Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Shutterstock

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang termasuk kedalam rempah-rempahan dan wajib ada di dapur rumahan. Hal ini sangat penting untuk membuat makanan lebih memiliki aroma yang lebih wangi dan rasa yang lezat.  Tak hanya digunakan untuk bahan makanan, bawang putih juga kerap digunakan untuk pengobatan alami dan bisa mengusir serangga. Sama seperti halnya cabai, bawang putih juga terkadang mengalami kenaikan harga. Nah daripada membeli bawang putih kepasar, tidak ada salahnyakan menanam bawang putih di rumah, dengan begitu kamu akan sedikit lebih hemat dan tidak perlu repot-repot kepasar jika suatu saat nanti akan menggunakannya.

Cara menanam bawang putih sebenar nya tidak terlalu sulit guys, namun jika tidak dilakukan dengan benar, bawang putih yang kamu tanam akan mengalami gagal panen sehingga usahamu menanam bawang putih akan sia-sia. Nah berikut kami akan memberikan tips Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar.

Pemilihan Jenis Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Shutterstock

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih jenis bawang putih yang akan kamu tanam. Umumnya bawang putih memiliki dua jenis yaitu bawang putih softneck dan bawang putih hardneck.  Bawang putih softneck lebih cocok ditanam di derah yang dingin dan sejuk, sedangkan bawang putuh hardneck cocok ditanam di derah yang memiliki cuaca yang panas.

Tentunya agar bawang putih bisa tumbuh dengan maksimal kamu bisa memilih jenis bawang putih yang sesuai dengan cuaca di derah tempat kamu tinggal.

Siapkan Media Tanam Dan Pot

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

medium.com

Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup untuk menanam bawang putih, kamu bisa menggunakan pot dan media tanam untuk menanam bawnag putih. Pastikan kamu memilih jenis pot yang memiliki lubang pada bagian bawah nya, hal ini sangat penting agar sirkulasi air berjalan dengan baik. ukuran pot yang ideal untuk menanam bawang ini memiliki kedalaman 20 cm dan bisa menampung bwang putih dengan jarak 10 cm.

Sedangkan untuk media tanam nya, kamu bisa menggunakan tanah yang berkompos yang sudah siap pakai dengan campuran sedikit pasir.

Proses Penanaman

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Setelah kamu menyiapkan pot dan media tanam, selanjutnya kamu bisa masuk ketahap penanaman. Pertama kamu bisa mengambil umbi lalu pisahkan setiap siung nya. Lalu letakan siung bwang putih diatas tanah yang sudah disiapkan dengan jarak antar suing sekitar 10 cm. pastikan kamu meletakan siung  yang rata menghadap kebawah dan yang lancip menghadap keatas. Tanam siung di media tanam lalu sisa kan ujung siung sekitar 2.5 cm. sampai sini kamu sudah menyelesaikan proses penanaman bawang putih, mudah bukan.

Perawatan

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Setelah kamu menyelesaikan proses penanaman bawang putih, ada Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu perawatan, kamu tidak akan mendapatkan hasil bwang putih yang bagus jika kamu mengabaikan perawatan, bahkna yang lebih parah, kamu akan mengalami gagal panen jika bawang putih tidak mendapatkan perawatan dengan baik.  tentunya perawatannya pun tidak sulit dan rumit kok guys.

Kamu bisa merawatnya secara berkala, seperti tanaman pada umumnya, bawang putih butuh di siram menggunakan air agar tanah nya tetap lembab, namun jangan terlalu baasah, siram lah pot secukupnya dengan air, jika media tanam masih dalam keadaan basah, kamu tidak perlu melakukan penyiraman, hal ini agar air didalam pot tidak terlalu basah.

Dengan menyiramnya secara teratur dan penempatan pot yang pas maka dalam waktu beberapa hari, tanaman bawang putihmu akan mengeluarkan tunas berwatna hijau. Ini menandakan bahwa bawang putih yang kamu tanam mulai tumbuh.

Cara Memanen Bawang Putih

Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah Dengan Benar

Nah setelah kamu menyelesaikan Langkah-langkah di atas dan tanaman bawang putihmu berhasil tumbuh. Langkah selanjutnya adalah memanen bawang putih. Tanda-tanda bawang putih yang sudah siap panen terletak pada daunnya, jika bagian tengah daun sudah mulai menguning atau kecoklatan dan menjadi kering, artinya bawang putih sudah siap untuk di panen.

Mudah bukan cara menanam bawang putih dirumah. Kamu bisa segera mencobanya, daripada bete dirumah karena PSBB. Tidak ada salahnya mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Oke sekian artikel kali ini, sampai ketemu di artikel berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = fourteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek