Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Tips Membuat Dapur Selalu Tampak Rapih Dan Bersih

Desain Dapur colorful

Tips Membuat Dapur Selalu Tampak Rapih

Mempunyai dapur dengan desain apik dan rapih merupakan dambaan semua orang. Tetapi kenyataan nya kadang membuat dapur selalu tampak rapih memang sangat sulit karena dapur adalah tempat yang selalu kotor dan berantakan. Hal utama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan penataan pada dapur agar memudahkan dalam menyimpan dan merapihkan perabotan dapur.

Dampak dari dapur yang kotor dapat memicu datang nya berbagai macam hewan dan bakteri seperti lalat serangga dan hewan-hewan kecil lain nya, dan akan berimbas pada Kesehatan pernghuni rumah. Dengan begini maka rumah kamu dapat di kategorikan sebagai rumah tidak sehat.

Tetapi sebenar nya untuk membuat dapur kamu tertata dengan rapih tidaklah sulit, dan tentunya ada beberapa tips dan trik cara merapihkan dapur kamu agar selalu terlihat bersih dan rapih, yuk simak saja.

 Baca Juga : TIPS Mendekorasi Rumah Hunian Bergaya Vintage

Menggunakan sisi dinding yang kosong

 

Tips Membuat Dapur Selalu Tampak Rapih

Foto: iStock

Pastinya kamu mempunyai space pada dinding pada dapur rumah kamu, nah dining kosong ini bisa kamu manfaatkann sebagai tempat untuk menggantung beberapa alat perabotan dapur kamu. Agar tertata dengan rapih, kamu bisa menggunakan rak dapur untuk meletakan barang-barang tersebut.  Rak gantung juga bisa kamu manfaatkan sebagai tempat menyisihkan air seharis di cuci.

Menggunakan rak berbentuk vertikal

Tips Membuat Dapur Selalu Tampak Rapih

Rak vertikal merupakan solusi utama jika kamu mempunyai ruangan yang aga sempit.  Peletakan rak vertikal sangat lah mudah dan fleksibel karena dapat di gantung di dining. tak hanya untuk meletakan perabotan dapur, kamu juaga bisa menyimpan bumbu dapur di dalam nya.  Karna posisi nya yg plaxible tentunya rak dapur ini bisa kamu pindahkan dimana saja sesuai keinginan kamu.

Memanfaatkan area pintu kabinet

 

Jika di dalam dapur rumah minimalis sederhana Anda dapat menemukan lemari kabinet, maka Anda yang berbeda dengan penggunaan kabinet pada dapur sederhana. Keterbatasan ruang mengharuskan kita memanfaatkan berbagai macam bentuk ruang yang ada. Salah satunya adalah bagian dalam pintu lemari kabinet. Yakni Anda dapat menyulap bagian tersebut sebagai tempat meletakkan berbagai macam resep makanan yang menarik dan lezat. Cukup dengan memanfaatkan kantung minimalis dan tempelkan pada bagian pintu tersebut. Tidak hanya itu, sisa ruang yang ada juga dapat dimanfaatkan untuk menggantung peralatan dapur yang kecil.

 Baca Juga : TIPS Merancang Jalan Setapak Pada Taman Rumah

Mengatur sirkulasi udara di dalam ruang

Karena sering terjadi aktivitas memasak di dalam dapur yang melibatkan bumbu dan suhu yang beragam, maka sirkulasi udara di dalam dapur juga penting. Menciptakan ciri-ciri rumah sehat tidak hanya dilihat dari faktor tampilan namun juga kesehatan ruangan tersebut. Udara di dalam dapur harus tetap dijaga agar selalu segar dan tidak lembab. Caranya adalah dengan menggunakan ventilasi rumah ataupun bukaan berupa jendela. Anda dapat memilih macam-macam ventilasi rumah yang sesuai dengan karakteristik hunian Anda.

 

Membersihkan dapur secara rutin

Dapur akan selalu tertata dengan baik dan rapi apabila dibersihkan secara rutin tiap harinya. Untuk itu janganlah lupa untuk membersihkan dapur Anda segera sehabis pemakaian.

 

Membagi area kerja

Membagi area kerja dalam dapur sangatlah penting karena dapat berpengaruh terhadap peletakkan peralatan dapur lainnya agar lebih terorganisir. Dapur Anda dapat dibagi menjadi lima bagian, yakni bagian pertama digungsikan sebagai area penyimpanan bahan makanan baik yang instan maupun tidak. Bagian kedua digunakan sebagai area penyimpanan seluruh perabotan dapur mulai dari panci, pisau dan sebagainya. Bagian dapur ketiga dapat difungsikan sebagai tempat peralatan dapur besar berupa kompor dan yang lain-lainnya. Sedangkan bagian keempat digunakan sebagai area membersihkan seluruh perabotan dapur. Untuk bagian kelima dapat dimanfaatkan sebagai area menyiapkan bahan makanan.

Penataan peralatan dapur

Penataan peralatan dapur sangatlah penting, mengingat sangat banyak perabotan dapur mulai dari yang besar hingga yang kecil. Jika tidak ditata sedemikian rupa, maka dapur akan tampil sesak dan terkesan berantakkan. Untuk cara penataan dapur selengkapnya Anda dapat membaca cara menata peralatan dapur.

 Baca Juga : Tips Dekorasi Interior Rumah Anti Kaku

 

Sumber Referensi:  rumahlia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek