Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

bataroster.com

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

Salah satu bahan bangunan yang sangat penting dan menjadi salah satu faktor penting pad struktur bangunan, yups batu bata, kamu pasti mengenalnya bukan. Bahan material ini biasanya digunakan untuk bahan konstruksi tembok pagar dan elemen rumah lainnya. Batu bata biasanya dibuat menggunakan bahan tanah, namun seiring perkembangan jaman. ada juga batu bata yang terbuat dari bahan lain.

Namun tahukah kamu jika dibandingkan dari segi kualitas, batu bata terbukti awet dan bisa betahan lama. Inilah mengapa batu bata sangat banyak diminati dibandingkan material lain seperti bambu dan gypsum.  Nah untuk kamu yang akan membangun rumah, kamu harus mengetahui bebrapa jenis batu bata yang sering digunakan pada bangunan. Hal ini tentu wajib kamu ketahui agar tidak terjadinya kesalahan saat memilih material untuk rumah impianmu.  Berikut jenis-jenis batu bata yang sering digunakan pada rumah hunian.

Batu Bata Merah

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

http://desainrumaharsitek77.com

Batu bata merah menjadi batu bata yang paling diminati di Indonesia, pasalnya material bangunan ini memiliki kualitas yang baik. Jika dibandingkan dengan batubata lainnya. Selain itu batu bata merah banyak kita temukan dipasaran, sehingga akan sangat mudah untuk menemukannya.

Batu bata merah besara dari tanah yang dicetak dengan bentuk persegi atau balok dan sibakar dengan suhu tertunggi sehingga menjadi benar-benar kering dan kuat. Tanah yang digunakan untuk batubata merah ini bukan tanah sembarangan. Biasanya bahan utama pembuatannya adalah tanah liat. Sehingga proses pembuatannya jenis batu dari tanah bisa saling menyatu saat dicetak.

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

desainrumaharsitek77.com

Saat kamu menggunakan batu bata merah ini sebagai dinding rumah maka kamu akan mendapatkan suasana rumah yang terasa sejuk dan nyaman. Hal ini karena komponen didalamnya menyatu dengan rapat. Selain itu jenis batu bat aini juga bisa bertahan lama dan bisa membuat dinding rumah menjadi lebih kokoh. Oleh karena itu kita tidak akan menemukan kertakan pada dinding. Batu bata merah tahan terhadap api. Dengan begitu batu bata merah secara tidak langsung bisa memberikan keamanan maksimal pada kamu dan keluarga.

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan. Batu bata merah juga memiliki kekurangan loh, tentunya kekurangan ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilihnya.

Kekurangan yang pertama ialah saat kamu merekeatkan batu bata merah satu dengan yang lain, diperlukan perekat yang cukup banyak, sehingga akan memerlukan biaya yang lumayan banyak. Seperti pasir dan semen yang boros.

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

Selain itu jika kamu akan melapisi dinding dengan pelestran, kamu membutuhkan pelesteran yang lebih tebal agar hasil pelesteran dinding bisa lebih rata. Tentu saja ini membuat penggunaan semen dan pasir lebih mengkat. Namun dibalik kekurangan tersebut kamu harus ingat bahwa tembok rumahmu akan lebih kuat maksimal sehingga bisa bertahan lebih lama. Dengan begitu tidak perlu sering memperbaiki dinding yang retak. Karena sudah terbukti banyak sekali dinding yang mengguanakn bata merah lebih kuat dan tahan lama. Oleh karena itu saat akan memilih bata merah kamu harus memperhitungkan kebutuhannya agar bisa sesuai.

Batako

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

Selanjutnya adalah batu bata batako, pasti diantara kalian banyak juga yang mengetahui jenis batu bata ini, pasalnya batu bata ini juga sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. bukan tanpa alasan, batako memiliki harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu biaya pembangunan rumah bisa lebih diminimalisir. Sama seperti bata merah, batako digunakan untuk pembuatan dinding rumah, pagar dan lain-lain. batako memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandungkan dengan bata merah. Sehingga menggunakan batako bisa membuat bangunan cepat selesai.

Batako memiliki bobot yang lebih ringan sehingga batako cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki lebih dari dua lantai, seperti ruko. Batako memiliki rongga, sehingga pemasangannya bisa lebih cepat.

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

Kamu bisa memanfaatkan batu bata pada dinding pada bagian luar rumah, hal ini karena batako memiliki sifat yang kuat dan kedap terhadap air. Karena memiliki sifat yang kedap air maka  penggunaan batako bisa untuk melindungi rumah yang dikelilingi oleh banyak air.

Namun karena sifatnya tersebut menjadikan batu bata menjadi kurang cocok digunakan sebagai dinding di daerah rumah tropis seperti di Indonesia. bukan tanpa alasan, batako memiliki sifat yang bisa menyimpan panas. Jadi bukan mustahil jika rumah akan menjadi panas dan pengap. Selain itu batako juga rentan terhadap keretakan dan benturan. Karena mudah untuk dilubangi, batako terbasuk batu bata yang rentan pecah.

Bata Hebel

Jenis-Jenis Batu Bata Yang Sering Digunakan Pada Rumah Hunian

Yang terakhir adalah bata hebel. Jenis bata ini sudah mulai banyak sekali digunakan oleh masyarakat di Indonesia. batu hebel atau sering disebut juga batu bata ringan ini merupakan produk pabrikan yang dibuat dengan melalui proses kimiawi. Terbuat dari bahan campuran pasir kusa, semen, kampur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pembuatannya. Karena tahap pembuatannya di pabrik, maka batu bata ini memiliki ukuran yang lebih presesi dan lebih rapih sehingga akan sangat memudahkan dalam pemasangannya.  Selain itu batu bata ini sangat baik  dalam menyerap panas, sehingga rumah kmau akan terasa lebih sejuk.

bata hebel

Yang membuatnya istimewa dibandingkan batu bata lainnya adalah daya serap airnya yang lebih rendah, dan tidak mudah menyerap rembesan air. Selain itu batu bata ini juga memiliki bobot yang lebih ringan daripada jenis batubata lainnnya. Dengan begitu tidak akan terlalu membebani strukrut bangunan. selain itu bata hebel juga bisa membuat tembok rumah menjadi lebih kokoh seperti batu bata merah.

Namun dibalik kelebihannya bata hebel memiliki kekurangan yaitu saat kita akan memasang batu bata ini. Kita membutuhkan sebuah perekat khusus untuk memasangnya, biasanya perekat yang digunakan ialah semen instan. Dari segi harga jauh lebih mahal dari batu bata yang lain karena mengingat bata ini merupakan produksi pabrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek