Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

iStock

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

Merawat rumah agar tetap bersih ialah membersihkannya dengan rutin, menggunakan cairan pembersih akan mempermudah kamu untuk menghilangkan noda yang menempel pada kaca maupun lantai rumah, namun apakah kamu termasuk orang yang menggunakan satu jenis produk pembersih untuk membersihkan parabotan, lantai kaca atau kamar mandi?. Meskipun bisa memudahkan kita dan tidak ribet, ternyata cara tersebut bisa saja merusak perabotan lain atau benda lain. contohnya adalah lantai kayu. Jika kamu asal menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan lantai ini maka bisa saja warnanya akan kusam.

Hal tersebut tentunya harus di hindari, seperti yang kita ketahui lantai kayu memang membutuhkan perawatan yang khusus, nah dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa cairan pembersih lantai yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan lantai kayu, apasajakah itu? Berikut ulasannya.

Menggunakan Minyak

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

iStock

Ada beberapa orang yang menggunakan minyak untuk membuat lantai kayunya lebih mengkilap. Namun tahukah kamu meskipun lantai kayu bisa mengkilap dengan cepat, namun cara ini bisa merusak tampilan kayu. Jika kamu menggunakan minyak untuk pembersih atau melapisi lantai agar mengkilap. Nantinya bekas minyaknya akan tersisa dan bisa menjadi noda pada permukaan lantai. Tentunya ini harus dihindari karena lantai akan licin dan sangat berbahaya untuk penghuni di rumah. Apalagi dirumah mu terdapat anak kecil yang sedang aktif suka berlarian ke sana dan kesini, maka cara ini harus dihindari ya gus.

Menggunakan Cairan Buah Lemon

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

@ topmetro.news

Beberapa artikel sebelumnya kita banyak sekali mengulas manfaat lemon sebagai cairan pembersih yang ampuh untuk membersihkan noda. Namun ternyata cairan lemon tidak direkomendasikan untuk membersihkan lantai kayu,  karena lemon memiliki sifat asam yang bisa beresiko membuat materal kayu menjadi kehilangan kilap alaminya. Sebaiknya kamu menggunakan cairan lemon untuk membersihkan bahan material lain pada perabotan dan furniture rumah seperti lantai ubin, kulkas dan lain-lain.

Kandungan Senyawa Amonia

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

99.co.id

Ada banyak sekali produk pembersih kimia yang dibuat dengan campuran ammonia. Jenis senyawa ini sebenarnya tidak disarankan untuk membersihkan material berbahan kayu, karena ini akan membuat permukaan kayu bisa menjadi rusak akibat larutannya zat lignin yang Menyusun dinding kayu. Ini akan berefek pada penggunaan janga Panjang. Lantai akan mudah terkelupas dan bisa rusak dengan cepat. jadi hinadi produk pembersih yang mengandung senyawa ini ya gus agar lantai kayu dirumah bisa bertahan lama.

Menggunakan Larutan Sabun Dan Air

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

propertyguru.com.my

Ketika kmau kehabisan cairan pembersih lantai kayu, jangan sekali-kali untuk menggunakan capuran sabun dan air untuk membersihkan kayu. Hal ini akan merusak kayu dan memang cairan tersebut tidak di peruntukan untuk lantai berbagan kayu sehingga dikemudian hari malah akan membuat kayu menjadi rusak dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang Panjang, selain itu senyawa dalam sabun sangat rawan menyisakan residu yang bisa saja mengakibatkan lantai kehilangan kilapannya dan terasa licin.

Menggunakan Cairan Pemutih

Beberapa Cairan Pembersih Yang Tidak Boleh Digunakan Untuk Lantai Kayu

Meskipun cairan pemutih sangat ampuh untuk menghilangkan noda yang membandel pada lantai. Bukan berarti kamu bisa menggunakan cairan ini pada lantai kayu dirumah. Karena jika kamu menggunakannya untuk kayu maka warna alami yang dimiliki kayu bisa saja akan memudar. Sehingga nantinya akan membuat keindahan lantai kayu menjadi hilang. Namun jika kamu ingin menggunakan cairan pemutih untuk membersihkan noda membandel pada kayu, kamu cukup mencelupkan sikat gigi pada cairan pemutih, ingat jangan terlalu banyak yah, lalu gosokan secara perlahan pada area bernoda. Setelah itu segera lap pada aera tersebut dengan kain kerung agar bisa meminimalisir resiko warna memudar pada kayu.

Menggunakan Cairan Pembersih Kaca

prokleanservices.org

prokleanservices.org

Terkadang ada saja Sebagian orang menggunakan cairan pembersih kaca atau jendela untuk membersihkan lantai kayu. Cara ini merupakan cara yang tidak  ideal pada permukaan kayu, karena ada beberapa merek produk kayu yang mengandung bahan abrasif didalamnya. Oleh karena itu menggunakan pembersih kaca malah akan merusak permukaan kayu dan bisa meninggalkan noda. Bukannya bisa membuat lantai kincong, malah akan membuat lantai kayu menjadi kusam dan rusak.

Sumber Referensi :99.co.id/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek