Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

Kulkas merupakan peralatan elektronik yang memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuat makanan tetap segar. Sehingga makanan yang kamu beli bisa dimakan atau dimasak dilain hari, seperti sayuran, buah-buahan, dan minuman jus. Dengan kulkas makanan tersebut akan tetap awet dalam waktu tertentu dan bisa terbebas dari hewan-hewan kecil.

Merawat kulkas sangat penting agar makanan didalamnya bisa terus tetap segar, jika kulkas rusak tentunya kamu akan merasa kerepotan karna makanan didalamnya bisa saja membusuk dalam waktu yang cepat. suhu normal kulkas untuk bisa menjaga bahan makanan agar awet ialah 4°C. sedangkan untuk freezer suhu yang dianjurkan adalah -18°C. namun jika suhu berada jauh diatas anjuran tersebut maka akan berdampak pada mesin kulkas yang bisa saja rusak dalam waktu yang cepat. selain masalah pada suhu, ada beberapa masalah pada kulkas yang membuat kulkas menjadi tidak dingin maksimal. Apasajakah masalah tersebut, berikut ulasannya.

Terlalu Sering Membuka Dan Menutup Kulkas

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

Penyebab kulkas tidak dingin bisa jadi karena kamu terlalu sering membuka tutup kulkas. Meskipun sepele ternyata sering membuka tutup kulkas merupakan salah satu hal yang harus dihindari. Pada saat kamu membuka kulkas, maka saat itu udara dingin di dalam akan tercampur dengan suhu ruangan. setiap kamu menutup Kembali mesin akan menyesuaikan dengan suhu ruangan untuk Kembali mendinginkan. Jika ini terjadi secara berulang maka kulkas akan terus bekerja keras dan akan membuatnya menjadi cepat rusak. Sehingga kulkas tidak bisa memberikan suhu dingin dengan maksimal.

Oleh karena itu mulai saat ini pastikan untuk tidak terlalu sering membuka tutup kuklas. Agar bisa meminimalisit buka tutup terlalu sering, maka pikirkan benda yang akan diambil secara sekaligus. Selain itu buat not kecil lalu tempelkan dikulkas agar semua penghuni membuka kulkas seperlunya saja dan awasi sikecil agar tidak bermain-main dengan kulkas.

Kerusakan Pada Karet Pintu Kulkas

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

Semua kulkas memiliki lapisan karet pada bagian sisi-sisi pintunya, ini berfungsi untuk membuat ruangan pendingin dan freezer kedap dari udara luar. Penyebab kulkas kamu tidak dingin bisa jadi dari karetannya yang sudah mulai mengering atau longgar. Sehingga membuat udara dari luar masuk kedalam kulkas dan menyebabkan suhu udara didalam kulkas menjadi lebih panas. Oleh karena itu coba cek bagian sisi-sisi pintu kulkas, cek apakah karetnya masuh bisa menutup kulkas dengan semurna atau tidak, jika ternyata karetannya sudah mulai kering atau longgar maka kamu bisa menghubungi jasa service kulksa untuk segera memperbaikinya.

Terlalu Sering Memasukan Makanan Panas

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

tokopedia.com

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah akibat terlalu sering memasukan benda panas atau makanan panas kedalam kulkas. Hal ini sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan namun jika kegiatan ini terlalu sering dilakukan maka kulkas akan bekerja ekstra untuk bisa menyesuaikan suhu didalamnya agar bisa tetap dingin. Sehingga lama kelamaan kulkas akan cepat drop. Jika memang mau memasukan makanan panas, sebaiknya tunggu dulu sampai aga dingin lalu masukan kedalam kulkas, agar kulkas lebih aman dan terhindari dari kerusakan.

Akibat Dari Bunga Es Yang Sudah Menumpuk

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

detik.net.id

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi akibat kulkas tidak dingin adalah es yang menutupi lubang-lubang angin. Udara dingin yang dihasilkan dari mesin kulkas disalurkan ke dalam melalui lubang angin. Nah lubang angin nin bisa tertutupi oleh bunga-bunga es. Bunga es terkadang menjadi sumber masalah pada kulkas 1 pintu dan pada frezzer kulkas 2 pintu. Jadi akibatnya udara dingin tidak akan bisa disalurkan dengan maksimal dan akan membuat udara didalam kulkas menjadi kurang dingin. Jika kamu menenui bunga-bunga es yang bermunculan dan menumpuk. Maka segera bersihkan. Kamu bisa membersihkannya dengan cara membuka lemari es sembari mematikan mesinnya. Dengan sendirinya es akn mencair dan terelepas. Agar tidak becek, kamu bisa menggunakan wadah yang besar dibawah kulkas agar air tidak kemana-mana.

Kehabisan Atau Kerusakan Pada Freon

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT

Jika masalah diatas sudah diatasi atau tidak ditemukan, maka mungkin saja Kulkas mu kehabisan freon. Nah freon sendiri merupakan senyawa gas atau cairan yang tidak berwarna, berbau dan tidak pula mudah terbakar. Sama seperti Freon Pada AC, Freon yang ada dialam kulkas harus diganti jika sudah melebihi masa pakai. jika freon habis atau kamu lupa untuk menggantinya. Bisa jadi ini yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

Penyebab freon kulkas habis bisa saja karena melebihi masa pakai, kebocoran dan kerusakan. Bisanya freon habis dalam jangka waktu 5 tahun lebih tergantung

Kompresor Yang Sudah Melemah

Beberapa Masalah Yang Menyebabkan Kulkas Menjadi Kurang Dingin

wahanasuperstore.com

Yang terakhir yaitu masalah pada kompresor yang sudah melemah. Nah jika bukan karena freon yang habis ada kemungkinan pada kompresornya. Kompresor sendiri bisa di ibaratkan sebagai jantung yang membuat semua komponen pada kulkas bisa bekerja. Jadi apabila kompresor melemah maka semua komponen pun akan ikut terdampak dan kulkas akan menjadi mengeluarkan suhu panas. Untuk mengatasinya tentu harus memanggil jada service kulkas agar masalah bisa diatasi dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek