Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

tanaman rimbat

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

Membuat hunian menjadi lebih indah dan segar bisa di wujudkan dengan mengaplikasikan berbagai tanaman hijau. Salah satunya adalah tanaman rambat. Jenis tanaman ini sudah banyak sekali di gunakan karena bisa mempermanis frasad depan rumah. tanaman rambat biasanya ditempatkan pada dinding rumah dan dinding pagar, hal ini untuk memberikan kesan rumah yang natural dan menyatu dengan alam. Tanaman rambat ini biasanya tumbuh secara vertical mengikuti media tanam itu sendiri.

Penggunaan tanaman rambat cocok untuk kamu yang tidak terlalu memiliki lahan yang besar. Karena tanaman ini tumbuh di dinding-dinding dan tidak membutuhkan space yang besar.

Jika kamu mempunyai niat untuk menanam jenis tanaman ini dirumah ada hal penting yang harus kamu ketahui, yaitu dalam hal perawatannya. Percuma kan jika kamu menanam sesuatu tapi takt ahu cara merawatnya. Pastinya tanaman tersebut tidak akan tumbuh secara maksimal. Oleh karena itu yuk simak artikel berikut Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

 

Sebelum di tanam, kenali terlebih dahulu karakteristik tanaman rambat yang akan kamu tanam

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

pinterest.com

Sebelum membeli tanaman tanaman rambat, sebelumnya kamu harus mengetahui karateristik dari jenis tanaman rambat yang akan kamu tanam. Mulai dari mengetahui apakah tanaman tersebut cocok di tanam di luar ruangan atau di dalam ruangan. Atau apa media tanam yang di butuhkan untuk tanaman tersebut.  Kamu juga harus mengetahui cara menentukan antara jarak dari masing-masing tanaman rambat tersebut agar bisa tumbuh dengan baik. pada tanaman rambat yang lebat dan memiliki daun yang lebih lebar maka jarak yang diperlukan lebij jauh antar ranaman pada saat di tanam agar bisa membuat tanaman tersebut lebih leluasa untuk bisa tumbuh.

Efek dari tidak mengetahui karakteristik dan sifat jenis tanaman yang akan kamu tanam maka hasil dari yang akan di dapatkan, tanaman akan kurang subur.

 

Tanaman rambat termasuk jenis tanaman yang sensitiv

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

bukalapak.com

Tanaman rambat memiliki dahan yang lembut hal ini membuat jenis tanaman ini sangat mudah untuk terkena penyakit yang bersumber  dari media tanamnya itu sendiri. Jika kamu mendapati media tanam yang kurang baik maka kamu bisa memindahkannya ke pot atau kamu bisa mengganti media tanam rambah menjadi cocopeat. Jenis material media tanam ini sangat di gemari dan poluler di kalangan pencinta tanaman hias karena mampu menyerap air lebih baik, ramah lingkungan dan yang paling penting adalah tahan terhadap hama.

Lakukan pemangkasan pada tanaman rambat secara rutin dan berkala

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

haenselblatt.com

Sesuai dengan Namanya, tanaman ini tumbuh secara merambat sesuai dengan media rambatnya. Jika kamu membiarkannya terus tumbuh tanpa dilakukannya perawatan maka tanaman ini akan merambat sampai keluar media tambatnya itu sendiri. Hal ini sangat tidak di sarankan karena bisa saja akan menggangu. Oleh karena itu kamu harus sering memantau agar tanaman rambat bisa tumbuh sesuai dengan media nya dan tetap bisa mempercantik rumah hunian mu.

Agar bisa tumbuh sesuai maka kamu harus sering memangkas tanaman ini jika sudah tumbuh terlalu rimbun dan merambat keluar dari media rambat nya. Usahakan untuk memotong tanaman ini pada ujung ranting-ranting kecil pada bagian samping, dengan begitu akan membantu agar tuas-tuas tetap bisa tumbuh pada dahan utama setelah pemangkasan. Jangan sampai memotong pada dahan utama karena akan membuat tanaman trlihat jarang-jarang dan tidak lebat.

 

Gunakan Media Tanam Yang Sesuai

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

tokopedia.com

Tanaman rambat akan tumbuh secara rondom kemana saja tanpa adanya media rambat. Oleh karena itu pastikan media rambat yang akan kamu gunakan bisa mendukung pertumbuhan tanaman rambat yang kamu tanam.  Jika kamu menana, jenis tanaman haias dolar maka pastikan kamu menempatkannya pada dinding yang memiliki permukaan yang kasar agar tanaman ini bisa merambat dengan baik dan maksimal.  Jika kamu akan menanam nya pada tiang kanopi maka kamu membutuhkan penahan atau pengikat agar tanaman bisa tetap tumbuh dengan baik.

 

Perawatan Tanaman Rambat

 

Tips Merawat Tanaman Rambat Dengan Benar

Shutterstock

Seperti tanaman pada umunnya, jenis tanaman rambat juga memiliki perawatan yang hampir sama.  Untuk penyiraman kamu bisa melakukannya 2 kali sehari yaitu pada siang hari dan sore hari. Nah untuk pemupukan dan pembasmian hama bisa di lakukan sesuai dengan kondisi dari tanaman tersebut. Namun pada umumnnya pemupukan dan pembasmian tanaman biasanya di lakukan dalam 1 bulan seklali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek