Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Teflon Foto: Shutter Stock

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Pada saat kamu mencuci piring pastinya kamu membutuhkan sabun untuk membuat permukaan piring lebih bersih dan wangi. Penggunan sabun cuci sudah menjadi hal yang wajib untuk kamu gunakan, selain membuat piring dan gelas menjadi bersih, sabun cuci piring juga bisa dengan mudah menghilangkan lemak dan membersihkan kuman. Tentunya dengan penggunaan sabun cuci piring ini akan membuat kamu lebih merasa aman ketika akan menggunakannya.

Namun tahukah kamu, tak semua jenis sabun cuci aman terhadap lingkungan. Ada beebrapa jenis sabun cuci bahkan ketika di gunakan akan membuat kamu gatal-gatal. Namun hal ini bisa juga di akibatkan karena kamu memiliki alergi terhadap beberapa sabun cuci tertentu. Namun dalam artikel ini kita tidak akan membahas beberapa produk sabun pencuci piring. tapi kita akan membahas cara membuat sabun pencuci piring dari bahan-bahan yang alami sehingga aman di gunakan dan hasil nya bisa lebih baik daripada sabun pencuci piring biasa. Apasajakah bahan yang bisa kamu gunaakn, tanpa menunggu lama-lama yuk langsung saja.

 

Lemon Dan Baking SodaTIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Lemon merupakan buah kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu kadang lemon juga bisa kamu gunakan untuk mengusir semut. Manfaat lain dari buah lemon adalah bisa di jadikan sebagai sabun cici karena  bisa membersihkan bakteri . kamu bisa menggabungkan baking soda dan lemon untuk membuat sabun pencuci piring yang lebih aman bagi lingkungan. Selain itu dengan campuran kedua bahan ini bisa membuat piring lebih bersih dan wangi.

Cara membuat kedaua campuran ini sangat sederhana dan kamu bisa membuat nya sendiri di rumah. ambil lemon lalu belah menjadi 2 bagian setelah itu peras dan ambil alir lemon secukupnya lalu campurkan dengan baking soda. Selanjutnya aduh hingga kedua bahan tersebut hingga merata. Cara menggunakannya seperti biasa, kamu cukup memberikan cairan kedua campuran tersebut kedalam spon lalu gocokan kepiring  lalu bilas, hasilnya pasti piring akan tampil lebih kincong dan kesat.

 

Garam Dan Baking Soda

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Biasanya ketika ingin membuat kue pastinya kamu membutuhkan baking soda. Nah tak hanya di gunakan sebagai pembuat kue ternyta baking soda memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya bisa di gunakan untuk mencuci piring, itu karena baking soda mengandung bikarbonat yang bisa mengangkat noda dan minyak yang membandel. Jadi jika kamu mendapati noda pada piring yang susah untuk di bersihkan, solusinya kamu bisa menggunakan baking soda. Nah untuk lebih maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan lain, yaitu garam. Dengan campuran kedua bahan tersebut mampu mengangkat dan membersihkan kotoran yang membandel dengan maksimal.

Cara membuat campuran ini cukup mudah, langkah siapkan air hangat lalu larutkan keduanya kedalam air tersebut. Lalu aduk hingga larutan menjadi kental. Selanjutnya oleskan larutan kental tersebut pada piring. Diam kan sekirar satu menit lalu gosok dan bilas menggunakan air biasa. Nah hasilnya akan terlihat bahwa campuran bahan ini bisa mengangkat noda membandel dengan mudah dan tentunya lebih aman di gunakan.

 

Cuka dan Baking Soda

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Tak hanya campuran baking soda dengan garam, kamu juga bisa mengabungkan aking soda  dengan bahan lain, yaitu cuka. Dengan campuran kedua kamu bisa menghilangkan noda yang membandel pada piring dan menghilangkan lemak, bahkan kamu juga bisa menghilangkan karat pada perabotan yang berbahan logam.

Cara membuat campuran ini juga cukup mudah. Kamu bisa meyiapkan beberapa sendok cuka lalu campurkan kedalam air. Kemudian tambahkan baking soda lalu aduk kedua larutan tersebut hingga merata.

 

Menggunakan biji Lerak

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

Tahukah kamu lerak merupakan sebah  tumbuhan yang memiliki keunggulan dan manfaat yang sangat banyak, salah satunya yaitu untuk keperluan mencuci. Nah kamu bisa memanfaatkan biji dari pohon lerak yang di dalamnya mengandung saponin yang bisa menghasilkan busa yang bisa di gunakan sebagai bahan untuk pencuci.  Untuk cara pembuatanya pun sangat simple dan sederhana.

Cara yang pertama yaitu kamu bisa mengambil beberapa biji lerak lalu didihkan setelah di didihkan angkat dan dinginkan beberapa saat, gunakan penyaring untuk mendapatkan cairan lerak. Setelah itu semprotkan ciran lerak pada spons untuk membersihkan piring.  Tak hanya itu, biji lerak bisa kamu gunakan juga untuk mengepel lantai bahkan mencuci pakaian loh.

 

Menggunakan Blimbing sayur

TIPS Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri Dirumah

kamu mungkin pernah melihat atau mungkin mencicipi langsung blimbing sayur atau blimbing wuluh. tumbuhan ini memiliki rasa sayang asam dan berwarna hijau. Tumbuhan ini banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Nah mungkin ada sebagian dari kamu yang memiliki tanaman ini di rumah. biasanya buah nya seing di gunakan sebagai penyedap rasa dan bisa menjadi pengganti asam pada sebuah masakan. Namun tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan buah nya sebagai bahan untuk membersihkan noda yang membandel.  Penggunaan nya pun cukup mudah, kamu tinggal mengambil buah blimbing sayur lalu potong , setelah itu peras dan ambil air nya. setelah itu gosokan pada piring hingga bersih lalu bilas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek