Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Simple Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

batu-alam-untuk-dinding-luar-rumah-tropis-3

Tips Simple Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Musim hujan menjadi bencana bagi rumah apalagi rumah kamu terdapat kebocoran . tentunya ini sangat merepotkan bagi penghuni rumah karena kegiatan nya akan terganggu. Terlebih atap bocor bisa menumbulkan masalah lain seperti rusak nya furniture dan bisa menyebabkan kerusakan pada tembok akibat lembab. Akibat nya kamu akan terpaksa memindahkan barang-barang yang ada di ruangan tersebut agar tidak terkena cipratan air bocor. Terlebih bahaya jika kamu memiliki alat elekrtonik. 

Alat elektronik sangat mudah sekali rusak jika terkena air. Oleh karena itu  ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menghindari kebocoran yang terjadi pada rumah kita. Karena kebocoran bisa menyebabkan banyak sekali kerugian pada rumah dan penghuninya sendiri. Nah dalam artikel ini kita akan mengulas cara mengatasi rumah bocor dengan mudah. Yuk langsung saja.

Tips Simple Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Perhatikan pemasangan atap agar tidak terlalu landau atau curam

Masalah kebocoran bisa saja terjadi akibat dari bentuk atapnya itu sendiri. Entah kurang curam atau terlalu landai. Oleh karena itu kemiringan pada atap atau genteng harus di perhatikan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran. Atap yang landai bisa menyebabkan air tidak bisa mengucur ke tanah dengan cepat. Apalagi pada saat hujan lebat. Akibat nya air bisa berada di atap dan bisa membanjiri ruang-ruang kosong. Setelah itu pastinya air akan mencari sumber resapan lain agar bisa mengalir. Celah sekecil apapun pada atap rumah sudah cukup untuk membuat rumah menjadi bocor. Dengan begitu celah itu semakin lama akan semakin besar. Terutama pada sambungan atau pertemuan penutup atap seperti genteng, asbes dan lain-lain yang bisa saja menyebabkan kebocoran. Pada sudut kemiringan atap yang baik adalah dengan kemiringan 30/40 derajat agar nantinya air bisa mengalirkan air hujan dengan baik menuju saluran pembuangan air.

Hindari celah pada bubungan atap

Untuk mencegah kebocoran pada atap. Kamu bisa memeriksa kebocoran atau celah lubang pada bubungan atap. Karena bubungan merupakan bagian tertinggi dari atap. jadi bubungan menjadi awal air berasal. Bubungan biasanya dipasang dengan jenis genteng knok dan biasanya di perkuat dengan adukan semen pasir. Kamu harus memeprhatikan kombinasi semen dan pasir tersebut. Jika tidak tepat maka akan mengakibatkan kertakan yang bisa membuat air masuk kedalamnya.

 

Perhatikan pemasangan genteng agar rapih

Pemasangan genteng atap asbes juga bisa menjadi masalah jika tidak di lakukan dengan baik dan benar. Pemasangan yang tidak teliti bisa saja menyisakan celah bagi air bisa masuk kedalam dan bisa saja menyebabkan kebocoran pada rumah. pilih lah tukang yang ahli untuk pengerjaan rumah kamu. Dan pilihlah bahan yang berkualitas. Dengan genteng atau asbes yang berkualitas tentunya rumah kamu akan awet dan bisa bertahan lebih lama. Dengan begitu kamu tidak akan terlau sering memanggil jasa tukang untuk mengecek dan memperbaiki kebocoran yang terjadi akibat retak pada genteng yang kurang memiliki kualitas yang baik.

Menjaga kebersihan apada atap rumah

Kebersihan menjadi solusi untuk mendapatkan kenyamanan pada rumah. sama halnya dengan atap. kamu harus selalu menjaga agar atap selalu dalam keadaan bersih. Atap bisa saja menjadi tempat menumpuknya sampah seperti dedaunan yang bisa menghambat proses pengalir nya air. Dengan ini bisa membuat atap menjadi bocor akibat genangan air yang di akibatkan oleh sampah dedaunan. Kamu bisa membersihkan nya dengan berkala agar atap rumah selalu tampak bersih dan bisa melindungi rumah dari hujan panas dan angin.

 

Pemasangan dak talang harus sesuai

Permasalahan lain adalah bisa dari dak talang yang memiliki posisi yang kurang baik. Seharus nya pada dak talang ini harus lah terpasang dengan sepertinya dengan posisi yang pas agar air mengalir bisa dengan lancar. Pada sambungan jurai talang harus di perhatikan dengan teknik dan pemasangan yang benar agar posisi nya terpasang sesuai dengan presisi. Gunakan bahan yang berkualita untuk  dak talang agar bisa bertahan lebih lama. ukuran nya harus sesuai dengan debit air yang akan di alirkan. Maka semakin besar atau semakin lebar bidang atap maka ukuran lebar talang harus di sesuaikan.jika kamu menggunakan dak talang yang terlalu kecil akibat nya aliran air tidak akan mudah mengalir yang nantinya akan menyebabkan kebocoran pada atap karena air bisa masuk ke sela-sela genteng rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek