoni untuk dijadikan furniture. Biasanya pada saat usia 10 tahun, kayu mahoni berukuran 1,5 cm.  namun jika akan menjadikan kayu ini sebagai material bangunan, kamu harus menunggu hingga 15 tahun.

Pohon Mahoni Bisa Mengurangi Polusi Udara

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

easyhealthoptions.com

Tahukah kamu bahwa pohon mahoni berperan penting dalam mengurani polusi udara. Jika dilihat dari presentasenya, pohon mahoni memiliki kemampuan untuk mengurangi polusi udara mencapai angka 70%.  Hal ini terjadi karena daun pada pohon  mahoni bisa menyerap udara yang kotor yang kemudia mengolahnya menjadi oksigen, dengan begitu udara yang dihasilkan akan trasa lebih segar.

Pada saat hujan turun, cikal bakal kayu mahoni bahkan sanggup menyerap banyak air sebagai cadangan. Dengan begitu jika lingkungan rumahmu sering terdapat genangan air, maka kamu bisa mencoba untuk menanam pohon mahoni sehingga genangan air bisa diminimalisir.

Karakteristik

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

bsr.bm

Biasanya kayu mahoni  memiliki warna merah muda yang aga pucat. Namun pada Sebagian kayu mahini lain ada juga yang memiliki warna merah tua. Biasanya yang berwaran merah tua ini menandakan bahwa kayu ini sudah berumur lebih dari 25 tahun. Sementara itu pada tepian kayu mahoni selalu berwarna putih.

Kayu mahoni memiliki serat lurus dan terpadu. Hal ini membuat kayu mahoni lebih mudah dipotong sesuai degan bentuk yang diinginkan. Selain itu kayu mahoni memiliki pori-pori yang kecil dengan teksture yang halus.

Kelebihan

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

shopee.co.id

Nah selanjutnya kita akan membahas kelebihan kayu mahoni. kayu ini memiliki peminat yang sangat banyak, bukan tanpa alasan, seratnya yang halus membuat kayu ini memiliki tampilan yang sangat cantik saat dilapisi dengan cat dengan warna natural atau klasik. selain itu kandungan minyak pada kayu mahoni tergolong rendah.  Dengan begitu akan lebih meudahkan saat kita mengecatnya dengan cat duko tanpa adanya noda kuning seperti yang terjadi pada kayu jati.

Kayu ini akan tetap tampil menarik meskipun kamu membiarkannya tanpa cat tambahan, karena kayu ini memiliki warna merah yang eksotis yang cantik. Dengan kelebiahan tersebut bahkan tidak ada kayu lain yang bisa menyamai kelebihannya ini.

Jika kamu mengeluhkan material kayu yang sering menyusut atau berubah bentuk maka kamu tidak akan mengalaminya pada kayu mahoni. kayu ini sangat stabil sehingga tidak akan mudah menyusut. Sehingga sangat wajar bahwa kayu ini sering dijadikan untuk pembuatan kusen jenela, pintu dan pembuatan alat musik.

Memiliki harga yang relative lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kayu lain seperti jati dan kayu gaharu. Meskipun memiliki harga yang murah namun kualitas kayu ini tidak bisa diragukan. bahkan kamu tidak akan sulit untuk mencari jenis kayu ini karena bahan bakunya sudah banyak ditemukan di pulau jawa.

Kekurangan

Mengenal Karakteristik Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

jualatapbangunan.com

Dibalik kelebihannya yang sangat banyak, tentunya kayu ini juga memiliki kekurangan, kekurangan pertama yaitu kayu ini mudah diserang hama selama masih menjadi bahan baku. Bahkan tidak jarang para petani mengalami kerugian karena kayu menjadi berlubang akibat serangan hama. Oleh karena itu saat menjadi bahan baku, area penyimpanan kayu harus di perhatikan dan dicek secara berkala agar kayu tidak digerogoti oleh hama.  Namun kamu jangan khuatir, setelah melewati proses oven dan pemberian obat, kayu ini justru lebih kuat terhadap serangan hama.

Saat kamu memilih furniture untuk outdor, pastikan untuk tidak memilih material furniture yang terbuat dari bahan kayu mahoni, pasalnya kayu ini tidak cocok dijadikan sebagai furniture luar ruangan. selain rawan akan serangan hama.  Kondisi udara yang tidak menentu bisa mengakibatkan munculnya jamur pada permukaan kayu mahoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek