Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Trik Membuat Dinding Yang Kuat dan Aman

Dinding merupakan pelindung rumah yang sekaligus pembatas antara lingkungan di dalam rumah dengan lingkungan di luar rumah. Agar menjadi pelindung yang baik, dinding harus didesain kuat dan aman. Agar kekuatan struktur dinding bangunan terjamin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

* Gunakan pola susunan bata yang benar: untuk standart pemasangan yang benar adalah dengan ketebalan minimal 1/2 bata untuk nonstruktural dan 1 bata untuk struktural. Hal ini sesuai dengan  standar peraturan bahan bangunan Indonesia NI3 dan NI 10

* Pilih struktur baja ringan yang bermutu tinggi.

* Buat dinding yang tahan gempa dan anti rayap. Buatlah dinding dengan struktur baja yang ringan dengan mutu tinggi untuk solusi masalah ini. Karena selain ringan struktur jenis ini juga aman dari serangan rayap.

* Bnagun dinding dengan campuran beton yang tepat. Campuran beton untuk dinding yang tepat adalah 1 banding 2 artinya 1 bagian semen dan 2 bagian pasir.

* Hindari retak rambut pada dinding. Agar dinding tidak mudah retak adalah dengan cara sederhana yaitu memercikkan air terlebih dahuluke dinding sebelum memplester dan mengecatnya.

* Bebaskan dinding dari serangan jamur:  Jamur dapat merusak dan menghancurkan konstruksi bata. Cegahlah jamur dengan menggunakan cat khusus anti jamur  dan lumut pada saat mengecat dinding.

* Perkuat dinding dengan kolom praktis, sloof, dan ring balok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 9 = fourteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek