Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

shopee.co.id

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

Kayu adalah material bangunan yang paling sering digunakan. Hal ini karena Material kayu sangat mudah didapatkan di alam. Pada bangunan, kayu biasanya digunakan untuk membuat rangka atap, lantai, kuda-kuda tiang penyangga hingga dinding. Kayu banyak dipilih karena kemudahannya dalam pengerjaan dan memiliki bobot yang ringan, selain itu penggunaan kayu pada rumah hunian memberikan kesan hangat dan menambah nilai estetika pada sebuah bangunan.

Kayu juga memiliki kekuatan yang bisa diandalkan untuk memikul beban, dengan kekuatannya, kayu dianggap lebih tahan terhadap gempa dan tidak mudah bergeser jika terkena guncangan. Kayu sudah dimanfaatkan dalam konsruksi banguan sudah sangat lama. bahkan hampir disemua daerah di Indonesia memiliki rumah adat yang semua kontruksinya terbuat dari bahan kayu, semisal rumah joglo atau rumah gadang.

Dari semua jenis kayu yang ada, jenis kayu yang sering dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi ialah kayu ulin. Kayu ulin menjadi pilihan banyak kalangan karena memiliki keunggulan dan kekuatan yang bisa diandalkan untuk bisa menompang beban bangunan. Oleh karena itu kayu ulin sering disebut juga sebagai kayu besi karena kekuatannya. Nah untuk kamu yang sedang mencari referensi mengenai jenis kayu yang akan dipakai pada konstruksi bangunan rumah, mungkin tertarik untuk menggunakan kayu ini. Nah untuk lebih meyakinkan mu terhadap kelebihan kayu ulin, dalam artikel ini kami arsitek77 akan mengulas karakteristik dan pemanfaatan kayu ulin pada sebuah bangunan. tanpa menunggu lama-lama, yuk langsung saja ke artikelnya dibawah ini.

 

Apa Itu Kayu ulin?

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

senentangnews.com

kayu ulin, Atau sering disebut sebagai kayu besi dan kayu bulian merupakan jenis kayu asli Indonesia. kayu ini banyak tumbuh didaerah Kalimantan. Pohon kayu ulin digolongkan kedalam suku lauraceae yang memiliki tinggi sekitar 30 sampai 35 meter dengan diameter bisa mencapai 60 sampai 120. Jenis kayu ini cocok untuk dijadikan kontruksi bangunan karena sangat kuat dan tidak mudah lapuk meskipun berada di air atau didaratan. Itulah mengapa jenis kayu ini banyak sekali digunakan pada bangunan khususnya untuk rumah yang didirikan diatas tanah berawa.

Dikutip dari Wikipedia, Telah ditemukan 4 varieteas ulin di Kalimantan barat yang dibedakan berdasarkan keunggulan dan warna batangnya yaitu, ulin tando dengan warna batang coklat kemerah-merahan, ulin lilin dengan batang coklat gelap, ulin tembaga dengan warna batang yang kekuningan, dan ulin kapur dengan warna batang coklat muda.  Jenis ulin lilin, tando dan tembaga biasanya digunakan sebagai pondasi  atau lantai, sedangkan untuk ulin kapur biasanya digunakan untuk baku atap sirap.

 

Karakteristik Kayu Ulin

Memiliki Teksture Kuat, Kasar Dan Sangat Keras

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu ulin merupakan kayu yuang sangat kuat, tapi tak hanya itu kayu ini juga memiliki teksture yang kasar dan awet. Kekuatan dan keawetannya digolongkan kedalam kelas kuat I dengan berat jenis 1,04. Kayu ulin sulit dipaku dan digregaji. Namun mudah untuk dibelah. Dengan kekuatan dan keawetannya tersebut, kayu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku konstruksi.

 

Tahan Terhadap Rayap

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

pestcontroljakarta.com

Karena Memiliki teksture kasar dan kuat, kayu ini bisa tahan terhadap serangan rayap sehingga tidak mudah rusak. Dengan kandungan alami yang dimiliki kayu ini membuat rayap tidak suka untuk menggerogotinya. Jadi kamu tidak perlu khuatir kayu ini akan mengalami kersakan akibat rayap. Seperti yang kita ketahui, bahwa rayap sangat suka sekali membangun koloni dan bersarang didalam kayu sehingga bagian dalam kayu bisa kropos dan menjadi rapuh.

 

Terhadap Perubahan Suhu

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

Memiliki julukan sebagai kayu besi, karena kayu ini bisa tahan terhadap berbagai perubahan suhu, kelembapan, cuaca dan air laut. Nah ketahanannya tersebut membuat kayu ini bisa bertahan hingga ratusan tahun Loh.

 

Memiliki Nilai Ekonomi Yang Tinggi

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

shopee.co.id

Nah dengan karakteristik dan keunggulannya yang sudah kita jelaskan diatas, membuat kayu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu jumblah kayu ini juga semakin terbatas maka tak aneh jika harga kayu ini dibandrol dengan harga yang mahal dibanding jenis kayu lainnya.

 

Pemanfaatan Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan kayu yang memiliki kualitas yang tinggi sehingga sering digunakan untuk bahan kontruksi bangunan, namun tak hanya sebatas itu, jenis kayu ini juga bisa dimanfaatkan dalam hal lain dan berguna bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar.

Dimanfaatkan Sebagai Aksesories Dan Perhiasan

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

shopee.co.id

Tak hanya dibidang industri furniture. Kayu ini juga sering dimanfaatkan untuk bahan baku perhiasan loh. dengan teksture dan guratan yang unik. Bahkan aksesori yang dari bahan kayu ulin dianggap lebih indah dari kayu permata.  Biasanya aksesori yang terbuat dari kayu ulin adalah kalung, gelang dan tasbih.

 

Dimanfaatkan Sebagai Bahan Furniture

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

www.jeparaheritage.id

Selain untuk konstruksi bangunan, kayu ini sering juga digunakan sebagai bahan baku untuk industri furniture. Karena memiliki karakteristik yang awet, keras, bisa bertahan terhadap rayap, dan tahan terhadap perubahan suhu. Sehingga furniture yang dibuat dari kayu ini pastinya memiliki kualitas yang sangat baik dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

 

Dimanfaatan Untuk pengobatan dan Perawatan Rambut

Mengenal Karakteristik Kayu Ulin Dan Pemanfaatannya Pada Bangunan

foresteract.com

Pohon ulin memiliki biji yang sering dimanfaatkan untuk membantu mengatasi bengkak dan bisa menghitamkan rambut serta bisa mencegah tumbuhnya uban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek