Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Trik Mengatur Pencahayaan Pada Ruangan Interior

jasa arsitek bogor

Trik Mengatur Pencahayaan Pada Ruangan Interior

Pencahayaan pada ruang interior sangat lah penting. Pencahayaan pada ruangan interior juga mempengaruhi kesan keindahan pada sebuah rumah. Dengan pencahayaan yang pas dan penempatan furniture yang sesuai akan  menghasilkan desain yang berkualitas. Pencahayaan juga penting untuk menciptakan sekala ruang. Memberikan sensasi dan suasana ruang dan menghasilkan ruang-ruang di tempat tinggal kita. Kali ini kami tim arsitek77 akan merangkum beberapa tips yang sangat membantu untuk kamu dalam mengatur pencahayaan pada ruang interior anda.

1. Sumber cahaya tersembunyi

Menempatkan penahayaan ruang dari sudut padang tersembunyi berfungsi untuk memperlihatkan bentuk atau struktur arsitektur. Mempertimbangkan skayligth dengan berbagai desain menarik pada bagian atap rumah. Efek pencahayaan alami yang dihasilkannya sangat indah.

Pengaplikasian jendela bovenlight atau bukaan pada dinding atas juga dapat menghasilkan Efek yang indah. Bovenlight berfungsi sebagai ventilasi yang lebih sederhana dibandingkan jendela.

2. Cahaya alami maksimal

ketika mengatur pencahayaan ruang, cahaya alami selalu lebih unggul. Cahaya alami memiliki spektrum penuh, terdiri dari beberapa bagian dengan panjang gelombang (warna) cahaya yang hampir sama. Cahaya alami ini paling sesuai untuk indra kita karena secara intuitif kita dapat memahami perubahan waktu siang dan malam.

Kita bisa menggunakan sumber cahaya alami yang bebas melimpah untuk mencerahkan dan menghangatkan kamar tidur. Menempatkan bukaan yang lebih tinggi pada dinding atau atap akan membebaskan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruang. Arah hadap jendela akan memengaruhi jenis dan warna cahaya yang masuk. Jendela yang menghadap Utara memasukkan cahaya yang menyebar rata lebih ke arah spektrum cahaya biru. Bukaan yang menghadap Selatan dan Barat memasukkan lebih banyak cahaya yang hangat, tetapi dengan kontras yang tinggi. Anda dapat menggunakan sarana modulasi untuk mencegah silau yang tidak diinginkan, panas berlebihan, dan efek negatif sinar ultraviolet.

3. Berani dan tanpa batas

Dengan Pengelompokan banyak fitur lampu akan selalu tampak lebih  menarik. Jangan takut menggunakan jenis fitur yang sama dalam jumlah besar. Pencahayaan ini akan menyatukan ruang dengan menetapkan bidang datar di atas dan berfungsi sebagai titik fokus untuk mata. Permainan cahaya lampu ini menerangi bidang horizontal di bawahnya dan menciptakan ruang samar-samar. Gunakan lebih banyak fitur untuk efek maksimum.

4. Garis hiasan lampu

Detail yang paling sering diabaikan terkait dengan lampu tersembunyi adalah tampilannya dalam keadaan tidak menyala. Garis hiasan lampu, komponen yang melekatkan bola lampu pada soketnya, dapat memiliki tampilan yang menonjol di bidang langit-langit. Jika langit-langit Anda berwarna putih, pilihlah soket lampu lebih gelap untuk menekankan kesan geometris.

5. Desain custom

Paduan bahan tembus cahaya dengan sumber cahaya akan menciptakan tampilan yang unik. Anda bisa menambahkan panel resin tembus cahaya dan backlighting untuk menciptakan karya seni yang memancarkan cahaya. Backlighting adalah pengaturan cahaya dari belakang objek. Teknik ini memberikan aksentuasi pada objek, misalnya untuk memunculkan siluet, memancarkan cahaya pinggir yang mempesona, dan menonjolkan objek.

 

6. Titik fokus terarah

Cahaya secara alami menarik kita dan menyiratkan perlindungan. Konsep ini dapat digunakan dalam setiap bagian rumah, tetapi juga sangat efektif di luar rumah, untuk menunjukkan jalan masuk, memperlihatkan tempat berkumpul, dan menyatakan hierarki di antara komponen bangunan.

Untuk lorong dan area sirkulasi, cahaya ambient dapat digunakan untuk mengarahkan kita. Uplighting  adalah penempatan lampu yang sinarnya mengarah ke atas. Teknik ini banyak digunakan untuk menyorot dinding atau kolom dan menghasilkan cahaya yang secara keseluruhan relatif datar, namun menerangi dinding bertekstur dengan garis-garis cahaya lembut, mengarahkan gerakan dan menciptakan permukaan dinding dengan komposisi estetis.

Flag Counter

 

sumber referensi : www.arsitag.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek