Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

gambar ruang makan

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

Rumah dengan konsep ramah lingkungan sangat penting, selain aman bagi lingkungan sekitar, rumah ramah lingkungan juga memberikan banyak keuntungan bagi penghuninya. Mulai dari pencahayaan maksimal, lebih segar dan yang terpenting lebih hemat biaya perawatan dan penggunaan alat-alat di rumah.

Dalam artikel ini kita akan sedikit membahas beberapa tips cara membuat bangunan rumah yang lebih hemat lingkungan dan aman untuk kamu dan keluarga di rumah. Karna rumah ramah lingkungan juga akan berdampak pada Kesehatan pada penghuninya.

 

Elektronik Dan Perangkat Yang Hemat Energi

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

samsung

Selain mendesain rumah yang ramah lingkungan, kamu juga bisa menggunakan perangkat yang lebih hemat energi. Pada rumah hunian saat ini tentunya alat-alat elektronik tidak bisa di hindarkan, karena penggunaan alat elektronik sendiri bisa membuat aktivitas kita lebih mudah dan terbantu.  Langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik adalah dengan  menggunakan lampu pijar tipe LED. Ada banyak sekali perusahaan elektronik saat ini yang membuat macam-macam benda elektronik yang lebih hemat energy. seperti kulkas hemat energy, AC hemat energi dan elektronilainnya yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan rumah.

 

Membuat Desain Rumah Yang Ramah Lingkungan

Desain rumah hemat lingkungan bisa di wujudkan dengan membangun rumah yang lebih efektif mulai dari penggunaan listrik, material dan sumber pencahayaan yang lebih maksimal.  Desain lah rumah yang bisa menerangi ruanga interior dengan sinar matahari yang lebih melimpah sehingga akan meminimalisir untuk menggunaan listrik pada siang hari. Dan gunakan lubang ventilasi agar ruangan bisa mendapatkan udara yang lebih maksimal sehingga bisa meminimalisir penggunaan AC terus menerus. Mengingat Penggunaan AC membutuhkan listri yang lebih besar.

 

Penggunaan Material kayu

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

Rumah hemat lingkungan bisa di wujudkan dengan penggunaan material kayu. Gunakan material kayu karena material ini lebih ramah lingkungan. Kayu memiliki manfaat yang serbaguna, memiliki kemampuan untuk meneteralisir suhu ruangan rumah agar tidak terlalu panas, selain itu kayu juga memiliki kemampuan akustuk yang baik, yang artinya material ini bisa menyerap suara dengan baik.

Meskipun dalam penggunaan untuk pembangunan, memang material ini membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandung dengan material lain. Namun ini juga tergantung dari jenis material kayu yang akan kamu gunakan.

Panel Surya

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

Rumah yang ramah lingkungan bisa di wujudkan dengan cara memasang panel surya pada rumah hunian mu. Pengunaan panel surya ini mengandalkan sinar matahari sebagai sumber energi. Dengan begitu pemanfaatan energi alam sangat lah penting dan lebih ramah lingkungan. di beberapa daerah di Indonesia penggunaan panel surya sangat di minati karena penggunaan nya bisa menghemat pengeluaran biaya listrik rumah. Namun kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak terlalu mementingkan masalah ini dan memilih untuk menggunakan listrik yang bersumber dari PLN. Selain itu penggunaan panel surya ini juga lumayan cukup mahal karena di Indonesia lembaran panel surya masih belum terjangkau. Belum lagi untuk biaya perawatan dan biaya instalasi yang tidak murah.

Namun tetap saja jika kamu memiliki butget lebih, gunakan lah panel surya agar kedepannya km bisa lebih menghemat biaya pengeluaran listrik.

Panel Termal Surya

Tips Membuat Rumah Hunian Yang Ramah Lingkungan

Tidak seperti panel surya, jenis panel termal surya ini memiliki kemampuan untuk menyimpan energi panas yang trkumpul pada siang hari. Jenis perangkat ini bisa menyimpan air panas jika suatu saat nanti akan di butuhkan. Proses pemanasan nya dengan menggunakan sinar energi matahari. Oleh karena itu perangkat ini di letakan di atas atap.   Dengan penggunaan termal surya ini tentunya akan menghemat penggunaan listrik rumah sehingga lebih ramah lingkungan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek