Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

ruang tamu

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

Rumah merupakan sebuah tempat atau hunian yang ditinggali dalam jangka waktu yang lama, oleh karena itu pastikan rumah menjadi tempat terindah dan ternyaman untuk ditinggali, ada pepatah mengatakan “ rumahku surgaku” ini menandakan bahwa rumah haruslah menjadi tempat singgah yang selalu membuat kita nyaman dan tentram Ketika berada didalamnya. Saat akan membangun rumah, kita pasti menginginkan desain rumah terbaik dengan penyesuaian tataletak ruangan, desain interior, pencahayaan dan tampilan exterior rumah yang indah.

Namun bagaimana jika membeli rumah bekas, rumah bekas umumnya memang dijual dengan harga yang miring dan kita tidak perlu menunggu waktu lama untuk menunggu proses pembangunannya. Rumah bekas biasanya sudah siap huni. Tetapi bagaimana jika rumah yang kamu beli memiliki suasana interior yang aga kurang dalam pencahayaan.

Ruangan yang tidak memiliki pencahayaan yang cukup akan membuatnya terlihat sempit, gelap, sesak dan bukan tidak mungkin ruangan tanpa pencahayaan yang cukup akan menjadi lebih lembab daripada ruangan lainnya. Hal ini biasanya dikarenakan tidak adanya bukaan atau ventilasi diruangan tersebut, sehingga ruangan menjadi gelap. Namun jangan khuatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ruangan tersebut menjadi lebih terang,  apasajakah cara tersebut, yuk simak artikelnya dibawah ini.

Mengganti cat ruangan

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

hdmag.net

Cara yang paling mudah untuk mengubah suasana ruangan adalah dengan mengubah warna cat pada ruangan tersebut. Untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal tentunya warna tersebut harus mampu memantulkan cahaya dengan baik, warna-warna yang biasa kamu pilih adalah krem, kuning, atau putih. Selain itu agar pencahayaan lebih maksimal tentunya harus didukung dengan dekorasi ruangan seperti sofa dan karpet dengan warna yang senada dengan cat tembok. Nah dengan cara ini tentunya akan membuat ruangan tampak lebih terang.

Menambahkan Pencahayaan Tambahan

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

www.alibaba.com

Menambahkan pencahayaan tambahan merupakan cara yang efektif namun tetap saja kamu harus memilih jenis pencahayaan yang lebih hemat energi agar listrik rumah tidak boros, gunakan lampu yang cukup terang yang diletakan ditengah plafon ataun kamu bisa menambahkan dekorasi berupa Lampu Lis Led diplafon. Jika kamu masih merasa ruangan kurang terang, gunakan lampu berdiri yang diletakan disudut, diletakan didekat televisi atau di samping sofa, selain membuat ruangan lebih cerah, tampilan interior juga akan terlihat lebih manis.

Hindari Dekorasi Dinding Yang Terlalu Over

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

Memajang lukisan foto dan berbagai dekorasi lainnya memang akan membuat ruangan terlihat indah jika penataannya dilakukan dengan baik, namun jika terlalu over dengan menempelkan berbagai dekorasi pada dinding akan membuat ruangan lebih terlihat sempit dan gelap. Pajangan berupa lukisan figura, dan foto akan menghalangi pantulan cahaya keruangan tersebut.

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

Oleh karena itu jika ingin menambahkan dekorasi pada dinding sebaiknya letakan beberapa saja, jangan terlalu banyak selain itu letakan lukisan dan foto dengan bentuk yang baik sehingga dinding akan terlihat lebih menarik.

Gunakan Cermin Besar

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

Cara yang satu ini biasanya digunakan pada ruangan-ruangan yang sempit, menempatkan cermin yang besar akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas karena pantulannya. Selain itu cermin juga bisa memantulkan cahaya yang lebih maksimal sehingga ruangan tak hanya terlihat luas, ruangan akan mendapatkan pencahayaan yang lebih baik.

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

Shutterstock

Agar lebih maksimal, gunakan cermin yang besar yang seukuran  dinding, dengan begitu pantulan dan pencahayaan akan lebih maksimal.

Jangan Gunakan Furniture yang Tinggi

Gunakan Cara Ini Agar Pencahayaan Interior Lebih Maksimal

www.jeparaheritage.id

Cara selanjutnya adalah memilih jenis furniture yang tidak terlalu tinggi, karena furniture yang tinggi akan menghasilkan bayangan yang lebih besar, tentunya ini akan menjadikan ruangan terasa lebih gelap. Oleh karena itu belilah furniture yang tidak terlalu tinggi, contohnya sofa lesehan, meja kopi yang memiliki kaki yang pendek dan lemari yang berukuran pendek.

Sumber Referensi : 99.co/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek