Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Mengatasi Kebocoran Pada Wastafel Rumah Dengan Mudah

Foto: iStock

TIPS Mengatasi Kebocoran Pada Wastafel Rumah Dengan Mudah

Wastafel adalah tempat yang biasanya kita temui pada kamar mandi atau dapur yang fungsinya sebagai tempat pencuci piring atau bisa juga tempat untuk membasuh muka dan tangan. Biasanya pada dapur rumah, wastafel di letakan berdekatan dengan rak-rak piring atau kompor rumah.

Namun apa jadinya jika kamu memiliki wastafel yang sering bocor, ada berbagai permasalahan yang biasa nya sering terjadi. Namun dalam penanganan wastafel  kotor sebenar nya tidak sulit. Kamu bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil tukang. Dengan melakukannya sendiri tentunya kamu juga bisa menghemat pengeluaran dalam perawatan rumah.

Ada beberapa cara dalam mengatasi masalah pada wastafel, pada artikel ini kami akan membahasnya cara mengatasi wastafel yang bocor, dan tentunya cara ini sangat mudah bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jadi yuk langsung saja

 

TIPS Mengatasi Kebocoran Pada Wastafel Rumah Dengan Mudah

www.smartmama.com

Melakukan Pengecekan Pada Wastafel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan pada wastafel. Dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada bagian-bagian wastafel kamu pasti akan mendapati celah kerusakan. Meskipun kamu mendapati kerusakan yang kecil, tetap kamu harus sigap untuk memperbaiki. Jangan sampai nantinya menjadi kerusakan yang besar. Misalnya ketika kamu mengecek pada bagian pipa tedapat kebocoran kecil maka harus segera di tambal agar nantinya kebocoran itu tidak membesar.

Ketika kamu memiliki maslah kebocoran yang terbilang masih kecil. Kamu akan mendapati genangan air pada cabinet bak cuci piring atau pada lantai. Nah sebaiknya langsung cek dan selidiki sumber kebocoran tersebut. Caranya kamu bisa meletakan ember kosong di bawah wastafel yang kamu curigai sumber kebocoran. Biarkan air menggenang, dan lihat apakah ada air yang jatuh. Setelah itu, tarik sumbatan dan biarkan air mengalir sambil terus mengamati pipa di bawah wastafel. Kebocoran yang masih kecil kemungkinan tidak akan begitu terlihat secara otomatis. Untuk itu, gunakanlah lap kering dan cek setiap bagian pipa di bawah tempat cuci piring. Dari sana, kamu bisa lebih mudah menemukan lokasi kebocoran.

 

Mengencangkan Skrup Wastafel

Terkadang kebocoran bisa terjadi akibat longgarnya skrup pada wastafel. Sebenar nya cara ini sangat-sangat mudah. Kamu bisa melakukan nya sendiri. Cukup kencangkan skrup dengan alat yang tepat.  Pipa yang sering mengalami kebocor biasanya pipa yang berbentuk S atau U dan terdiri dari sambungan yang bisa di kencangkan dengan tangan.

Lakukan selalu pengecekan pada skrup wastafel agar wastafel selalu dalam keadaan baik dan bisa di gunakan dengan aman.

 

Menampal Pipa Yang bocor

Masalah yang kadang tejadi pada wastafel adalah kebocoran pada pipa. Apabila kebocoran sudah terjadi hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan segara menambal pipa tersebut agar kebocoran tidak semakin membersar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebocoran pada wastafel, seperti wastafel yang mampet, kondisi pipa yang sudah berkarat. Atau karena adanya celah-celah di antara sambungan pipa.

Setelah kamu menemukan penyebab kerusakan pada wastafel. kamu bisa menambal kebocoran menggunakan selotip atau lem untuk menangani kebocoran tersebut.  Cara menambal wastafel yang bocor disebabkan oleh pipa sangat gampang. Kamu cukup mempersiapkan alat dan bahan berupa cutter atau gunting, kuas, dan selotip atau lem PVC. Jika kamu memilih untuk menggunakan selotip PVC, gunting selotip tersebut sesuai besar dari kebocoran. Lalu, tempel selotip tersebut di area yang bocor.

Namun apabila kamu memilih untuk memakai lem PVC, maka gunakanlah kuas sebagai aplikator. Aplikasikan pada area pipa yang mengalami kebocoran. Selesai ditambal, lakukan pengecekan dan uji coba apakah kebocoran tersebut sudah teratasi atau belum.

 

Mengganti Pipa Baru

Jika kamu menemukan kerusakan yang sudah sangat parah dan tiadak memungkin kan dilakukan dengan cara yang sudah di jelaskan di atas. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti pipa dengan yang baru. Mesipun membutuhkan biaya yang lebih. Kedepannya kamu tidak akan sering menemukan gangguan pada saluran pipa wastafel.

 

Tidak membuang kotoran ke wastafel

Hal yang sering terjadi pada kebocoran wastafel adalah tersumbatnya saluran air akibat kotoran yang kita buang pada saat mencuci piring.  Pastikan untuk tidak membuang kotoran yang besar dan terlalu berlebih pada wastafel. Alangkah baiknya sebelum kamu mencuci piring maka buang terlebih dahulu kotoran atau sisa makanan pada tempat sampah.  Cara pencegahan ini sangat efektif untuk mengatasi tesumbatnya saluran air pada wastafel.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber Referensi : artikel.rumah123.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek