Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

Net/Ist

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

Sangat menjengkelkan ketika beberapa furniture kayu kita di serang oleh rayap yang menjengkel kan. Biasanya rayap menggrogorti furnitiure berbahan kayu. Nah jika itu trejadi maka furniture berbahan kayu akan mudah rusak dan tidak bisa bertahan lama. oleh karena itu kamu harus menjaga furniture agar selalu dalam keadaan baik dan bisa bertahan lebih lama.

untuk membuat furniture lebih awet tentunya kamu harus mengatasi inti permasalahannya yaitu rayap. Kamu harus membasmi rayap agar furniture bisa aman dan bertahan lebih lama. Selain itu jika rayap di biarkan tumbuh di dalam rumah tentunya ini akan menggangu kesehatan penghuni di dalamnya. Nah agar hal itu tidak terjadi kamu harus membasmi rayap, dalam artikel ini  kita akan menggunakan cara yang lebih aman agar tidak beresiko.  Apa sajakah itu, yuk langsung saja

 

Jangan biarkan air menggenang pada halaman rumah

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

cloudfront.net

 

Langkah awal jika kamu tidak ingin rayap tumbuh dan masuk ke dalam rumah mu adalah dengan cara menghindari genangan-genangan air yang ada pada halaman rumah. hal ini karena rayap sangat menyukai permukaan-permukaan yang lembab, nah untuk menghindari genagan air pada halaman rumah.

kamu bisa membuat lubang biopori agar air bisa dengan mudah meresap kedalam tanah. selain itu penggunaan biopori juga bisa meminimalisir terjadinya banjir loh!.  Selain itu genangan air jika di biarkan maka akan menjadi sarang bagi nyamuk untuk berkembang biak.

 

Selalu cek permukaan dinding agar tidak terjadi keretakan

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

rukita.co

Ini  merupakan hal yang sangat penting untuk di perhatikan, periksalah bagian-bagian sudut rumah atau samping dinding rumah agar keretakan terdekteksi. Jika tidak di cek secara berkala maka retakan tersebut bisa menjadi jalan bagi rayap untuk bisa masuk dan membangun koloni nya, hal ini akan menyulitkan jika kita tidak mengetahui sumber masuknya rayap tersebut, apalagi rayap sudah menmbangun koloni yang besar maka kita perlu jasa pembersih rayap. Hal ini tentu bisa membuat pengeluaran rumah menjadi membengkak.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan nya sendiri untuk mengecek secara berkala bagian-bagian tembok yang mengalami keretakan, terutama pada bagian ruangan yang mudah lembab seperti toilet, dapur rumah dan ruang cuci.  Setelah kamu mendapati adanya ratakan pada dinding rumah, kamu bisa menutupinya dengan semen putih.

 

Segera perbaiki keramik dan pipa yang retak

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

homedepot-static.com

Jika kamu mendapati kramik yang sudah retak maka harus segera di perbaiki karena ini bisa menjadi tempat masuk nya rayap kedalam rumah, kramik yang retakbisa menjadi celah uap air mudah masuk kedalam rumah sehingga permukaan lantai akan menjadi lembab. Apalagi jika kamu mendapati pipa yang mengalami kebocoran hal ini tentunya akan menjadi kan rumah menjadi lembab.  kamu juga harus memeriksa pipa agar selalu dalam kondisi baik agar rumah lebih aman dari permukaan yang basah dan tidak memancing tumbuhnya rayap.

Gunakan ventilasi

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

 

Penggunaan Ventilasi pada rumah sangat lah penting, hal ini dapat membantu udara lebih banyak masuk ke dalam rumah dan bisa membuat rumah lebih segar dan lebih sejuk. Nah dengan adanya ventilas maka rumah akan mendapatkan penchayaan matahari secara langsung dan furniture kayu tidak mudah di makan rayap.

Namun jika ada beberapa furniture yang sudah terlanjur terkena rayap, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menjemur furniture tersebut untuk mengusir rayap. Usahakan furniture selalu kering karena rayap tidak menyukai permukaan yang kering, justru sebaliknya jika furniture kayu berada di lingkungan yang mudah basah maka ini adalah sasaran yang empuk untuk rayap.

 

Jauhkan material kayu dari permukaan tanah

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

www.brilio.net

Jika kamu memiliki rumah yang mempunyai material kayu yang lebih banyak, maka kami sarankan untuk membantasi jarak antara material kayu dengan permukaan tanah. cara ini sangat efektif karena bisa membuat rumah lebih aman dari rayap karena pembatasan jarak akan memutus jalannya rayap untuk masuk kedalam rumah.

namun jika kamu tidak melakukan hal tersebut maka akan ada kejadian-kejadian yang mungkin bisa membahayakan furniture dan perabotan berbahan kayu yang ada d rumah mu.  Apalagi jika material kayu yang di gunakan bukan dari material kayu yang di oleh dengan baik. Tentunya ini akan membuat kayu mudah untuk mengumpul kan uap air dan kondisi seperti ini sangat di sukai oleh rayap, sehingga rayap bisa bertahan lebih lama di dalam permukaan kayu dan bisa berkembang biak dengan cepat.

Jemur perabotan kayu sebagai langkah untuk mengusir rayap

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

tokopedia.com

menjemur perabotan kayu merupakan cara yang mudah untuk mengusir rayap.hal ini karena rayap tidak menyukai tempat yang kering dan panas. agar hasil nya lebih maksimal  Kamu bisa menjemur nya secara rutin di bawah sinar matahari. Dan pastikan proses penjemuran nya di lakukan dalam waktu yang aga lama untuk perabotan kayu yang mudah lembab.  jika kamu ingin memaksimalkan cara merawat furniture kayu, kamu bisa menggunakan pernis untuk menutup lubang yang mungkin saja nanti mudah untuk di masuki air. Nah dalam penataan posisi furniture usahakan untuk tidak meletakan furniture dengan posisi menempel pada dinding. Hal ini aagar ratap tidak mudah mudah untuk masuk ke dari retakan dinding kearah furniture kayu.

Gunakan Kapur barus untuk Mengusir rayap

TIPS Mudah Mengusir Rayap Dari Rumah Hunian

Selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Penggunaan kapur barus untuk mengusir rayap sangatlah efektif, hal ini karena bau yang di hasilkan dari kapur barus tidak di sukai oleh rayap. Sehingga rayap tidak akan mudah untuk masuk kedalam ruangan tersebut karena baunya yang menyengat. Selain itu kapur barus ternyata memiliki segudang manfaat. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengusir hewan lain seperti, kecoa, tikus dan hewan kecil lainnya. Sehingga rumah akan selalu tampak lebih bersih, aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + = five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek