Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

therawarchitects.com

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

Penggunaan material kayu pada sebuah rumah hunian pastinya sudah tidak terlepaskan. Entah rumah tersebut mengusung desain modern, classic, minimalis dan lain-lain, penggunaan kayu pasti ada didalamnya. Kayu merupakan material yang sudah digunakan sejak jaman dahulu. Bahkan pada rumah-rumahan trasidional, semua komponennya terbuat dari kayu.

Ada banyak sekali jenis kayu yang beredar saat ini, ada yang memiliki kekuatan sedang dan tinggi. Bisanya kayu dengan kekuatan yang luar biasa dan memiliki keunggulan yang sangat banyak banyak ialah kayu jati. Namun jenis kayu ini memiliki harga yang lebih mahal. Tapi kamu tidak perlu khuatir, ada beberapa kayu yang bisa menjadi alternatif selain kayu jati, yang memiliki kekuatan dan keawetan yang bisa diandalkan. Kayu meranti bisa menjadi kayu pilihan, karena kayu ini sangat awet, kuat dan sudah banyak digunakan. Nah untuk lebih jelasnya berikut kelebihan kayu meranti untuk rumah hunian.

Mudah Untuk Dikeringkan

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

Kayu meranti memiliki kandungan air sebanyak 15% dengan berat jenis berkisar 0,4 – 0,86. Meskipun memiliki kandungan air 15% namun jenis kayu ini mudah loh untuk dikeringka. Proses pengeringan kayu ini bisa dilakukan secara alami dengan bantuan sinar matahari atau menggunakan alat khusus. Dengan proses pengeringan yang cepat tentunya proses pengolahan juga akan semakin cepat dilakukan.

Kayu Mernati Lebih kuat dan Tahan lama

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

therawarchitects.com

Keunggulan yang sangat luar biasa dari kayu ini adalah ketahanannya, sehingga bisa lebih awet dan tahan lama, tidak salah kayu ini juga dianggap sebagai kayu yang memiliki kekuatan terbaik. Pada umunya kekuatan kayu biasanya digolongkan kedalam 5 tingkatan, semakin kelas maka semakin awet dan bagus kayu tersebut.

Kayu menrnati termasuk kedalam kayu dengan golongan kelas II Sampai IV. Kayu meranti dianggap bisa bertahan sampai 11 tahun loh. Nah Untuk Keawetannya kayu ini masuk kedalam kelas III sampai IV yang bisa bertahan sampai 10 tahun. Kamu bisa menggunakan campuran minyak disel dengan kreosot sebagai bahan pengawetannya.

Anti terhadap Rayap

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

Memiliki teksture yang keras dan mudah dikeringkan. Karakteristik tersebut menjadikan jenis kayu ini tidak mudah untuk mengalami perubahan dan tidak pula mudah menyusut. Sehingga kekuatannya kayu meranti juga anti terhadap rayap. Tak aneh jika kayu ini bisa bertahan lebih dari 10 tahun.

Cocok Digunakan Sebagai Bahan Kostruksi Bangunan Rumah

Keunggulan Kayu Meranti Sebagai Kontruksi Rumah Hunian

www.jeparaheritage.id

Permilihan kayu sebagai konstruksi bangunan tentunya harus memiliki bahan yang kuat dan awet. Tentunya ini sama dengan karakteristik kayu meranti yang memiliki keunggulan tahan lama, kuat, anti rayap, dan permukaan yang keras, bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilihnya. Kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai konstruksi bangunan seperti rangka atap, raling tangga, jendela, pintu, kusen, parket lantai bahkan alas lantai.

Selain itu kayu ini juga bisa digunakan sebagai bahan furniture, meskipun memiliki teksture yang keras, kayu ini ternyata mudah untuk dibentuk, ada banyak sekali furniture yang terbuat dari kayu ini, seperti meja, kursi, lemari dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek