Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

furnizing.com

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

Lampu merupakan komponen penting dalam rumah hunian. Karena lampu bisa menerangi di stiap sudut-sudut ruangan yang gelap. Bayangkan jika thomas alva Edison tidak menemukan lampu. Mungkin kita masih mengandalkan lampu api. Dengan cahaya yang lebih melimpah dan keamanan yang lebih baik. Lampu bisa membuat suasana rumah menjadi nyaman. Selain itu dengan penempatan lampu yang pas akan membuat ruangan tampak lebih indah.

Ada begitu banyak berbagai macam lampu yang ada pada saat ini mulai dari yang sederhana sampai yang mewah, perkembanyan nya pun sangat cepat, bahkan saat ini ada lampu hemat energi yang akan membuat rumah kamu lebih efesien dalam pengeluaran.

Untuk menciptakan ruangan yang indah kamu harus memperhatikan tata letak cahaya, berikut kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber cara penataan lampu yang akan membuat rumah kamu indah, yuk langsung saja.



Menciptakan titik fokus yang tepat

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

 

Menciptakan titik fokus yang tepat untuk meletakan cahaya membuat ruangan tampak lebih baik. Selain menggunakan furniture sebagai elemen dekorasi, kamu bisa menambahkan chandelier atau lampu artistic lainya untuk mengadirkan kesan megah dan elegan pada ruangan kamu.  Kamu bisa memilih desain chandelier yang lebih futuristik agar lebih mencolok atau kamu bisa memilih gaya desain yang sesuai dengan selera kamu. Namun alangkah lebih baiknya kamu menyesuaikan dengan gaya desain rumah kamu agar terlihat lebih serasi. Jadikan lampu tersebut sebagai titik fokus di sebuah ruangan, lalu kamu bisa menempatkan furniture lainnya untuk mengarahkan pandangan tam uke arah titik fokus yang tepat.

 

Bermain dengan proporsi

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

Dengan mengatur proporsi pada ruangan kamu bisa menyesuaikan penematan dan pemilihan lampu untuk kebutuhan rumah kamu. Cara ini sangat penting agar penyesuaian dengan ruangan lebih baik dan bisa menghasilkan ruangan yang lebih serasi. Kamu bisa menempatkan lam[u dalam sebagai ukuran dan instalasi yang berbeda-berda pada suatu ruangn seperti wall sconces, lamou gantung ataupu floor lamps.

 

Tampilkan kontras

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

Sebelum kamu memlilih jenis lampu Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memeprhatikan ukuran ruangan, material interior, serta elemen-elemen derkorasi yang ada di dalam rumah. Contoh nya pada ruangan keluarga dengan dinding berwarna putih, lantai bermaterial kayu yang terang, dan furniture yang berbagab linen. Penempatan lampu gantung dengan aksen material besi bisa bisa menambahkan kontras yang di perlukan untuk mempercantik ruangan rumah.

 

Hadirkan lebih banyak tekstur

TIPS Menempatkan Lampu Untuk Menghasilkan Ruangan Yang Lebih Indah

Memilih jenis dan model lampu serta Teknik pencahayaan yang tidak hanya di tunjukan untuk menerangi ruangan rumah, tetapi juga untuk menyeimbangkan desain interior secara keseluruhan. Kamu bisa memilih lampu ganting dengan desain unik yang terbuat dari besi, ayanam rotan, atau material yang sesuai dengan konsep rumah kamu. Lampu gantung sangat cocok di letakan di atas meja makan untuk menghadirkan Cahaya yang lebih dramatis.

 

 

Jenis-jenis Lampu Rumah

 

Lampu Pijar (Bohlam)

Jenis lampu rumah ini adalah jenis yang paling awal ditemukan dan disempurnakan oleh ilmuwan asal Amerika Serikat, Thomas Alfa Edison di tahun 1879. Masyarakat indonesia lebih mengenal jenis lampu ini dengan bohlam. Lampu ini menggunakan filamen tungsen (semacam kawat pijar). Di dalam bola kaca yang diisi gas Nitrogen, Argon, Hidrogen dan lain sebagainya. Warna kekuningan yang dihasilkan membuat lampu ini hangat, kebanyakan orang memilih lampu ini karna harganya yang relatif murah. Namun untuk urusan daya listrik, jenis lampu ini termasuk yang boros. Sehingga membutuhkan daya yang besar untuk mendapatkan penerangan yang sama dengan lampu jenis LED dan neon. Umur lampu pijar atau bohlam ini pun relatif pendek hanya sekitar 1000 jam. Pada pemakaian setiap hari hanya bertahan sekitar 3 – 4 bulan saja.

 

Lampu TL (Fluorescent lamp)

Lampu jenis ini lebih familiar dengan nama lampu Neon. Bentuk lampu Neon ini sangat banyak variannya. mulai dari yang memanjang biasa (horizontal, dengan fitting yang memanjang juga) , spiral atau tornado, dan juga memanjang vertikal dengan fitting lampu biasa. Lampu ini banyak digunakan orang – orang dengan ekonomi kelas menengah. Karna harga satuannya lebih mahal jika dibandingan dengan jenis bohlam biasa. Walaupun telah banyak orang – orang dengan ekonomi kelas bawah yang lebih pintar dalam menghitung harga, konsumsi listrik dan umur lampu. Sehingga lebih memilih menggunakan jenis lampu ini. jika dibandingan dengan jenis bohlam biasa daya listrik yang dikonsumsi lebih sedikit, umur lampu yang 10 kali lebih tahan lama (±15000 jam), dan cahaya yang lebih terang (Kualitas yang baik). walaupun sekarang ini banyak juga produsen lampu yang menawarkan lampu hemat energi dengan kualitas buruk.

 

Lampu Halogen

Lampu Halogen adalah lampu spot atau hanya mengarah pada satu titik fokus saja. Maka dari itu dibutuhkan sebuah reflektor khusus untuk memperkuat cahaya yang kelua. Lampu ini cocok digunakan pada lampu taman, menambah kesan dramatis pada patung, kolam ikan, tanaman atau benda seni pada acara event/pameran. Jenis lampu ini sebetulnya adalah penyempurnaan dari jenis lampu bohlam biasa.  Membuat hasil pencahayaan lebih terang namun konsumsi listrik relatif sama.

 

Lampu LED (light-emitting diode)

LED saat ini sangat banyak peminatnya, lampu ini berbeda dari ketiga jenis lampu lainnya. LED adalah satu – satunya jenis yang menyala dengan hanya dialiri arus listrik. Dimana jenis lainnya mengaharuskan pembakaran filamen (pijar) atau lampu neon yang merupakan pijaran partikel agar lampu dapat menyala. karna cahaya yang dihasilkan hanya dari aliran listrik menjadikan lampu jenis ini tidak menghasilkan panas pada udara disekitarnya. warna lampu ini sangat beragam mulai dari putih, kuning, biru, merah, hijau dan masih banyak lagi. Umur lampu ini paling lama diantara jenis lainnya, bisa mencapai 20 Tahun, menghemat konsumsi listrik hingga 20% dari biasanya. untuk perbandingan, lampu LED 4 watt menghasilkan cahaya yang sama dengan lampu pijar 20 watt.

 

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

Sumber Referensi : narasidesign.com

: blog.rajalistrik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 + six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek