Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

pixabay.com

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

Kehadiran tikus dirumah menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan dengan cepat. hal ini karena tikus merupakan hewan perusak, apalagi jika tikus masuk kelemari pakaian kita. Selain itu tukus juga bisa membuat rumah menjadi kotor, bau dan bisa membawa sumber penyakit yang bisa membahayakan.

tikus masuk kedalam rumah  karna mencium atau menemukan sumber makanan. Maka tak heran jika kita kadang menemukan tikus di area dapur. Selain itu tikus juga menyukai tempat yang lembab. Tempat yang menjadi favoritnya untuk bersarang adalah sudut-sudut rumah atau atap. Binatang ini juga kerap disebut hama, karena kehadirannya sangat menganggu dan merugikan. Ada beberapa penyakit serius yang disebabkan oleh tikus yaitu, hatanavirus, tularemia, pers, leptospirosis dan salmonellosis. Umumnya penyakit, virus dan bakteri ini beasal dari feses atau urine yang berkeliaran dirumah.

Oleh karena itu sangat penting sekali mengusir kehadiran tikus dirumah agar kamu dan keluarga bisa aman dan tetap sehat. Nah dalam artikel ini kami akan memaparkan Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami, sehingga akan lebih aman dan tidak berefek pada pemilik rumah.

Menggunakan Lada Bubuk

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

tokopedia.com

Didapur rumah pastinya terdapat bumbu masakan yaitu lada bubuk. Nah lada bubuk ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus, karena lada bubuk atau merica ini mengandung senyawa piperin yang sangat menyengat sehingga tidak disukai oleh tikus. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menaburkan lada bubuk kedalam lubang tikus atau taburkan diarea-area tikus sering lewat. Sehingga Ketika tikus mencium aroma tersebut, tikus akan langsung pergi dan merasa tidak nyaman.

Menggunakan Minyak Pepermint

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

afrimash.com

Aroma minyak peppermint sangat tidak disukai oleh tikus, oleh karena itu kamu bisa menggunakan minyak ini untuk mengusir tikus agar tidak masuk kerumah. Caranya sangat mudah, kamu hanya cukup mencelupkan beberpa kapas bola kedalam minyak peppermint lalu tempatkan kapas tersebut pada aera dimana tikus bersarang atau tempat dimana kamu sering menemukannya. Namun jika kamu tidak memiliki minyak ini dirumah, kamu bisa menggunakan minyak jarak atau menggunakan serai, karena keduanya sama-sama memiliki aroma yang tidak disukai oleh tikus.

Menggunakan baking soda dan makanan untuk umpan

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

fibercreme.com

Cara ini memang aga ekstreme karena kita akan meracuni tikus dengan baking soda, sehingga tikus akan mati. Nah caranya yaitu dengan menyiapkan umpan makanan yang disukai oleh tikus lalu mencampurkan makanan tersebut dengan baking soda. Ketika tikus memakan umpan tersebut maka akan berefek pada tumbuhnya, tikus akan mengembang kerena gas yang dihasilkan dari baking soda tidak bisa mereka keluarkan. Dengan begitu tikus akan lari keluar ruangan  terbuka dan kemudian mati karena tidak bisa menahan gas tersebut.

Namun perlu digaris bawahi cara ini mungkin akan kurang efektif karena tikus bisa mati dimana saja, mungkin saja mati didalam ruangan atau disarangnya sehingga bisa menumbulkan bau bangkai. Agar kejadian tersebut tidak terjadi, setelah kamu meracuni tikus dengan baking soda. Kamu harus sering-sering mengecek sudut-sudut ruangan dan tempat yang menjadi sarang tikus agar bisa langusng membuangnya Ketika tikus mati.

Menggunakan irisan bawang

Cara Mudah Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

amazon.com

Nah cara selanjutnya adalah dengan menggunakan irisan bawang. Jika kamu tidak memiliki lada bubuk karena kehabisan, kamu bisa juga menggunakan bawang didapur. Tentunya cara ini sangat mudah yaitu dengan mengiris bawang merah lalu taruh irisan tersebut kedalam mangkuk kecil lalu taruh di tempat-tempat seperti dapur, garasai atau tempat tikus berkumpul, jika kamu menggunakan bawang putih, kamy bisa membungkus irisannya menggunakan kain.  Dengan aroma bawang merah atau bawang putih akan membuat tikus menjauh dan tidak nyaman sehingga tikus akan pergi dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek