Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendesain Kamar Mandi Kecil

yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-mendesain-kamar-mandi-kecil-6

Udah tahu belum kalian, jika ternyata saat akan mendesain kamar mandi kecil ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, lho! Kira-kira, apa saja ya, yang tidak boleh dilakukan saat mendesain kamar mandi berukuran kecil? Nih, penjelasannya buat semua.

Memberikan pembatas ruangan yang bersifat solid

Pembagian area basah dan area kering memang perlu dilakukan. Namun, kedua area tidak mesti dipisah dengan dinding atau sekat yang menutupi seluruh dinding. Penyekat yang bersifat solid seperti ini justru dapat memberikan kesan tertutup yang membuat kamar mandi kecil semakin terlihat sumpek.

Gunakanlah partisi ruangan dengan tampilan transparan seperti kaca agar kamar mandi kecil nampak lebih luas. Supaya tidak licin, pilih partisi kaca jenis tempered glass yang memiliki tekstur kasar pada permukaannya.

Memasang lampu di atas cermin

Tentu pemasangan cermin di dalam kamar mandi berukuran kecil itu penting. Sebab, dengan adanya cermin kondisi ruangan kamar mandi hunian yang kecil bisa dibuat menjadi sedikit luas. Namun ternyata ada hal yang tidak boleh dilakukan ketika kalian mendesain kamar mandi berukuran kecil ini, yaitu jangan sekali-kali memasang lampu tepat di atas cermin! Karena pencahayaan langsung yang dipasang di atas cermin dapat menghasilkan bayangan yang mengganggu.

Sehingga lebih baik, kalian memasang pencahayaan di kedua sisi cermin saja. Karena letak pencahayaan di sisi atau pinggir cermin ini akan menghasilkan pembayangan yang optimal, apalagi jika letaknya disejajarkan dengan letak mata manusia ketika sedang berdiri.

Meletakkan kloset tepat di depan pintu

Kemudian jangan sekali-kali kalian mendesain kamar mandi kecil dengan menempatkan kloset tepat di depan pintu kamar mandi. Karena selain letaknya yang tidak strategis, kloset di depan pintu ini juga mengganggu privasi loh! Kalau tiba-tiba pemilik rumah, lupa kunci pintu kamar mandi kan bisa berabe!

Makanya, letakkan wastafel di bagian depan pintu kamar mandi kecil. Sementara kloset bisa ditempatkan di samping pintu kamar mandi.

Menyatukan area basah dan kering menjadi satu

Satu lagi hal yang tidak boleh dilakukan ketika mendesain kamar mandi berukuran kecil adalah, menyatukan area kering dan basah. Jangan karena ukuran kamar mandi yang kecil kalian jadi tidak membagi area tersebut, karena menggabungkan kedua area tersebut menjadi satu bisa meninggikan resiko terjadinya kecelakaan, seperti jatuh dan terpeleset.

Karena saat area basah dan area kering disatukan, kondisi seluruh kamar mandi menjadi lembap dan licin. Dan kondisi seperti ini akan lebih cepat mengundang bakteri penyakit dan mempercepat kerusakan dinding, lantai, dan perangkat lain.

Melupakan lubang udara sebagai sumber sirkulasi

Meski ukuran kamar mandi di rumah kalian itu kecil, jangan sekali-kali melupakan hal yang satu ini deh! Mendesain kamar mandi kecil tanpa lubang udara atau jendela, tentunya jadi hal berikutnya yang tidak boleh dilakukan saat mendesain kamar mandi. Sebab, lubang udara di dalam kamar mandi itu sangat penting! Dengan adanya lubang udara atau bukaan di kamar mandi, dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di kamar mandi kecil.

Coba tengok ke kamar mandi kecil milik kalian, apakah ada kesalahan desain seperti ini? Kalau ada yuk, segera benahi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek