Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

rumput jepang

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

Ada banyak sekali cara untuk membuat rumah tampak segar dan indah, seperti menanam pepohonan dan menanam bunga-bunga yang cantik. Namun kamu juga bisa mencoba untuk memberikan sentuhan hijau pada taman/halaman rumah dengan Menanam rumput. ada dua piliha rumput yang bisa kamu pilih, yaitu rumput sintetis dan rumput asli. Jika kamu ingin memilih rumput yang tidak repot dalam perawatan dan tidak membutuhkan air, kamu bisa memilih rumput sintetis. Namun rumput sintetis hanya berfungsi sebagai penghias saja, berbeda dengan rumput asli yang bisa memberikan kesan yang natural sekaligus bisa memberikan suasana yang lebih segar pada halaman rumah.

Apakah kamu mengetahui rumput jepang, nah rumput jepang merupakan jenis tanaman hias yang bisa ditanam di taman. Nama latin dari rumput ini ialah Zoysia Japonica. Di negara-negara berbahasa inggris sana mereka mengenalnya dengan istilah Korean Lawn Grass, Memiliki Karakteristik Ujung Daun yang runcing seperti jarum membuat banyak orang menyebutnya dengan sebutan rumput jarum. Saat kamu mencoba duduk diatasnya mungkin kamu akan merasakan kurang nyaman seperti tertusuk jarum.

Penggunaan rumput ini memberikan kesan yang lebih asri dan segar pada rumah. selain itu rumput ini memiliki fungsi estetika yang sangat baik. rumput ini juga memiliki kemampuan penyerapan air yang menggenang. Sehingga kamu tidak akan menemukan air yang menggenang pada taman jika menggunakan rumput ini.

Nah dalam artikel ini kami akan khusus memberikan Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar, berikut artikelnya.

Pemilihan Bibit Rumput Jepang

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

Lazada.co.id

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat akan menaman rumput jepang ialah dengan memilih bibit yang terbaik. Caranya yaitu pastikan kamu memilih bibit rumput jepang yang berwarna segar sehingga menunjukan kualitasnya yang bagus, sehat dan tidak terserang oleh hama. Selain itu kamu juga harus mengecek pada teksture daunnya, pilih bibit rumput jepang yang memiliki teksture yang keras dan tidak layu agar nantinya bisa tumbuh dengan sempurna. Dan pastikan pula bahwa bibit rumput jepang memiliki akar dalam kondisi yang baik.

Persiapan Lahan

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

Setelah pemilihan bibit selesai, kamu bisa menyiapkan lahan untuk menanam rumput jepang. Kamu bisa menggali tanah menggunakan cangkul atau sekop kecil pada area yang akan ditanami bibit rumput jepang. Buat kedalaman yang cukup atau buat tanah hingga gembur.  Setelah itu kamu bisa meratakan permukaan tanah dan singkirkan sisa-sisa sampah atau tanaman lain pada area tersebut. Jika tanah tersebut kurang gembur, kamu bisa mencoba untuk menggunakan alat lain seperti garpu untuk menggemburkannya Kembali.

Pemberian Pupuk Pada Lahan

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

Setelah persiapan lahan selesai, kamu bisa menuju Langkah selanjutnya, yaitu memberikan pupuk pada area permukaan tanah. Ada banyak sekali pupuk yang dijual dipasaran, mulai dari pupuk organik hingga pupuk cair, dalam cara ini kami menyarankan untuk memberikan pupuk organik pada lahan yang telah dipersiapkan dengan rasio perbandingan 2:5 atau sebanyak 2,5 kilogram per 1 meter persegi. Lalu pastikan untuk menyiram tanah yang telah diberikan pupuk agar bisa meresap dengan baik. setelah itu biarkan selama 5 sampai 7 hari agar nantinya tanah siap untuk digunakan.

Penanaman Rumput Jepang

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

Nah setelah menunggu 5 sampai 7 hari, lahan sudah siap untuk ditanami bibit rumput jepang. Sebelumnya kamu bisa menyiram bibit rumput jepang yang akan ditanam agar terhindar dari kotoran yang menempel. Selain itu pastikan kamu menanam rumput jepang pada jam atau waktu tepat, yaitu sore hari atau menjelang malam agar rumput bisa mudah untuk beradaptasi dan terhindar dari sinar matahari langsung. Lubangi tanah dengan jarak 10 x 10 cm. tanam rumput jepang pada lubang tersebut, lalu tutup dan ratakan Kembali.

Cara Merawat Rumput Jepang

Cara Menanam Dan Merawat Rumput Jepang Dengan Baik Dan Benar

sodsolutions.com

Nah setelah proses penanaman rumput jepang selesai dilakukan, sebaiknya kamu tetap memperhatian proses pertumbuhannya dan tidak mengabaikan begitu saja. Coba untuk pantau rumput jepang secara berkala dan siram secara rutin agar proses pertumbuhannya bisa berlangsung dengan baik.  nah dari awal sampai penanaman, sebaiknya kamu menyiram rumput jepang sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Nah saat rumput jepang sudah ditanam selama 2 Minggu. Kamu bisa langusng menggunakan pupuk Urea Dengan Dosis ½ Klilogram untuk lahan per 10 Meter Persegi. Dan setelah umurnya Mencpai 1 ½ bulan, silahkan pakai Pupuk TSP Dengan Dosis yang sama seperti Pupuk Urea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek