Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

genteng tanah liat'

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Atap merupakan sebuah elemn penting untuk melindungi rumah dari gangguan dan ancaman luar, seperti hujan, panas, angina dan lainnya. Selain itu penggunaan jenis atap pada rumah akan membuat rumah lebih indah. Tentunya pemilihan jenis genteng harus di perhatikan dalam hal ini. Genteng adalah komponen penting pada sebauh atap yang di susun rapih dan rapat sehingga air atau sinar matahari tidak masuk kedalamnya. Nah pada artikel ini kita akan sedikit membahas mengenai genteng legend yang sudah di gunakan sejak dahulu. Yups genteng tanah liat. Jika kita melihat kebelakang, sejarah awal genteng tanah liat ini Berasal Dari cina dan di gunakan pada zaman Neolitikum di mulai sekitar  10.000 SM. Sangat lama bukan.

Nah sampai saat ini genteng tahan liat masih eksis loh guys, malah di berbagai daerah lebih dominan menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat. Hal ini karena harga nya yang sangat ekonomis dan pemasangannya tidak terlalu rumit. Selain itu genteng ini juga mempunyai kelebihan-kelebihan yang akan kami jelaskan di bawah. Selain kelebihaan tentunya tidak lengkap Tanpa membahas kekurangannya juga. Tanpa basa-basi lagi yuk langsung saja.

 

Cara Pembuatan Genteng Tanah Liat

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangannya, sebelum nya kita harus mengetahui cara pembuatan genteng tanah liat ini. Pembuatan genteng tanah liat ini proses nya hampir sama seperti pembuatan batu bata. Tanah di padatkan kemudian di bentuk menjadi genteng. Setelah itu tanah yang sudah di bentuk ini di panaskan dengan cara di bakar lalu di keringkan di bawah terik sinar matahari. Setelah itu genteng siap untuk di pasarkan dan di gunakan sebagai atap rumah.  karena pembuatanya di lakukan secara manual dengan bantuan sinar matahari yang kadang tidak stabil panas nya, maka hasil nya akan ada beberapa genteng yang memiliki warna yang berbeda-beda, sepertiwarna jingga muda dan jingga tua.

 

Kelebihan Genteng Tanah Liat

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Yups berikutnya kita akan langsung membahas kelebihan yang di miliki genteng tanah liat ini. Jadi makin penasaran nih kenapa sih banyak sekali rumah-rumah yang lebih condong memilih jenis genteng ini. Apakah mempunyai kelebihan yang sangat menarik sehingga pantas untuk di lirik. Yupps berikut adalah kelebihan genteng tanah liat.

 

Memiliki Harga Yang Ekonomis

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Tentunya seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa jenis genteng ini mempunyai harga yang lebih ekonomis jika di bandingkan dengan jenis genteng lainnya. Jenis genteng ini pastinya sangat mudah untuk kita temukan di toko bangunan seluruh Indonesia. Karena memiliki harga yang ekonomis, tentunya pengeluarn anggaran biaya akan lebih hemat.

 

Lebih Awet

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Jika kamu melihat rumah-rumah yang ada di perkampungan pastinya ada rumah yang sudah terlihat kuno atau bangunan-bangunan tua peninggalan penjajah jika kita lihat dominan bangunan tersebut menggunakan jenis genteng tanah liat. Hal ini bisa di lihat bahwa jenis genteng tanah liat mampu bertahan lama dan bisa di andalkan untuk melindungi rumah. selain bisa tahan terhadap cuaca, genteng ini juga tidak akan busuk dan tidak mudah rusak oleh serangga, jenis genteng ini juga mempunyai ketahanan terhadap api.

Nah itu dia kelebihan yang di miliki oleh genteng tanah liat. Sudah cukup kah untuk membuat kamu yakin untuk menggunakan jenis genteng ini untuk kebutuhan bangunan rumah kamu, eits jangan terlalu terburu-buru dalam memilih. Kamu juga harus mempertimbangkannya dalam segi kekurangan. Nah yup langsung saja berikut kekurangan  genteng tanah liat.

 

Bisa Membuat Ruangan dalam rumah lebih sejuk

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Selain bisa melindungi rumah dari hujan dan panas, penggunaan genteng tanah liat pada rumah bisa membuat rumah lebih sejuk dan adem sehingga akan lebih nyaman untuk di tinggali, rumah dengan udara yang sejuk tentu nya akan membuat kamu dan keluarga lebih betah untuk tetap tinggal di rumah apalagi pada masa pandemi covid-19 ini, yang mengharuskan kamu dan keluarga untuk tetap di dalam rumah, agar penyebaran rantai virus corona bisa di minimalisir.

 

 

Memiliki Kekuatan dan Lebih tangguh

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Mempunyai ketahanan yang terbilang bisa di andalkan untuk melindungi rumah dari berbagai cuaca di Indonesia. Tentunya ini menjadi pilihan bagi banyak konsumen di Indonesia. Genteng jenis ini juga terkenal akan kekuatannya yang bisa menahan beban. Sehingga cocok untuk di guanakn sebagai atap rumah. mampu melindungi dari sinar matahari dan hujan, jika pemasangannya di lakukan dengan hati-hati dan benar tentunya genteng ini akan mampu bekerja secara maksimal tanpa adanya kebocoran pada saat hujan lebat sekaligus.

 

Kekurangan Genteng Tanah Liat

Mudah Bocor

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Seperti yang sudah kita singgung di atas, pemasangan genteng harus di lakukan dengan hat-hati dan benar agar tidak terjadi celah yang nantinya air bisa masuk ke dalam. Tentunya jika pemasangan di lakukan dengan ceroboh, maka air akan mudah masuk dan akan terjadi kebocoran pada rumah.  nah untuk mengatasi hal tersebut, pastikan semua tukang yang memasang genteng tersebut mempunyai konsentrasi yang baik agar pemasangan dilakukan dengan hati-hati. Posisi genteng tidak boleh renggang atau tergeser agar tidak menimbulkan lubang.

 

Warnanya Yang Mudah Memudar Dan Berlumut

yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

Penggunaan genteng yang terlalu lama akan membuat genteng tanah liat ini bisa berubah warna menjadi kusam sehingga tidak bisa membuat rumah tampak segar. Selain warnanya yang memudar, genteng ini juga mudah di tumbuhi lumut. Tentunya kesan indah akan hilang dari pandangan jika hal ini terjadi. Namun kamu tidak usah khuatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan cara mengecat tiap genteng sebelum di pasang pada rangka atap. Cat ini akan berfungsi untuk membuat warna genteng selalu fresah dan tidak kusam, selain itu cat genteng juga bisa berguna agar lumut tidak mudah tumbuh. Pastikan untuk menggunakan jenis cat yang berkualitas agar warna cat bisa lebih maksimal menempel pada genteng.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + = six

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek