Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

pinterest.com

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

Furniture menjadi salah satu komponen pada sebuah rumah hunian yang di jadikan sebagai fasilitas yang bisa membantu kita dalam beraktifitas sehari-hari. Dengan furniture bagian interior rumah menjadi lebih cantik dan hidup. Meskipun sudah pada era jaman modern, furniture kayu masih menjadi tren yang tidak bisa di lupakan. Furniture berbahan kayu banyak sekali peminat nya karena bahan ini bisa dengan mudah di selaraskan dengan berbagai type ruangan dan sangat mudah untuk di bentuk. Hampir semua jenis desain rumah pstinya ada penambahan jenis unsur kayu, seperti desain minimalis, modern, klasik, urban dan lain-lain.

Namun Perawatan furniture kayu tidak semudah seperti furnituire yang berbahan plstik, jika di biarkan begitu saja, furniture kayu mudah mengalami reiko terkena jamur, retak dan bisa habis di makan rayap. Selain itu jika tidak di perhatikan betul-betul furniture kayu bisa menjadi sarang dari berbagai hewan. Tentunya hal ini pasti akan menjengkelkan karena bisa mengurangi nilai estetika yang di tampilkan pada ruangan.

untuk mengatasi hal-hal yang tidak di inginkan tentunya kamu perlu  ide untuk membuat hal itu tidak terjadi. Nah dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara merawat furniture kayu agar lebih awet dan bisa membuat rumah tetap cantik dan bersih. Yuk langsung saja.

 

Segera Bersihkan Furniture Jika terkana Noda Atau air

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

Terkadang pada saat menaruh air minum, kopi  atau sup pada meja yang berbahan kayu. Kita lupa untuk membersihkan sisa-sisa tumpahan atau noda yang jika di biarkan akan melekat dan sulit untuk di bersihkan. Oleh karena itu maka segera lah untuk membersihkan meja yang tergenang air menggunakan lap sehingga meja kembali kering.  Meja yang seing terkena cipratan air atau genangan air akan mudah mengalami kerusakan, seperti kropos dan permukaan yang mudah berlibang.  Hal ini bisa menjadi lahan yang bagus untuk hewan-hewan kecil bersarang. Maka jika furniture berbahan kayu terkena air maka segera lap dengan bersih agar furniture tetap awet.

Pidahkan furniture kayu dengan hati-hati

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

pinterest.com

Pada saat pindah rumah atau memindahkan furniture ke ruangan lain, maka ini harus di lakukan dengan hati-hati karena jika salah dalam memindahkan seperti menyeret furniture nanti nya akan melemahkan sambungan pada kayu sehingga akan mengurangi kekuatan dan furniture akan mudah goyah. Untuk memndahkan furniture sebaik nya di angkat. Jika furniture tergolong besar maka minta bantuan kerabat atau keluarga karena jika memaksakan diri nanti akan mudah terbentur-bentur dengan furniture lain.

 

Jangan letakan furniture di sembarang tempat

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

Simpan furniture berbahan kayu di tempat yang memiliki suhu normal. Peletakan furniture kayu mempengaruhi kekuatannya, jika di taruh di ruangan yang memiliki suhu normal maka furniture akan lebih bertahan lama dan awet. Namun sebalik nya jika di taruh di tempat yang memiliki suhu yang berubah-ubah bisa menyebabkan kayu menjadi menyusut atau memuai. Sehingga nantinya akan menimbulkan keretakan pada permukaan furniture. Jangan taruh furniture di tempat yang terkna paparan sinar matahari secara langsung, namun jangan juga di taruh di ruangan yang lembab karna akan menyebabkan kayu menjadi kropos dan bisa menjadi sarang bagi hewan-hewan kecil. Selain itu permukaan yang lembab juga akan menyebabkan pertumbuhan jamur dengan cepat pada furniture.

 

Rutin Membersihkan Furniture

TIPS Mudah Merawat Furniture Berbahan Kayu

agar furniture selalu tampil bersih dan terawat maka sebaiknya kamu membersihkannya secara berkala, misalnya 1 minggu sekali. Gunakan cairan pembersih yang kemudian di lap dengan lap halus. Dengan begitu nantinya noda-noda dan calon jamur yang akan tumbuh bisa hilang dengan mudah. Pada bagian-bagian yang sulit seperti lekukan atau rongga, kamu bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya. Karna pada sudut-sudut furniture bisa saja menjadi sarang hewan kecil bila tidak di bersihkan secara berkala.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek