Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

pixabay.com

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

Elemen pada rumah yang berbahan besi banyak sekali kita temui dirumah, seperti pada pagar, gerbang rumah, furniture dan lain-lain. seperti yang kita ketahui kelemahan matrial besi adalah karat. Karat sendiri merupakan kondisi yang dimana besi mengalami korosi dengan melalui proses oksidasi sehingga bisa menimbulkan kotoran hasil korosi tersebut yang berwarna kekuningan. Karat bisa terbentuk akibat uap air ataupun akibat udara dilingkungan sekitar yang lembab, uap garam dan asam di udar bebas.

Timbulnya karat menjadi masalah yang tentunya harus segera diatasi, hal ini karena karat bisa membuat material besi menjadi rusak. Oleh karena itu kita harus segera melakukan cara untuk menghilangkan karat tersebut agar tidak menyebar ke seluruh permukaan besi. Nah apakah cara yang efektif dan mudah untuk menghilangkan karat pada besi, berikut kami akan memberikan tipsnya.

Menggunakan Cuka Dapur

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

kanalkalimantan.com

Bahan penyedam rasa pada masakan ini sangat mudah ditemukan pada setiap dapur rumah, cuka menjadi bahan pertama yang kami rekomendarikan untuk menghilangkan karat pada besi. Caranya pun sangat mudah sehingga kamu bisa melakukannya sendiri dirumah. Kamu hanya perlu menuangkan cuka pada bagian besi yang berkarat seletah itu biarkan selama 24 jam kurang lebih cairan suka bisa benar2 mersap dan merontokan karat.

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

Setelah 24 jam, kamu bisa menggocok bagian karatnya menggunakan sikat atau spons. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, bisa menggunakan spons atau sikat dengan bahan dasar almunium foil agar lebih efektif dan bisa dengan cepat untuk menghilangkan sisa-sisa karat pada besi.  Menggunakan cuka biasa memang aga lebih lama jika dibandingkan dengan cuka putih. Namun setidaknya kamu bisa menamukan cuka biasa lebih mudah sehingga tidak terlalu merepotkan.

Menggunakan Ampelas

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

wikipedia.com

Cara kedua adalah menggunakan ampelas, biasanya ampelas digunakan untuk melakukan finishing agar benda tersebut memiliki permukaan yang halus. Nah ampelas juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Cara menggunakannya pun sangat mudah, namun kamu harus aga berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras bisa membuat benda yang digosoknya menjadi rusak.

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

Pixabay

Gosok secara perlahan permukan besi yang berkarat sampai karat tersebut benar-benar hilang. Jangan sampai ada karat yang tersisa karena bisa membuatnya timbul Kembali dan menyebar keseluruh permukaan besi.  Cara menghilangkan karat menggunakan ampelas banyak juga dilakukan karena sangat ampuh dan mudah.

Menggunakan Bahan Bakar Solar

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

Selain digunakan untuk bahan bakar, ternyata solar memiliki manfaat lain yaitu bisa digunakan untuk menghilangkan akrat pada benda-benda yang berbahan besi, seperti obeng, tang dan beralatan lain yang ada dirumah.

3 Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Permukaan Besi

monitor.co.id

cara menghialngkan karat pada besi menggunakan solar sangatlah mudah, kamu bisa menyiapkan solar pada sebuah wadah, masukan benda yang berkarat, lalu diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Jika dirasa cukup, kamu bisa mengangkat benda tersebut dari rendaman solar. Ahasl kerak-kerak besi akan rontok dan melunak. Selanjutnya kamu bisa menggosok nya menggunakan spons atau sikat untuk membesihkan sisa-sisa besi yang menempel atau gunakan sabun agar aroma bau solar bisa hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek