Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis Dan Karakter Cat Untuk Rumah

Foto: iStock

Mengenal Jenis Dan Karakter Cat Untuk Rumah

Cat menjadi bagian terpenting dalam sebuah rumah hunian. Penggunaan cat membuat rumah memiliki nilai estetika yang lebih baik. Jenis cat yang digunakan biasanya ada dua, cat exterior dan cat interior. Untuk cat exterior biasanya digunakan sebagai perlindungan terhadap berbagai cuaca. Tak hanya untuk memberikan aspek estetika. Cat ini juga berfungsi untuk melindungi tembok dari cuaca luar ruangan yang tidak menentu.

Cat untuk bagian exterior tentunya harus tahan terhadap cuaca dan polusi udara serta memiliki daya tahan yang baik. Sedangkan untuk cat interior diperuntukan untuk bagian dalam rumah. Cat ini harus memiliki warna dan kualitas yang baik agar ruangan terlihat lebih indah. Cat interior juga mudah dibersihkan jika terkena kotoran atau noda. Sehingga akan sangat mudah dalam perawatan.

Dilihat dari jenis bahan utama nya cat tembok terdiri dari bahan lateks, bahan ini membutuhkan  air untuk bisa digunakan, dan cat tembok dari bahan minyak, jenis cat ini membutuhkan minyak atau prlarut kimia.

Karakter Cat Tembok

Cat Glossy

Mengenal Jenis Dan Karakter Cat Untuk Rumah

Seperti yang kita ketahui, bahwa cat glossy terbagi menjadi dua type, yaitu cat glossy dan cat semi glossy. nah untuk cat glossy memiliki pantulan cahaya/refleksi yang lebuih berkilau. Jenis cat ini cocok diguakan untuk bagian luar ruangan yang sering terpapar sinar matahari. Jenis cat ini juga mudah untuk dibersihkan, sehingga jika terkena noda, kamu tidak perlu reopot untuk membersihkannya.

Sedangkan untuk jenis cat semi glossy memiliki tingkat refleksi yang rendah namun tidak mudah untuk mengelupas. Jenis cat ini akan sangat cocok kamu gunakan untuk ruangan yang mudah terkena noda, contohnya adalah kamar mandi dan dapur.

Cat Doff / matte

Mengenal Jenis Dan Karakter Cat Untuk Rumah

Jenis cat Doff memiliki tingkat refleksi yang lebih rendah daripada glossy, tapi memiliki permukaan yang terlebih lembut dan sangat berkarakter sehingga terlihat menyatu dengan dinding. Jenis cat doff/matte akan cocok jika terapkan ada luar ruangan karena bisa bertahan pada cuaca yang ekstream.

Cat Satin

Mengenal Jenis Dan Karakter Cat Untuk Rumah

Cat dengan karakteristik ini memiliki tampilan yang lebih mewah. Jenis cat ini terasa lembut saat di sentuh oleh tangan, dan memberikan efek teduh serta tidak memantulkan cahaya, cat ini cocok untuk diaplikasikan pada resto atau ruang galeri, sedangkan untuk dirumah akan sangat cocok untuk diterapkan pada kamar tidur atau ruang tamu. Jenis cat satin ini juga sangat mudah dibersihkan, sehingga akan selalu membuatnya tampak indah dan clean.

Cat Eggshell

Selanjut nya adalah cat eggshell, sesuai dengan Namanya, jenis cat ini memiliki permukaan sama seperti kulit telur, memiliki teksture yang lebih halis jika dibandingkan dengan cat doff. Selain itu jenis cat ini mudah untuk dibersihkan dan tidak terlalu memantulkan cahaya. Cat ini akan cocok jika diterapkan diruang kerja, ruang tamu dan ruang keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek