Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

TIPS Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

gambar ruang makan

TIPS Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Rumah merupakan sebuah Tempat Tinggal yang biasanya di tempati dalam waktu yang lama,bahkan bisa berpuluh-puluh tahun. Dengan melakukan pembangunan terhadap rumah tentunya harus memperhatikan dari setiap material dan bahan untuk rumah tersebut agar rumah yang kita tinggali bisa bertahan lebih lama. Hal yang harus di perhatikan untuk menjaga bumi ini adalah dengan membangun rumah yang ramah lingkungan. Membuat rumah yang ramah lingkungan bisa dengan mudah kita buat. Kali ini tim arsitek77 akan merangkum nya untuk kamu TIPS Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan,  yuk langung saja.

Membuat Green House

Cara ini sangat efektif untuk menjadikan rumah kamu ramah lingkungan. Selain itu tentunga akan membuat kamu lebih sehat dan nyaman. Tahap pembuatan rumah green house mencakup beberapa Langkah dan tahapan-tahapan berikut:

TIPS Membuat Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Meminimalkan Penggunaan Sumber Daya Alam dalam Proses Pembangunan

Pada proses membangun rumah, diusahakan agar meminimalkan penggunaan bahan bangunan. Kamu bisa mengontrol pemakaian bahan bangunan dan komunikasikan dengan tukan agar bisa menggunakan bahan bangungan secara hemat dan tidak membeli bahan bangunan yang berlebih yang berakibat kepada pemborosan dan bahan bangunan terbengkalai tidak terpakai. Jadi penyesuaian bahan banginan dengan rancangan harus tepat.

Jadi Ketika kamu membutuhkan teiplek dan kayu-kayu sebagan penagan coran di lantai atas . kamu bisa menggunakan kayu-kayu bekas dari rumah yang telah selesai dibangun dan masih bisa di pakai. Atau penempatan pasir yang tepat agar pasir tidak terhambur kamana-kemana dan terinjak2 akhirnya jadi tidak terpakai.

Dengan desain yang tepat dan jelas juga sangat penting agar tidak banyak bahan bangunan yang terbuang. Kesalahan pada preancangan desain yang diubah, kemungkinan akan ada bagian yang sudah dibangun di bongkar ulang sehingga bahan bangunan terbuang percuma.

 Baca Juga : Arti Warna Rumah Serta Pengaruhnya Terhadap Penghuni

Memilih Material Bangunan yang Ramah Lingkungan

Dengan adanya perkembangan teknologi, saat ini banyak materal bangunan yang ramah lingkungan yang dapat di gunakan. Salah satu caranya adalah dengan mengehmat penggunaan kayu. Dengan penghematan penggunaan kayu tentunya akan mengurangi penebangan pohon. Dan menyelamatkan hutan sebagai bagian penting untuk kehidupan di bumi.

Bahan bangunan yang ramah lingkungan adalah baja rungan yang di gunakan untuk atap, almunium/VPC atau UVPC untuk kusen dan jendela, menggunakan pintu Vpc yang berasal dari plastic, Gypsum sebagai pengganti triplek untuk Plafon.  Alternatif penggunaan kayu, dapat dengan menggunakan kayu daur ulang atau kayu plastic yang juga merupkana hasil proses daur ulang.

Hal ini tentu sangat positif karena penggunaan kayu terhadap rumah dapat di gantikan oleh bahan-bahan lain. Dengan penggunaan material selain kayu tersebut tentunya proses pengerjaan pada metrial bangunan lebih hemat. Karena pembuatannya dari parbik, biasanya kualitas nya lebih baik.

 

Rumah Hemat Energi Listrik

Rumah hemat energi listrik bisa kamu terapkan dengan penggunaan cahaya matahari pada pagi dan siang hari, jadi dengan memaksimalkan cahaya matahari yang masuk kedalam rumah kamu bisa mendapatkan rumah yang lebih hemat energi listrik.

Usahakan untuk membuat jendela yang lebih lebar dengan pentilasi udara yang baik agar cahaya dan udara segar bisa leluasa masuk kedalam ruangan kamu. Selain mengemat penggunaan listrik tentunya akan mengemat dalam penggunan AC karena udara di ruangan tidak panas.

Usahakan untuk meletakan furniture pada ruangan tidak terlalu banyak dan tidak meletakan furniture besar di depan jenela. Karna itu akan mengalangi cahaya matahari masuk kedalam rumah.

Membuat toran untuk menampung air juga salah satu Langkah untuk mengemat listrik karena tidak perlu menggunakan listrik yang besar untuk menyalakan pompa Ketika air akan di gunakan.

Baca Juga : Penyebab Cat Tembok Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Menggunakan Energi Alternatif

Ada sistem yang bisa menghasilkan solar listrik atau photovoltaic .Energi ini bisa menggantikan energi listrik. Energi alternatif yang banyak digunakan adalah dengan memanfaatkan energi matahari atau tenaga angin. Contoh umumnya  adalah menggunakan pemanas air dengan menggunakan energi matahari. photovoltaic diletakkan di atap untuk menampung panas matahari dan diolah untuk memanaskan air. Dengan sitem yang lebih kompleks, panas matahari ini dapat memenuhi kebutuhan energi listrik untuk seluruh rumah.

Rumah Hemat Penggunaan Air

Air merupakan zat penting dalam kehidupan. Di dalam rumah, penggunaan air paling banyak. Air digunakan untuk mencuci pakaian, piring, mobil, sayuran, untuk menyiram tanamana, air untuk mandi dan berbagai keperluan lain di kamar mandi dan untuk keperluan lainnya. Jika digunakan dengan boros bukan hal yang mustahil air akan habis. Maka, perlu pengelolaan penggunaan air di dalam rumah.

Cara menghemat air dalam rumah dapat dimulai sejak pembangunan rumah. Contohnya, dengan menggunakan kloset dual flush yang hemat air dan menggunakan kran sensor. Dengan pengetahuan dan penerapan yang tepat, Kamu dapat merancang pembuangan dan mengolahan air agar dapat didaur ulang, yaitu dengan memanfaatkan limbah air dari dapur dan kamar mandi diolah kembali sehingga dapat digunakan untuk menyiram tanaman, mobil, dan lainnya.

Dalam penggunaannya sehari-hari, air dapat dihemat, misalnya air kaya vitamin yang telah digunakan untuk mencuci sayuran dapat ditampung dan digunakan untuk menyiram tanaman Untuk menabung air, dapat dilakukan dengan membuat sumur resaan yang akan menampung air hujan, atau langkah praktis dengan membuat lubang bipori di taman.

 Baca Juga : Tips Cara Meningkatkan Daya Jual Pada Rumah Hunian

Membuat Taman

Dengan Taman, rumah menjadi tempat salah satu kita dapat melestarikan lingkungan. Di taman, kita dapat menanam berbagai tanaman yang berfungsi sebagai penahan air hujan, menjaga kestabilan dan kesuburan tanah dan menghasilkan oksigen. Pohon dan tanaman di taman juga dapat berfungsi sebagai pelindung panas dan penahan debu sehingga rumah dapat menjadi lebih nyaman.

Kamu bebas menentukan model rumah yang akan dibangun, tetapi jangan lupakan agar tetap membuat rumah ramah lingkungan atau green house. Ini merupakan langkah nyata bahwa kita melestarikan lingkungan. Sebagai imbalan, rumah ramah lingkungan dapat menghemat pengeluaran untuk rumah Kamu setiap bulannya.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = sixteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek