Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

sindonews.net

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

Semut merupakan hewan kecil dengan pertumbuhannya sangat cepat. Keberadaan semut terkadang sangat menganggu bagi Sebagian orang. Biasnya hewan ini hidup di pohon, disela-sela furniture, lubang-lubang tembok dan dibawah tanah, mereke hidup secara berkoloni. Terkadang kita merasa jengkel karena keberadaan hewan ini bisa merusak tanaman kesayangan kita dan bisa membuat kualitas tanaman menjadi menurun.

Namun perlu kamu ketahui bahwa semut merupakan hewan yang tidak secara langsung merusak tanaman loh. keberadaan semut terkadang bisa mengusir hama lain seperti kutu putih dan kutu pada daun yang terkadang terdapat pada tanaman hias. karena sifatnya yang menyukai kotoran manis hasil dari hinggapnya serangga-serangga tadi  membuat semut sering berkumpul pada tanaman hias. nah ada beberapa cara yang mudah dan efektif untuk mengusir semut agar bisa menjauh dari tanaman. Tidak perlu menggunakan bahan kimia, berikit Beberapa cara efektif mengusir semut dari tanaman hias dengan bahan-bahan alami.

Gunakan kulit Jeruk

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

Pixabay

Tahukah kamu bahwa aroma yang dihasilkan dari buah jeruk tidak disukai oleh semut. Dengan begitu kita bisa memanfaatkan buah ini untuk membasmi semut dari tanaman yang berada dihalaman rumah. Caranya pun tergolong sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Pertama kamu bisa menyiapkan kulit jeruk dan memerasnya.  Sebarkan sari aroma kuliy jeruk ke sekitar tanaman. Nah untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa merebus kulit jeruk dalam jumblah yang cukup banyak selama kurang lebih sekitar 15 menit. Lalu haluskan kulit jeruk tadi dan tuangkan ke sekliling halaman. Dengan begitu semut tidak akan berani mendekat karena aromanya.

Gunakan Rempah-Rempah Yang Ada Dirumah

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

vanillakismis.my

Selain kulit jeruk, kamu bisa mencoba cara lain yaitu dengan menerbarkan rempah yang memiliki aroma yang kiat seperti kayu manis, bubuk kopi, cengkeh atau daun teh kering yang sangat tidak disukai oleh semut. pilih salah satu rempah-rempah diatas yang ada dirumah kamu, lalu terbarkan ke halaman atau ke sekitaran tanaman hiasmu. Dengan cara ini tentunya semut tidak akan berani mendekat karena aroma kuat yang dihasilkan dari rempah-rempah. Cara ini sangat aman dan tidak akan berpengaruh kepada tanaman hias dan tidak merusak lingkungan.

Gunakan Larutan Sabun

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

gwyna.websites.co.in

Kamu bisa menafaatkan larutan sabun untuk mengusir semut dihalaman rumah. Sabun yang bisa kamu gunakan untuk mencuci peralatan dapur ternyata bisa dimanfaatkan juga untuk mengusir semut. cara ini tentunya sangat mudah dan bahanya pun sangat mudah untuk didapatkan. Dengan kandungan peppermint pada sabun cuci bisa membuat  koloni semut menjauh sehingga tanaman dipekarangan rumah menjadi lebih aman tanpa gangguna semut.

Menghilangkan Jejak Semut Yang Akan Menuju Halaman

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

sindonews.net

Cara yang sangat mudah dan simple mengusir semut dari halaman rumah adalah dengan menghilangkan jejak semut. biasanya semut berjalan secara berjajar atau beriringan menuju tanaman. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengilangkan jejak semut ini adalah dengan meletakan kain yang sudah tidak terpakan pada jalur-jalur yang dilewati oleh semut. namun sebelum melakukannya, agar lebih maksimal, kamu bisa menrendam terlebih dahulu kain tersebut menggunakan pemutih pakaian lalu peras hingga sisa air yang terdapat pada kain tidak terlalu banyak. Setelah itu langsung simpan atau blok jejak semut tersebut.

Menjaga Halaman Agar Selalu Tetap Bersih

Cara Efektif Mengusir Semut Dari Tanaman Dengan Bahan Alami

Keberadaan semut sebenarnya bukan tanpa alasan. Biasanya semut datang karena terundang dengan bau dan aroma manis.  Agar semut tidak datang maka kamu bisa memantau tanaman dan menjaga kebersihan pada halaman. Ini merupakan upaya yang sangat baik selain menghindarkan semut dari halaman tentunya halaman akan menjadi bersih dan terlihat lebih cantik jika selalu dirawat dan dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek