Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

ruang makan klasik

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

Furniture kayu saat ini masih mendominasi rumah-rumah di berbagai daerah Indonesia, hal ini tentunya furniture kayu dipilih karena bisa menyesuaikan dengan berbagai furniture lainnya. Selain itu furniture kayu memiliki bentuk yang menarik dan bisa menjadi derkorasi rumah yang manis.  Alasan kebanyakan orang memilih furniture kayu adalah karena  bahannya yang bisa bertahan lama.

Meskipun bisa bertahan lama, jika tidak dijaga dengan baik akan membuat umur kayu semakin pendek. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat furniture kayu dengan cara yang baik dan benar, sehingga furniture dirumah bisa digunakan dalam jangka waktu yang Panjang. Nah apasajakah itu, yuk langsung saja ke artikelnya dibwah ini.

Tempatkan Kayu Pada Tempat Yang Memiliki Suhu Normal

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

blog.rumahdewi.com

Jauhkan furniture kayu dari paparan cayaha matahari, jika terus dibiarkan terkena matahari kayu akan menyusut sedikit demi sedikit. Nah ini bisa menyebabkan keretakan pada lapisan kayu, oleh karena itu usahakan untuk menjauhkan furniture kayu agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Selain itu jangan letakan furniture kayu di tempat yang lembab, hal ini bisa membuat furniture kayu diserang oleh jamur, serangga dan rayap, sehingga kayu akan mudah keropis dan rusak.

Jauhkan Dari Cairan

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

resourcevintageblog

Jika kita perhatikan dengan baik, pastinya di setiap meja di dapur terdapat noda kecil atau noda hitam berbentuk lingkaran yang tiba-tiba timbul. Namun noda hitam tersebut bukan timbul begitu saja. Biasanya noda tersebut muncul akibat kamu terlalu sering menyimpan gelas dengan isi air atau cairan lain yang tiba ikut menempel pada permukaan kayu. Jika dibiarkan begitu saja cairan tersebut akan menempel permanen pada kayu sehingga akan merusak teksture kayu.

Nah untuk mengatasinya bisa dengan mengusapkan campuran minyak goreng dan abu atau bisa juga menggunakan pasta gigi dan soda.  Namun jika nodanya kecil. Kamu bisa mengusapnya dengan jari. Atau kamu bisa menggunakan biji kemiri. Caranya bakar biji kemiri hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu hancurkan minyak dengan benda tumpul dan usapkan serpihan kemiri pada noda yang menempel pada permukaan kayu.

Pindahkan Furniture Kayu Dengan Hati-Hati

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

Mengatur tata ruangan secara berkala memang bisa membuat suasana ruangan tampak lebih baru dan tidak membosankan. Namun jika terlalu sering memindahkan furniture kayu akan meningalkan bekas pada lantai dan bisa membuat kayu rusak jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Terutama pada furniture kayu yang memiliki bobot yang berat. Pastikan Ketika ingin memindahkan furniture kayu yang berat untuk meminta bantuan orang lain. Dengan bantuan banyak orang, furniture yang dipindahkan akan lebih seimbang dan lantai pun akan terbebas dari goresan.

Gunakan Alas Pada Kaki-Kaki Furniture Kayu

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

id.aliexpress.com

Furniture kayu rata-rata memiliki berat yang lumayan. Nah ini sangat penting untuk memberikan alas pada kaki-kakinya menggunakan kain atau keset. Hal ini dilakukan agar setiap pergeseran furniture kayu tidak meninggalkan bekas pada lantai. Terutama bagi kamu yang memiliki lantai berbahan kayu yang sangat mudah tergores.

Bersihkan Furniture Kayu Secara Berkala

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Bisa Bertahan Lama

Bersihkan furniture secara berkala, hal ini sangat penting untuk menjaga furniture kayu tetap dalam keadaan bersih, untuk membesihkannya kamu bisa menggunakan lap dan kemoceng atau jika furniture memiliki sudut-sudut dan ukuran yang sulit dijangkau, bisa gunakan kuas yang berukuran kecil agar bersih secara menyeluruh, atau bisa juga menggunakan cairan khusus untuk pembersih kayu dengan cara menyemprotkannya. Pastikan juga permukaan kayu dibersihkan hingga kering agar tidak meninggalkan cairan sehingga kayu menjadi lembab.

Hindari untuk menggunakan pembersih yang mengandung solvent seperti menanol, toluene dan aseton. Cairan tersebut bisa merusak top coating pada furniture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek